Membuat Sendiri Robot Pengintai Canggih (ESP32 Cam Surveillance Car) Seperti di Film-Film Hollywood

Mungkin sampeyan pernah nonton film yang didalam ceritanya sang Tokoh menggunakan mobil-mobilan yang dipasang kamera untuk mengintai kondisi sekitarnya, atau untuk melihat keadaan ruangan yang berbahaya untuk keselamatannya. Dulu saya cuma bisa berimajinasi dan menebak-nebak bagaimana ya cara kerjanya mobil-mobilan pengintai itu...atau bagaiamana cara membuatnya. Nah, dengan memanfaatkan ESP32 Cam yang sudah dilengkapi WiFi dan kamera, ternyata kita bisa dengan mudah membuat alat seperti ini.


Untuk Kontrolnya sampeyan bisa pakai Smartphone atau Laptop atau PC yang terhubung pada WiFi yang sama dengan WiFi yang sampeyan settingkan pada ESP32 Cam. Jadi kalau sampeyan ingin bisa mengajak RoboCar ini jalan-jalan untuk dipamer-pamerkan atau untuk mengintai teman sampeyan, maka sampeyan setting codingnya dengan WiFi hotspot Smartphone sampeyan. Untuk Range jarak pengoperasian antara RoboCar dengan Kontrolnya (Smartphone) kurang lebih sekitar 4m sampai 8m...kurang lebih ya. Saya sih coba cuma sekitar 4m, sinyal WiFi-nya sudah kurang bagus, udah nge-lag gitu deh streamingnya.

Penasaran cara buatnya ? Yuk kita mulai kumpulkan komponen yang digunakan

Komponen Yang Dibutuhkan

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat Surveillance RoboCar ini sebagai berikut:
  • ESP32 Cam sebagai Komponen Utama
  • ESP32 Cam-MB-USB-Programmer (atau USB to TTL, atau FTDI, atau Board Arduino), sebagai tool untuk Upload Coding dari Software Arduino IDE ke Modul ESP32 Cam. Setelah proses Upload nantinya Modul atau Board ini tidak perlu dipasang lagi.
  • Antena WiFi (optional), sampeyan bisa pakai antena atau tidak. Hanya saja tanpa antena biasanya terjadi lag saat video streaming dan web server sering jadi lemot (terlalu pelan) untuk mengontrol jalannya si RoboCar ini
  • Micro Servo9G - SG90 dan Bracketnya
  • L298N Motor Driver
  • Baterai Lithium 18650 2pcs (atau Power Bank)
  • Chasis RoboCar Kit, kalau sampeyan beli di toko online ada yang sudag disertai Motor DC dan Roda Caster.
Komponen Surveillance RoboCar ESP32 Cam

Skema Rangkaiannya

Pasangkan komponen-komponen tersebut sesuai skema sebagai berikut:
Skema Menggunakan 4 Motor DC

Pada skema ini menggunakan motor DC 4pcs. Sampeyan bisa membuat Surveillance RoboCar dengan 2 motor DC, karena sebenarnya terminal koneksi Driver L298N hanya memiliki 2 terminal untuk motor kiri dan kanan. Jadi sampeyan hanya perlu memasang 1 motor di kiri dan 1 motor di kanan.

Skema Menggunakan 2 Motor DC

Jangan lupa memisahkan Power Supply untuk Driver pada terminal 12v serta Power Supply untuk ESP32 Cam dan Micro Servo di terminal 5v. Sampeyan bisa memakai Baterai AAA (1,5v) yang ada di pasaran sebanyak 4pcs atau Baterai Lithium 18650 (3,7v) sebanyak 2pcs.


Secara voltase tidak akan berbeda jauh, yang membedakan hanya soal lifetime baterai-nya saja. RoboCar ini memakai source tenaga yang lumayan besar untuk bisa bergerak dengan baik, untuk itu sampeyan perlu memisahkan source powernya (atau menggunakan baterai yang cukup ± 9v - 12v).

Selengkapnya bisa sampeyan lihat di video ini

Coding

Ada 2 coding program yang saya gunakan pada project ini, seperti ini:

Coding Ino-nya

app_httpd.cpp

Pada app_httpd.cpp, sampeyan cari dan ganti IP Address-nya sesuai dengan IP Address ESP32 Cam sampeyan.

Cara melihat IP Address ESP32 sampeyan adalah dengan membuka Serial Monitor (setelah Done Uploading), lalu klik Reset Button. Bisa sampeyan lihat caranya di artikel 'CCTV Murah ESP32 Cam' atau bisa lihat di video ini:

Setelah Coding ter-upload, sampeyan buka browser pada Smartphone, lalu ketikkan IP Address untuk mengakses video streaming dan untuk mengontrol Surveillance RoboCar sampeyan.

Kalau masih merasa kurang jelas, bagaimana cara Upload Coding ESP32 Cam, selengkapnya bisa di simak di Youtube Channel Tatas JP. Silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa Subscribe sehingga sampeyan dapat notifikasi saat saya jawab pertanyaan-pertanyaan sampeyan.

Selamat mencoba....
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu