Membuat Robot Pengintai dengan Remote Control Smartphone Menggunakan Aplikasi Android

Masih melanjutkan tentang artikel memanfaatkan Smartphone Jadul yang tidak terpakai untuk digunakan sebagai Remote Control. Di artikel 'Mobil-mobilan Dengan Remote Control Aplikasi Smartphone' sebelumnya saya menuliskan tentang cara membuat Remote Control Car yang bisa dikendalikan melalui Bluetooth di Smartphone. Di artikel tersebut, kita menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai otak-nya. Nah, pada artikel kali ini kita akan mencoba lagi bermain dengan ESP32 Cam

Di artikel yang sebelum-sebelum-sebelumnya, sebetulnya saya sudah pernah share tentang membuat Surveillance Car sendiri. Hanya saja pada artikel tersebut, saya belum menggunakan Aplikasi Smartphone untuk mengakses dan menjalankan Remote Control Car ini. Pada Surveillance Car yang kita gunakan sebagai Remote Control adalah browser, baik browser Smartphone atau browser PC. Nah, ternyata ada satu aplikasi buatan Bluino yang bisa digunakan pada Smartphone sehingga kita (anak-anak kita) bisa lebih simple memainkannya. Tinggal buka aplikasi udah deh bisa langsung connect trus main.


Secara komponen yang digunakan, jika kita akan menggunakan Aplikasi dari Bluino ini, bisa memilih 2 pilihan Motor Driver. Menggunakan Motor Driver L298N yang ada dipasaran atau membuat sendiri ESP32 Cam Shield Motor Driver dengan membeli Paket Komplit dari Bluino. Secara perbandingan harga mana yang lebih ekonomis, nanti saya tampilkan link untuk pembeliannya sehingga sampeyan bisa mengkalkulasi sendiri kira-kira berapa bugjed yang mesti sampeyan siapkan.

ESP32 Cam Motor Shield by Bluino

Jika sampeyan tidak ingin ribet belanja satu persatu komponen yang sampeyan butuhkan, sampeyan bisa beli Paket Komplit dari Bluino. Link pembeliannya : https://tokopedia.link/L4XploJwasb

Isi dari paket Komplit WiFi Robot Camera Car adalah sebagai berikut:
  • 1 pcs ESP32 Cam
  • 1pcs ESP32 Cam Motor Shield
  • 1 pcs USB to TTL CP2102 module
  • 4 set DC Gearbox + Roda
  • 2 pcs Kabel AWG30
  • 2 pcs Baterai 18650 3,7v + Baterai Holdernya
  • 1 pcs Antena WiFi
  • 1 pcs USB Kabel
  • 1 pcs USB OTG
  • 1 pcs USB Baterai Charger Slot
  • 1 pcs Screwdriver
  • 1 set Chasis Akrilik
  • 1 set Bolt+Nut M3
  • 1 pcs Box Case
Dalam paket ini kondisinya belum dirakit ya...jadi sampeyan harus merakit sendiri untuk bisa menjadi bentuk Robot Camera Car. Untuk perakitannya bisa ikuti skema berikut ini atau membuka ikon Circuit Wiring yang ada di aplikasi.

ESP32 Cam With L298N Motor Driver

Opsi kedua adalah dengan menggunakan Chassis custom Mobil Robot yang ada di pasaran (toko online). Sampeyan bisa menggunakan Chassis dengan 2 set Gearbox DC atau dengan 4 set Gearbox DC. Pada dasarnya menggunakan 2 motor atau 4 motor akan sama karena output dari Motor Driver (baik L298N ataupun ESP32 Cam Motor Shield hanya dua yaitu roda kanan dan roda kiri.
Berikut komponen yang diperlukan jika sampeyan ingin menggunakan L298N Motor Driver:
  • 1 pcs ESP32 Cam, 
  • 1 pcs L298N Motor Driver
  • 1 pcs Servo SG90
  • 2 pcs Baterai Li-ion 18650 3,7v + Baterai Holder
  • 1 set Chassis Akrilik
  • 2 set (atau 4 set) Gearbox DC + Roda, https://tokopedia.link/uikiyCZwasb
  • 1 pcs Roda Caster (jika menggunakan hanya 2 set Gearbox)
  • Kabel Jumper secukupnya
Skema Rangkaian yang digunakan bisa sampeyan lihat di aplikasi atau Skema seperti berikut ini:

Upload Coding ke ESP32 Cam

Untuk melakukan Upload Coding, ada 2 cara secara langsung melalui Smartphone atau dengan cara manual upload coding seperti biasa melalui PC dan Software Arduino IDE. Apapun cara yang nantinya akan sampeyan gunakan, sampeya terlebih dulu harus menginstall aplikasinya. Sampeyan bisa menggunakan link ini:

Atau sampeyan bisa cari di PlayStore dengan nama aplikasi ESP32 Camera WiFi Robot Car-Live Video Streaming.
Setelah sampeyan download dan install aplikasi, hubungkan Smartphone Android sampeyan dengan ESP32 Cam Motor Shield (jika sampeyan menggunakan Paket Bluino) menggunakan kabel USB dan USB OTG adapter. Pastikan Smartphone sampeyan support USB OTG ya...
Agar ESP32 Cam board siap diisi program, dalam kondisi menyala sampeyan perlu menekan serta menahan tombol GPIO0 kemudian menekan tombol reset pada ESP32 Cam Board. Setelah itu lepaskan keduanya, maka posisi chip ESP32 siap untuk diisi program melalui USB to TTLCP2102.

Buka aplikasi ESP32 Camera WiFi Robot Car, lalu pada menu bar atas tekan icon Circuit Diagram & Code. Setelah terbuka tampilan gambar rangkaian dan kode, pada menu bar atasnya tekan ikon tiga titik (menu lainnya), buka pilihan Motor Driver to be Used lalu pilih ESP32 Cam Motor Shield (atau pilih L298N Motor Driver...tergantung mana Motor Driver yang sampeyan pakai). Selanjutnya buka pilihan Upload Firmware Via lalu pilih USB OTG. Jika sampeyan ingin menghubungkan Mobil  RC ke router jaringan rumah, sampeyan bisa set SSID name dan Password-nya. Setelah selesai melakukan konfigurasi, langkah berikutnya tekan ikon UPLOAD.

Tunggu sampai proses upload selesai dan jangan lupa...tekan tombol reset pada ESP32 Cam Board untuk menjalankan programnya.

Cara lainnya untuk upload Coding adalah dengan menggunakan PC dan Software Arduino IDE. Jangan lupa setting dulu Arduino IDE sampeyan agar bisa digunakan memprogram ESP32 Cam. Cara settingnya bisa sampeyan cari di artikel tentang Surveillance Car atau artikel aaya sebelumnya yang menggunakan ESP32 Cam.

Berikut ini coding utamanya, simpan Sketch dengan nama file "esp32cam_wifi_robotcar.ino"


Buka tab baru pada sketch utrama dan tambahkan file "app_httpd.cpp"


Memainkan RC WiFi Camera Robot Car


Mobil RC WiFi Robot Car dapat dikontrol melalui Smartphone Android dengan dua cara. Yang pertama dikontrol langsung antara Smartphone Android ke ESP32 Cam (mode AP). Caranya, hubungkan Smartphone Android sampeyan ke SSID WiFi dari ESP32 Cam kemudian atur alamat IP pada aplikasi menjadi 192.168.4.1.
Cara kedua adalah ESP32 Cam (mode STA), dimana Smartphone Android terhubung dengan jaringan WiFi Router yang sama kemudian atur alamat IP pada aplikasi sesuai dengan alamat IP yang dimiliki ESP32 Cam (misalnya: 192.168.100.16). Alamat IP ESP32 Cam bisa dilihat melalui Serial Monitor di Arduino IDE, masing-masing ESP32 Cam akan memiliki IP yang berbeda-beda default pabrik.

Selamat bermain dan mencoba
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu