New Kids On Nge-Blog | Cara Memperoleh Pendapatan Dari Blog Bagi Pemula

Sharing cerita kali ini mungkin akan panjang dan bersambung-sambung, tergantung bagaimana nanti seketumunya waktu dan ide tulisan untutuk melengkapi tulisan tentang Pendapatan dari Ngeblog ini.

Belum lama ini saya posting di akun Facebook saya kalo saya sedang menunggu proses verifikasi Google Adsense yang berlapis-lapis. Ada 3 tahap verifikasi yaitu verifikasi Identitas, verifikasi Rekening dan verifikasi Alamat....tentang Google Adsense ini nanti saya ceritakan di akhir atau mungkin saya buatkan artikel terpisah ya. Dari postingan saya di Facebook itu banyak yang berkomentar minta diajarin caranya nyari duit dari Google Adsense, dan saya bingung mau mulai mulai darimana.....hehehehe.
Awal Perjalanan KataTatas - dok. Pribadi
Sharing cerita ini mungkin akan berguna buat Pemula yang belum pernah bersentuhan atau coba-coba bikin website sendiri atau menulis di blog. Tapi untuk yang sudah berpengalaman, jam terbang tulis-menulis di media online (yang menghasilkan) dan punya pendapatan online dari website atau blog-nya (bahasa kekiniannya: Monetize), atau dari Kanal Youtube-nya, tulisan ini gak akan ada apa-apanya dibanding dengan cerita pengalaman sampeyan-sampeyan para suhu blogger dan vlogger yang hebat-hebat.

Untuk awalnya, saya cerita tentang Blog dan Website dulu ya...

Apa itu Blog dan Apa Perbedaannya dengan Website ?

Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Untuk sampeyan yang suka nulis-nulis artikel, terus pengin bisa dapet penghasilan dari iklan website (seperti Google Adsense) platform blog ini cocok buat sampeyan. Pada sebuah blog (milik sampeyan), sampeyan bebas menulis apa saja, berbagi info apa saja dan yang pasti lebih cocok untuk di monetize, karena sampeyan sendiri yang pegang kendali untuk pengembangan web dan manajemen kontennya. Sampeyan bisa mengembangkan kemampuan menulis, mempelajari hal-hal baru bahkan jika sampeyan bergabung di program-program affiliasi, selain program pasang iklan seperti Adsense, sampeyan bisa dapat keuntungan juga. Blog juga bisa dijadikan sebuah portofolio untuk mengiklankan kemampuan sampeyan dalam suatu bidang, sehingga bisa digunakan sebagai referensi saat mencari pekerjaan lepas (freelance) atau pekerjaan penuh waktu (full time, seperti misalnya sampeyan pengin menjadi fulltime blogger).

Bentuk blog bisa bermacam-macam, misalnya majalah atau koran digital yang menampilkan info-info berita aktual, catatan pribadi perjalanan keseharian sampeyan (seperti KataTatas.com ini), pameran fotografi online, bahkan situs pembelajaran dan tutorial hal-hal yang menjadi keahlian sampeyan. Biasanya blog terdiri atas teks, gambar, video, dan halaman penting lainnya. Dalam sebuah blog biasanya ada kolom komentar agar pembaca bisa menuliskan komentar dan berkomunikasi secara virtual dengan pemilik atau penulis blog.

Perbedaan utama blog dengan website adalah sifat konten didalamnya. Blog bersifat dinamis karena konten-kontennya bisa selalu update dan diperbaharui, sementara website sifatnya statis karena halaman-halaman dan info yang ada didalamnya jarang atau tidak pernah diperbaharui. Makanya kalo di blog ada Halaman Beranda, dimana update tulisan yang terbaru dari si pengelola blog akan muncul di posisi paling atas. Pembeda lainnya adalah nama penulis (author), tanggal dia mem-post dan Kategori (tema dasar) tulisannya akan terlihat, sedang di website ketiga elemen tersebut tidak akan pernah sampeyan temukan.

Untuk Nge-Blog, Pakai Platform Apa Ya ?

Platform yang paling umum dan banyak digunakan orang untuk membangun sebuah Blog adalah WordPress dan Blogger (Blogspot).
Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat sampeyan ingin memilih platform nge-blog. Satu hal yang pasti adalah terkait dengan faktor pengetahuan dan kemampuan teknis serta semangat untuk mau ngoprek-ngoprek settingan blog sendiri. Kemudian waktu senggang yang sampeyan miliki untuk mengelola dan mengisi blog sampeyan sendiri, karena saat pertama sampeyan membuat blog sudah bisa dipastikan sampeyan akan gubrak-gabruk ngoprek settingan dan ngisi konten postingan untuk blog sampeyan sendiri.
Hal ini yang seringkali membuat orang males untuk nge-blog....saran saya kurangi konsumsi kopi instan dan mie instan...agar sampeyan sadar bahwa segala sesuatu itu ada prosesnya dan tidak bisa instan.

Kembali ke pemilihan platform, berikut ini kurang lebih sejauh yang saya tau tentang WordPress dan Blogger.
  • WordPress: Satu hal yang membedakan antara WordPress dan Blogger adalah pada saat awal sampeyan ingin membuat blog dengan Platform WordPress, sampeyan mesti siapkan bugjet dana untuk kegiatan blogging ini. Set up WordPress memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga sampeyan butuh waktu untuk othak-athik dan perlu sering browsing tutorial, tips dan trik set up WordPress ini. Banyak koq di internet tutorial untuk membuat, memodifikasi tampilan dan plugin serta menambahkan fitur sistem keamanan, tool SEO dan fitur manajemen konten blog sampeyan.

    WordPress bisa diakses dari 2 penyedia platform yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Sebenarnya secara penggunaan WordPress ini gratis, masalahnya untuk bisa tampil di internet sampeyan butuh custom domain dan web hosting. Kelebihan dari WordPress dibanding Blogger adalah karena sampeyan pakai web hosting sendiri maka data-data di blog sampeyan ya bisa sampeyan kelola sendiri, kendalinya penyimpanannya secara penuh di tangan sampeyan sendiri. Perbedaan WordPress.org dengan WordPress.com, disadur dari laman Wikipedia Indonesia, WordPress.com adalah situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress. Sampeyan tidak perlu lagi mencari provider web hosting, cukup memilih berlangganan salah satu paket, dan tinggal membuat domain. Sampeyan bisa langsung menggunakan paket gratisnya yang sudah dilengkapi dengan resource yang cukup, termasuk satu subdomain.

    Secara teknis WordPress.com lebih mudah daripada WordPress.org, karena di platform WordPress.com, pustaka atau library yang berisikan tema responsif sudah disediakan lengkap. Sampeyan bisa bikin blog dalam kurun waktu kurang dari sehari tanpa perlu pengetahuan coding dan kemampuan teknis lainnya. Manajemen blog juga bisa dilakukan melalui aplikasi WordPress yang tersedia di perangkat iOS dan Android. Jika ingin memperoleh ruang penyimpanan yang lebih banyak, mengaktifkan domain sendiri, memaksimalkan blog sebagai sumber penghasilan, dan mendapatkan bantuan via email dan chat, paket gratis harus diupgrade ke paket berbayar. Paket personal memiliki sistem pembayaran pertahun meskipun biaya berlangganannya dihitung 4 USD/bulan. Kalau ingin menginstall plugin, paket yang dipilih adalah Business dengan biaya berlangganan sebesar 25 USD/bulan.
  • Blogger (Blogspot): adalah alternatif yang sering dituju oleh orang-orang yang baru mencoba-coba untuk membuat blog pribadi. Blogger tergolong sangat mudah, lebih mudah daripada sampeyan pakai platform WordPress. Kesederhanaan sistem yang ditawarkan dan tidak adanya keharusan untuk berlangganan hosting, membuat Blogger lebih populer di kalangan blogger pemula, seperti saya. Sampeyan cuma perlu membuat akun Gmail (dulu saya bikin akun pakai email Yahoo bisa sih...gak tau kalo sekarang) agar bisa menjalankan platform blog gratis ini. Saat sampeyan membuat blog, nama blog sampeyan dibelakangnya akan ada dot blogspot dot com. Misalnya nama blog yang sampeyan pilih 'ajag-ijig', maka secara keseluruhan alamat web blog sampeyan adalah www.ajag-ijig.blogspot.com

    Dasboard Blogger dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan para pengguna baru untuk bisa pilih template, menambah widget, membuat konten sampai mempublikasikannya. Bagusnya lagi untuk platform Blogger ini adalah adalah karena Blogger dimiliki oleh Google maka sampeyan akan lebih mudah mengintegrasikan blog sampeyan dengan Google Adsense, Google Analitycs, Google Search Console dan layanan Google lainnya. Untuk mengetahui performa blog-pun sampeyan bisa melihat di fitur statisyik report pada Dashboard Blog sampeyan.

    Kekurangan dari Blogger (Blogspot) yang sejauh ini saya tahu adalah karena sampeyan tidak menggunakan hosting sendiri maka server sampeyan nebeng server Google. Sehingga data-data sampeyan secara otomatis tersimpan dalam server Google, jadi misalnya Google bangkrut dan tutup server ya website (blog) yang sampeyan bangun akan hilang di dunia maya. Atau kalau konten yang sampeyan buat ternyata melanggar Term of Condition dari Google, maka blog sampeyan bisa saja di suspend dan dihapus permanen oleh Google.

Kalau sampeyan tanya mana yang terbaik ya kembali lagi ke tujuan sampeyan membangun blog mau untuk apa. Pilihannya sepenuhnya ada di tangan sampeyan....cuma kalo sampeyan tidak begitu paham soal Conten Management System dan gak pengin ribet belajar set up blog sampeyan, saya sarankan sampeyan coba pakai Blogger (Blogspot) saja dulu, belajar secara gratis dulu-lah....

Ini baru mau mulai langkah awal....masih mau lanjut dapat penghasilan dari blog ? Kalo masih penasaran mari lanjutkan membacanya...

Karena di artikel ini saya ingin share cara membuat blog bagi Pemula yang benar-benar Pemula dan biar gak bingung, untuk cara yang saya jelaskan di bawah ini akan bercerita seputar penggunaan Platform Blogger (Blogspot) dulu ya. Untuk cara membuat blog dengan WordPress kita skip saja dulu. 
Next Time Oke boss...

Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Kalau sampeyan searching dari Google maka caranya akan sesimpel ini :
Cara Membuat Blog dari Google
Sebenarnya memang sesimpel itu cara membuat Blog dengan menggunakan Platform Blogger. Tapi ada satu hal penting yang terlebih dulu sampeyan tentukan untuk mengawali membuat Blog yang nantinya bisa sampeyan Monetize agar memperoleh pendapatan dari Google Adsense.
  • Tentukan Niche
Apa Itu Niche ? Niche adalah topik atau area yang jadi fokus utama (topik dasar) dari Blog sampeyan. Niche ini bisa dipahami sebagai kata kunci yang sampeyan (orang-orang, calon pembaca) ketikan di Google saat melakukan pencarian untuk suatu hal. Jangkauan niche ini sangat luas, sehingga sebaiknya blog yang nantinya sampeyan buat punya niche yang spesifik. Misalnya, jika sampeyan adalah fotografer, maka buatlah blog yang cenderung akan bercerita seputaran teknik fotografi dan hal-hal yang berhubungan, seperti mengulas software edit foto dan lain-lain.
Pilihlah niche yang sampeyan kuasai. Agar setiap pembaca ingin mendapatkan informasi yang lengkap dan memuaskan rasa ingin tahu mereka. Apabila sampeyan hanya ‘sekadar’ menulis postingan, pembaca blog juga akan memperoleh informasi yang ‘setengah-tengah’. Jadi, tinggalkan topik yang tidak disukai dan carilah niche yang benar-benar sampeyan pahami.
Lakukan riset dengan melihat blog dan website (istilahnya blogwalking) yang sekiranya memiliki niche yang sama. Lalu buat blog yang lebih spesifik dengan tulisan-tulisan yang spesifik pula
  • Buat Blog dengan Blogger.com
Sesudah sampeyan fix menentukan Niche (topik) Blog sampeyan maka selanjutnya saya coba uraikan satu persatu cara membuat blog diatas.
  • Buka halaman web Blogger.com, Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung login dengan memasukkan alamat email dan kata sandi di kotak yang sudah disediakan. Jika belum, silahkan klik Create an Account terlebih dahulu. Kalau sampeyan pengguna Android, mestinya sih sampeyan udah punya akun Google dong ya....
  • Create atau Login Akun Google

  • Isi data dan informasi yang diminta lalu klik tombol Next Step, lakukan konfirmasi sesuai yang diminta, verifikasi biasanya meminta nomor ponsel sampeyan, ikuti saja prosedurnya hingga selesai.
  • Selanjutnya kembali ke blogger.com dan login dengan akun yang baru saja Anda buat.
  • Saat berhasil masuk ke blogger.com temukan menu Blog Baru dan klik. Langkah ini sudah memasuki tahap pembuatan blog.
  • Isi judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin sampeyan buat, kemudian masukkan alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Lalu pilih template yang tersedia di dalam kolom tersebut, dan tutup dengan mengklik Buat Blog!
  • Contoh Buat Blog Baru
    Alamat blog yang sampeyan isikan di kolom alamat akan menjadi nama blog sampeyan. Misalnya kalo contoh diatas: pintukata.blogspot.com. Oh iya pintukata ini adalah blog yang saya buat pertama dulu pas belajar ngeblog, jadi kalo sampeyan ketikan alamat yang sama maka gak akan tersedia di blogger.
  • Selesai! Blog Anda sudah berhasil dibuat, klik judul blog Anda untuk mengakses dashboard secara terpisah.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat Postingan. Buka dashboard Blogger sampeyan lalu klik di + New Post.
  • Create New Post
  • Dibawah tombol + New Post, ada tombol-tombol yang bisa sampeyan gunakan untuk mengkonfigurasi Blog sampeyan. Stats, fungsinya untuk melihat Status Posting sampeyan, berapa orang yang melihat dan berkunjung ke blog sampeyan. Comment, fungsinya untuk melihat komentar pengunjung blog sampeyan. Earning, ini yang nantinya bisa sampeyan setting untuk didaftarkan ke Google Adsense sehingga blog sampeyan bisa di Monetize dan menghasilkan. Pages, adalah halaman statis blog sampeyan yang bisa sampeyan isi dan tampilkan dengan keterangan diri sampeyan sebagai pengelola blog. Layout, fungsinya untuk mengatur penempatan komponen-komponen yang ada di blog sampeyan. Theme, fungsinya untuk mengubah dan mengganti Theme default sesuai yang sudah disediakan Blogger atau mungkin sampeyan ingin mempercantik tampilan blog sampeyan dengan Theme yang banyak tersedia baik gratis ataupun berbayar. Settings, fungsinya untuk mengatur setting lebih lanjut dari blog sampeyan, termasuk nantinya juka sampeyan ingin melakukan Custom Domain dengan membeli domain agar nantinya blog sampeyan akan terlihat lebih profesional. Misalnya nama domain sampeyan nantinya pengin jadi AjagIjig.com.
  • Buat artikel yang menarik, sampeyan bisa juga menambahkan gambar di dalam artikel agar lebih hidup. Coba perhatikan sejumlah menu di atas kotak artikel di halaman tersebut, saya yakin Anda dapat memahami dengan mudah apa kegunaan dari setiap tombol tersebut. Practices makes perfect! Cara mengetiknya sih hampir mirip dengan mengetik email, jadi coba-coba saja ikon tombol diatas artikel tersebut untuk memperindah isi postingan blog sampeyan.
  • Jika sudah selesai membuat konten blog sampeyan, klik Publish atau sampeyan bisa melihat dan memeriksa dulu bagaimana hasil ketikan sampeyan akan tampil di blog sampeyan, maka klik Preview.
  • Publish atau Preview
  • Selamat sampeyan sudah menyelesaikan langkah awal membuat blog sampeyan sendiri
Panjang ya....ini baru langkah awal yang harus sampeyan lalui kalo ingin punya pendapatan sampingan (pendapatan utama ?) dari website.

Coba dulu sampeyan lakukan, percantik blog sampeyan, isi dengan artikel yang menarik dan original...ini penting jika sampeyan ingin melanjutkan ke langkah selanjutnya me-Monetize blog/website sampeyan. Jangan copy paste artikel website atau blog tulisan orang lain dulu ya, selama blog sampeyan isinya masih original maka hampir bisa dipastikan nantinya blog sampeyan akan di approve Google Adsense.

Bagaimana caranya nyantolin website di Google Adsense ? Tunggu saja lanjutan artikel serial New Kids On Nge-Blog ini

Lanjutannya ada disini...

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu