Mobil-mobilan Dengan Remote Control Aplikasi Smartphone

Berawal dari keinginan memanfaatkan Smartphone Asus Zenfone Go punya si Opa yang sudah tidak terpakai lagi akhirnya jadilah Mobil-mobilan Remote Control. Secara bentuk mungkin belum bisa dibilang mobil-mobilan sungguhan karena memang saya belum sempat membuatkan casing yang semestinya untuk mobil-mobilan ini. Masih banyak kabel-kabel jumper yang bersliweran...next rencananya sih pengin saya buatkan casing BatMobile gitu deh. Tapi ya nanti-lah....toh begini saja tampilannya, anak sudah sangat senang dan bergembira memainkannya.

Setidaknya daripada Smartphone yang dulu dibeli mahal-mahal tapi cuma jadi ganjel meja kan sayang...ya kan. Aplikasinya Remote Controlnya bisa pakai beberapa aplikasi yang bisa sampeyan download dari PlayStore. Banyak koq tinggal pilih...sampeyan tinggal Search 'Bluetooth RC Car Arduino'. Kebetulan disini saya pakai aplikasi 'Arduino Bluetooth Car Control' buatan Dmytro Osadchyi. Bisa juga pakai Aplikasi yang cukup Populer 'Bluetooth RC Car'....terserah sampeyan nyamannya pakai yang mana.

Secara prinsip kerja, RC Car ini memanfaatkan koneksi Bluetooth dari Smartphone yang dikoneksikan ke Modul Bluetooth HC-05. Untuk mikrokontrolernya, saya pakai Arduino UNO R3. Untung punya Arduino UNO R3 bekas Project yang nganggur, jadi saya tidak perlu beli yang baru. Kalo mesti beli Arduino baru mah sekarang ya cukup berasa dikantong juga. Entah karena memang harga Chip Mirokontroler yang sedang mengalami inflasi atau kabarnya terpengaruh suasana perang Rusia vs Ukraina juga.

Untuk Frame Chassis-nya, saya pakai potongan akrilik dan kardus bekas Box Blackberry. Tapi kalo boleh menyarankan, mending sampeyan beli Frame Chassis akrilik yang dijual di Olshop. Kenapa ? karena kalo sampeyan bikin frame sendiri, terkadang lubang-lubangnya gak pas sehingga gerakan belok RC Car-nya bisa saja sedikit bermasalah.

Secara lengkap, Komponen yang akan digunakan kurang lebih seperti daftar sebagai berikut:

Komponen yang Digunakan

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  • 1 pcs Arduino UNO R3 atau Arduino Nano
  • 1 pcs Modul Bluetooth HC-05
  • 1 pcs Driver Motor L298N
  • 4 set DC Gear Box + Roda
  • 2 pcs Baterai Li-ion 18650
  • Kabel Jumper Secukupnya
  • Frame Chasis
Pertama-tama kita rangkai saja dulu DC Gear Box, Frame Chasis dan Roda-nya sehingga setelah ini bisa kita buat rangkaian Mikrokontroler-nya di atas akrilik chasis.


Biasanya DC Gear Box (kalo sampeyan beli di online shop) kabel-kabelnya belum terpasang. Jadi pastikan dulu sampeyan memasang dan menyolder kabel-kabelnya.

Selanjutnya kita bisa merakit Mikrokontroler dan pengkabelannya. Sampeyan bisa ikuti Skema Rangkaian dibawah ini atau sampeyan bisa ubah posisi pin sesuai dengan kerapian yang sampeyan inginkan. 

Skema Rangkaian

Skema Rangkaian yang saya gunakan kurang lebih seperti dibawah ini:

Untuk Power ke Arduino, sampeyan bisa pakai metode melalui socket power atau menggunakan Pin VIN dan GND. Pada Skema diatas, motor yang tampak cuma 2 motor yang digunakan. Jika sampeyan ingin menggunakan 4 motor agar bisa lebih terasa Powerfull, tetapi karena socket untuk motor yang terdapat pada Modul Motor Driver cuma 2, maka sampeyan bisa satukan motor kanan dan motor kiri ke masing-masing socketnya.

Oh iya, jangan lupa satu hal ini, lepaskan dulu kabel TX dan RX dari Bluetooth saat sampeyan akan upload Coding. Jika tidak dilepas seringkali akan bermasalah dan Upload Coding akan gagal. Mungkin akan lebih aman jika sampeyan Upload dulu Codingnya ke board Arduino sampeyan. Setelah itu baru deh dirangkai kabel per kabelnya. Selengkapnya kurang lebih seperti tabel dibawah ini.

Coding

Coding yang saya coba pakai adalah Coding seperti berikut ini:


Disini sistem kerja Motor Driver L298N membutuhkan 2 kabel untuk setiap motornya. Dalam hal ini motor kiri dan motor kanan akan membutuhkan 2 kabel; satu Logic (High/Low) dan satunya lagi PWM.
Sebenarnya dasar Coding yang akan kita gunakan diatas, sama dengan program untuk Robot Line Follower. Hanya saja kemudian untuk pergerakan Mobil RC kita ini gerakannya kita ubah menjadi input manual berdasarkan perintah dari Remote Control.

Satu komponen yang memegang peranan penting disini adalah Modul Bluetooth HC-05. Komponen ini adalah perangkat yang menjembatani komunikasi wireless antara Bluetooth Smartphone sebagai Master sedangkan HC-05 ini akan kita gunakan sebagai Slave atau penerima. Modul HC-05 ini menggunakan komunikasi serial sehingga pada Coding, kita include kan library SoftwareSerial.h.

Oh ya jangan lupa download aplikasi-nya dulu ke Smartphone ya....
Aplikasi Android yang saya pakai di Project ini adalah yang ini ya

Nah, silahkan mencoba membuat...kalo bingung sampeyan bisa ikutin cara saya di video berikut ini:

Yang penting anak-anak bisa senang merasakan bermain Mobil-mobilan Remote Control. Project berikutnya....kita akan coba bikin pesawat terbang Remote Control yuk. Bagaimana cara bikinnya dan apa saja komponen yang dipakai, tunggu di artikel berikutnya ya

Talkless - Just Practice ya...
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu