Cara Mengatasi Tulisan PERIKSA Pada Meteran Listrik

Sudah lebih dari 2 minggu ini saya dibuat pusing dengan status PERIKSA di kwh meter rumah saya. Ceritanya begini....


Beberapa hari yang lalu saya coba menaikkan daya listrik di rumah, eh ternyata pas dinaikkan  terjadi masalah dengan kWh meternya. Pada kWh meter yang lama kode tamper yang dibawa petugas tambah daya PLN tidak bisa diinput sampai 3x input dan gagal. Solusi dari petugas PLN tersebut kemudian adalah ganti unit kWh meternya. Yang ini saya tidak tahu masalahnya sebenarnya kenapa...mungkin bisa jadi memang sebetulnya ada masalah dengan instalasi rumah saya...walaupun sebetulnya itu instalasi baru sih. Mungkin memang tukang instalasinya dulu ada salah pasang atau ada salah sambung.

Kemudian digantilah kwh meter rumah saya dengan kwh meter baru merk 'Itron'. Pas awal dipasang masih belum ada tanda-tanda masalah....setelah 3 menitan barujlah kemudian muncul gambar tangan, lalu diikuti tulisan Inscek dan selanjutnya ganti jadi Periksa. Petugas PLN-nya lalu mencoba memberikan solusi dengan memutuskan kabel Grounding (warna kuning), alasannya kalo ada kebocoran arus dan kabel grounding terpasang, atau kualitas grounding yang kurang bagus, malah bisa mengakibatkan pelanggan jadi boros karena listriknya jadi terbuang masuk ke tanah.

Berhasil ? Tidak....Ternyata sama saja....masih periksa - periksa juga. Solusi (normatif) dari pak Petugas PLN-nya ya cuma 'benerin dulu instalasinya pak lalu nanti telp ke 123 minta kode tamper' udah cuma begitu solusi yang tidak solutip buat saya.

Penyebab Timbulnya Tulisan Periksa

Ada beberapa Penyebab yang bisa menimbulkan tulisan Periksa di kwh meter antara lain sebagai berikut, yang saya kutip dan simpulkan dari berbagai sumber. 2 Peringatan yang umum muncul saat akan menjadi tulisan Periksa adalah munculnya gambar tangan (stop) dan gambar saklar putus (biasanya listriknya langsung padam).

Munculnya tulisan Periksa yang diawali gambar tangan lalu Inscek (Gndcek), penyebabnya :
  • Instalasi Netral atau Phase rumah anda bermasalah, biasanya kulit (isolator) kabel netral terkelupas atau lecet dan menyentuh tembok sebagai ground. 
  • Cek Pompa Air dirumah anda kebanyakan ada yang sudah rusak atau bermasalah 
  • Instalasi Ground bermasalah. Seringkali terjadi kesalahan instalasi kabel Netral yang disambungkan pada Ground
  • Usia kabel instalasi yang tidak layak. 
  • Baterai kWh Meter lemah.
  • Tutup kWh Meter dibuka paksa.
Sedangkan penyebab timbulnya tulisan Periksa ketika tidak ada gambar tangan (stop), simbol saklar terbuka:
  • Kehabisan Token Pulsa dan telat isi tokennya

Cara Mengatasinya

Pertama pastikan dulu penyebab masalahnya dengan cara cek kode dari kWh meter, untuk mengetahui kode errornya:
  • Matikan MCB pada kWh meter 
  • Tekan 08, Enter 
  • Akan memunculkan Kode
  • kode (4-5-6) menunjukan kalau Instalasi Listrik rumah anda bermasalah 
  • kemudian tekan 09, Enter.
  • Jika muncul kode maka sangat bermasalah di instalasi atau kWh karna jika MCB diOffkan kWh masih tetap jalan dan membuat boros token
Jika masalah penyebabnya adalah karena masalah Instalasi, maka langkah-langkah mengatasinya sebagai berikut:
  • Periksa kabel instalasi listrik apakah ada yang menjadi satu antara ground dengan netral. 
  • Periksa isolasi kabel netral apakah ada yang terkelupas, jika ada ganti atau isolasi biar tidak kontak dengan tembok. 
  • Periksa setiap sambungan pada T-dos apakah ada sambungan yang kurang rapat yang menyebabkan ngefong. 
  • Setelah semua sudah merasa yakin dan aman, segera telepon PLN 123 untuk meminta Kode reset Tamper. 
Pemeriksaan masalah Instalasi seringkali menyulitkan walaupun sebetulnya adalah hal yang sederhana. Langkah paling cepat untuk mengatasi masalah yang terjadi pada instalasi listrik (terlebih jika karena kabel yang terkelupas di dalam tembok) adalah dengan melakukan intalasi ulang, buat jalur instalasi baru. Kabel juga seringkali menyebabkan masalah pada instalasi. Untuk memastikan apakah kabel masih layak pakai atau tidak adalah melihat kondisi fisiknya. Apakah kabel  listrik  sudah tidak lentur lagi (karena panas akibat aliran arus listrik yang lama menyebabkan kabel jadi kaku).

Cara mendapatkan Kode Tamper

Kode Tamper hanya bisa didapatkan dengan menelpon PLN untuk minta kode reset tamper. Hubungi PLN di nomor (kode area+) 123, katanya sih sekarang sudah bisa menghubungi PLN 123 langsung dari nomer handphone (tidak perlu kode area). Tapi pengalaman setelah saya coba ternyata tidak bisa jika tanpa kode area.

Ada satu cara yang praktis, kalau sampeyan memakai Android, yaitu dengan menginstal aplikasi PLN Mobile. Setelah PLN Mobile terinstal, buka Pengaduan, pilih pengaduan kWh Meter Pasca dan Prabayar. Pilih ID Pelanggan lalu deskripsikan masalahnya (bisa ditulis kWh Meter status periksa, mohon kode tamper) dan sertakan foto kWh meter sampeyan. Tunggu kurang lebih 20 menit atau paling lama 40 menit sampeyan akan di SMS kode tamper (20 digit) yang bisa sampeyan inputkan.

Cara memasukkan kode tampernya : matikan dulu MCB di kWh meter, isikan kode tamper seperti biasa sampeyan mengisi token, tekan enter, lalu nyalakan lagi MCB.
Kalau permasalahannya bukan pada instalasi listrik, biasanya sih langsung berhasil dan normal kembali kWh meter sampeyan. Tapi kalau ada permasalahan pada instalasi listrik rumah sampeyan maka biasanya 5 menit akan muncul lagi Inscek dan kWh sampeyan akan kembali ke status Periksa.

Kalau sudah seperti itu ya selamat berburu mencari masalah pada instalasi listrik rumah sampeyan...

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu