New Kids On Nge-Blog 5 | Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense Untuk Pemula

Sudah bikin website atau blog ? Kalau belum punya blog atau website, berarti sampeyan jangan terburu-buru melanjutkan membaca artikel ini. Buka dan baca dulu artikel serial New Kids On Nge-Blog sebelumnya karena saya sudah mencoba menuliskan dari awal, cara sampeyan mencari tambahan pendapatan lewat Blog atau Website.

Sampeyan bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang ini...

Asumsi saya, saat ini sampeyan sudah punya Blog (Website), tampilan Blog sudah dipercantik, domainnya sudah sampeyan Custom tanpa embel-embel dot blogspot dot com, sampeyan sudah berusaha Promosi dan menaikan Trafic blog sampeyan....berarti saatnya lanjut melangkah ke cara cari uang dengan blog sampeyan. Oh ya, tulisan-tulisan saya Serial New Kids On Nge-Blog ini saya tuliskan untuk Pemula ya, jadi buat yang sudah malang melintang di dunia online, blogger kelas wahid atau mungkin malah Youtuber dan konten kreator profesional....tulisan saya ini cuma seperti kopi tanpa ampas yang kurang nendang saat disruput.

Kembali ke Topik cerita....sampeyan mungkin sudah pernah atau sering mendengar Google Adsense, kalau belum tau apa itu Google Adsense, saya ceritakan sedikit. Google Adsense adalah program iklan yang dikelola Google untuk menayangkan iklan yang dipasang oleh pengiklan, biasanya pengiklan memasang iklan melalui Google Ads. Nah, sampeyan sebagai pemilik blog (website) yang mendaftarkan blog (website) sampeyan, ibaratnya adalah orang yang punya papan reklame iklan yang nantinya menampilkan iklan Adsense. 
Ada 2 cara bagaimana nanti Adsense menghitung pembayaran untuk sampeyan (sebagai publisher) yaitu :
  • Per Impression, Adsense akan menghitung jumlah page views yang sampeyan dapatkan dari kunjungan visitor per bulan.
  • Per Click, perhitungan berdasarkan jumlah klik pada Ads (iklan) yang tampil di website sampeyan.
Untuk perhitungan pastinya berapa harga per-klik atau per-Impression yang sampeyan dapatkan, saya tidak tahu....mungkin hanya Adsense yang tahu. Tapi ya gak usah terlalu dipikirkan secara ribet dan njlimet. Ingat....seperti yang saya sampaikan di artikel sebelumnya, bahwa tujuan kita Nge-Blog dan membuat website kan bukan semata-mata mengejar uang Adsense aja. Anggap saja pendapatan dari Adsense itu ya merupakan bonus....seperti kata Adsense di halaman muka-nya 'Kami Menghargai Konten Anda'...jadi tugas kita cuma membuat konten...that's it.

Sudah cukup ya basa-basinya....😁
Sampeyan tertarik baca artikel ini kan karena ingin tahu bagaimana cara membuat akun Adsense dan mengaitkannya dengan blog atau website sampeyan...jadi lanjut ya...

Tips Agar Website Diterima Daftar Adsense

Ini penting, karena suatu website bisa diterima Daftar Adsense itu sulit....suwer, saya gak bohong. Tidak semua website atau blog bisa serta merta menampilkan iklan Adsense di blog atau website-nya, karena Adsense tidak sembarangan dalam meloloskan blog atau website yang didaftarkan. Ada banyak hal dan Term of Service (TOS) yang harus dipatuhi pemilik blog, maka sebaiknya sampeyan Baca Dengan Teliti TOS dari Google untuk program Adsense ini terlebih dahulu.

Berikut ini rangkuman Tips yang bisa sampeyan saat ingin mendaftar Adsense:
  • Umur; Adsense hanya menerima publisher yang berumur diatas 18 tahun. Ini nantinya akan terkait dengan masalah aktivasi akun pembayaran Adsense, karena salah satu syarat untuk aktivasi pembayaran nanti, sampeyan akan dimintai foto KTP. Artinya untuk yang belum punya KTP (dibawah 18 tahun) tidak bisa mendaftar dengan nama dan identitas sendiri.
  • Kualitas Konten; di artikel sebelumnya saya sudah tuliskan bahwa jangan pernah mengisi blog sampeyan dengan konten copy paste atau duplikasi atau curian dari website orang lain terus sampeyan terbitkan di blog sampeyan. Google mencari konten-konten yang berkualitas, original dan berguna serta memberikan informasi pada siapapun yang membaca blog sampeyan. Jadi jika blog sampeyan hanya berisi postingan copy paste atau sebuah artikel yang persis plek ketiplek dengan yang sudah pernah dipublikasi di blog/website lain....lupakan keinginan untuk daftar Adsense. Blog sampeyan sudah pasti akan ditolak Adsense.
  • Perhatikan Umur Blog atau Website; jangan terburu-buru melakukan pendaftaran Adsense jika blog/website sampeyan masih baru, kinyis-kinyis, fresh from the oven. Setidaknya sampeyan harus menunggu minimal 6 bulan. Nah, sementara sampeyan menunggu waktu yang tepat untuk mendaftar Adsense, isi blog/website sampeyan dengan konten yang berkualitas dan original. Kenapa 6 bulan ? Hal ini semata-mata agar website/blog sampeyan ter-index dulu di mesin pencari Google dan sudah berisi konten. Karena kembali lagi yang Adsense cari adalah papan reklame yang sudah banyak dilihat orang. Kalau blog masih kosong, artikel tidak ada atau masih minim jumlahnya, gak mungkin akan ada orang yang buka, baca-baca melihat iklan Adsense dan nge-klik iklan yang tampil di blog sampeyan.
  • Buat Halaman (Page) About Us, Contact, Privacy Policy dan Sitemap; wajib hukumnya sampeyan membuat halaman About Us, Contact dan Privacy Policy pada blog/website sampeyan. Peraturan ini tercantum dalam kebijakan Google Adsense. Dengan adanya Page About Us, Contact dan Privacy Policy juga menunjukkan keseriusan sampeyan dalam men-develop blog/website sampeyan sehingga tampak profesional. Berikan informasi selengkap-lengkap
  • Periksa Konten Blog/Website; Pada saat pendaftaran website, sampeyan harus yakin bahwa blog sampeyan tidak berisi konten Pornografi, Konten duplikasi (bajakan, copy paste), Tutorial Hacking, Iklan atau review obat-obatan terlarang (Mirasantika) dan Hal-hal yang ilegal.
  • Lakukan Posting Artikel secara rutin di masa peninjauan; dengan membuat atau memposting artikel secara rutin (misalnya 1 minggu 3 x posting) maka kemungkinan untuk ter-index di mesin pencari Google akan lebih cepat dan visitor blog sampeyan akan terus bertambah. 
Ingat 2 kunci penting berhasilnya pendaftaran di Google Adsense adalah Konten dan Traffic Visitor.

Cara Mendaftar Google Adsense

  1. Buka website Google Adsense, atau sampeyan bisa klik di menu Blogger, klik Earnings. Nanti sampeyan akan diarahkan ke menu pendaftaran Adsense
  2. Pilih dan klik di tombol Mulai  dan Daftar Sekarang.
  3. Setelah itu sampeyan akan masuk ke Dashboard isian pendaftaran. Sampeyan akan diminta mengisi alamat website, alamat email dan pilihan untuk pengiriman notifikasi serta info mengenai Adsense.
    Dashboard Isian Pendaftaran Adsense
  4. Pada Alamat Website, isilah alamat website yang akan sampeyan pakai untuk menampilkan iklan Adsense. Sebaiknya alamat sampeyan sudah sampeyan Custom Domain, walaupun bisa saja sampeyan isi alamat blog yang belum sampeyan Custom domain (masih ada blogspot.com-nya). Tapi ya nanti yang mesti sampeyan promosikan buat narik visitor ya blog sampeyan yang masih blogspot itu....kalo sampeyan Custom domainnya belakangan setelah sampeyan daftar Adsense, sampeyan akan mulai lagi dari nol untuk perhitungan penghasilannya.
  5. Untuk alamat email, sebaiknya gunakan email baru yang belum pernah didaftarkan Adsense dan ditolak. Ada yang bilang kalo pakai email yang sudah pernah ditolak Adsense, akan sulit diterima kalo digunakan untuk pengajuan kembali....tapi ya saya tidak tahu pastinya. Saya sih daftar Adsense (kebetulan) pakai email yang memang belum pernah saya daftarkan dan ndilalah koq bisa langsung diterima pendaftarannya.
    Isi Alamat Web dan Email
  6. Jika sudah, pilih Save and Continue (Simpan dan Lanjutkan), maka selanjutnya di Profil Adsense sampeyan akan muncul profil email yang sampeyan daftarkan tadi.
  7. Kemudian Pilih Negara atau Wilayah sampeyan. Ini nanti akan terkait dengan Rate penayangan iklan, jangkauan dan jenis iklan yang akan ditayangkan oleh Adsense di website sampeyan.
  8. Pada pilihan 'Tinjau dan Setujui Persyaratan dan Ketentuan Kami' silahkan dibaca dengan seksama dan cermat...sampai habis ya...baru setelah sampeyan paham dan selesai membaca pilih 'Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian' lalu klik Buat Akun.
    Tinjau dan Baca ToS Adsense
  9. Jika berhasil, sampeyan akan diarahkan masuk ke Dashboard Adsense. Sampeyan akan diminta melengkapi data-data 'Payment Address Detail' dan 'Payment Profile'. Data ini bisa sampeyan isi belakangan setelah pendapatan sampeyan mencapai 10% dari Threshold Rp 1.300.000,- atau sekitar Rp 130.000,-
    Lengkapi Data Payment Address
  10. Sampai tahap ini, sampeyan bisa memasang kode iklan Adsense pada website sampeyan. Caranya copy skrip kode iklan, lalu buka setting Themes blog sampeyan, pilih Customized - Edit HTML dan paste (tempelkan) di antara <head> dan </head>. Jika sudah terpasang di blog sampeyan, klik Done pada dashboard Adsense.
    Copy Paste Kode Skrip di Blog
  11. Proses pendaftaran Adsense sudah selesai sampai disini. Sampeyan tinggal tunggu proses peninjauan dari Adsense selesai. Kalo sampeyan beruntung dan website (blog) sampeyan dinilai layak oleh Adsense untuk menayangkan iklan, maka tugas berikutnya adalah (tetap) membuat konten yang informatif dan berkualitas serta berusaha menarik traffic visitor sebanyak mungkin. Setelah visitor sampeyan bisa mencapai 10.000 per bulan, nanti sampeyan bisa ikutkan di program publisher Ezoic. Bagaimana caranya ? Nanti ya setelah pendaftaran Adsense sampeyan di setujui.
Terus bagaimana pencairan pendapatan Adsense ?

Masih sangat jauh mas bro kalo sampeyan berharap setelah daftar Adsense terus bisa langsung dicairkan. Pada tahap awal iklan Adsense muncul, jangan terlalu berharap pendapatan sampeyan perbulan bisa sampai ribuan rupiah, bisa dapet revenue Rp 500,- per bulan saja mungkin sangat susah sekali.
Belum lagi nanti sebelum melakukan pencairan nanti (setelah pendapatan sampeyan mencapai Rp 1.300.000,-) masih ada proses verifikasi yang berlapis dari Adsense. Ada verifikasi identitas (KTP), verifikasi rekening dan verifikasi alamat (input PIN).

Jadi yang sabar ya boss....ikuti saya aliran prosesnya

Yang penting fokus dulu dengan Konten...Konten...Konten

Selamat berjuang....
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu