New Kids On Nge-Blog 3 | Cara Mengganti Domain Blogspot Dengan Set Up Custom Domain Agar Blog Tampak Profesional

Artikel ini masih untuk para Pemula menyambung artikel sebelumnya Serial New Kids On Nge-Blog. Di cerita New Kids On Nge-Blog 1, saya sudah ceritakan bagaimana awal membuat Blog...dari menentukan niche (topik blog), memilih platform, dan Sign Up di Blogger.com. Lanjut di bagian ke 2, New Kids On Nge-Blog 2 yang berisi tentang cara posting, setting dan memaksimalkan tool bawaan blogger.com agar tampilan Blog sampeyan menjadi lebih cantik dan enak dilihat. Tapi sekali lagi, ingat pesan mbah Google...bukan tampilan yang membuat Blog sampeyan mudah ditemukan mesin pencari...tetap konten, konten dan konten yang paling penting dan harus menjadi fokus sampeyan dalam kegiatan Blogging ini.

Setelah Blog jadi, di make up sedemikian rupa sehingga tampil cantik, lalu sampeyan juga sudah membuat konten yang spektakuler....ada satu hal yang mungkin sedikit mengganjal benak sampeyan. Yaitu tambahan .blogspot.com, di alamat website sampeyan.
Menurut beberapa info yang saya telisik dari bisik-bisik para master Blog, sebetulnya gak masalah juga kalo alamat website sampeyan dibiarkan tetap pakai tambahan blogspot dibelakangnya. Banyak juga koq yang bisa sukses di monetize dan tetap bisa menghasilkan uang dari adsense.

Tapi mungkin bagi beberapa orang hal tersebut akan tampak tidak profesional....website gratisan...gak kredibel infonya. Hal ini mungkin juga dipicu oleh banyaknya website-website yang terindikasi penipuan dengan menggunakan alamat blogspot dibelakangnya. Banyak tuh SMS yang bertebaran 'Selamat anda memenangkan undian berhadiah dari Bank Anu berupa cek sebesar jutaan milyar rupiah....Silahkan cek no PIN sekian sekian sekian di www.anu.blogspot.com' ...begitu kurang lebih isi SMS-nya. Abaikan saja kalo sampeyan terima SMS seperti itu, karena sudah pasti ngapusi....

Nah, demi menjaga kredibilitas dan kepercayaan pembaca sampeyan maka akan lebih baik jika sampeyan mengeluarkan sedikit modal untuk menyewa (atau membeli ya bahasanya) Domain.

Apa itu Domain ?

Jika di ibaratkan sebuah rumah, Domain itu adalah alamat suatu tempat. Seandainya Domain sampeyan itu tetap dibiarkan menjadi sub domain blogger dengan tambahan .blogspot.com dibelakangnya, tetap akan bisa ketemu sih saat dicari di mesin pencari cuma jika itu diasumsikan alamat rumah maka alamat tersebut nyelip di sebuah gang. Sehingga perlu penulisan yang lengkap nama gang-nya sampai RT, RW dan kode posnya agar bisa sampai di alamat yang benar.
Nah, biar alamat website sampeyan itu jadi lebih mudah ditemukan maka seyogyanya kalo alamat website sampeyan dibikin singkat, yang isinya cuma alamat web (domain) dan ekstensi nama domain (dot com, dot net, dot org dan dot dot yang lain).

Itu penjelasan gampangnya....kalo sampeyan ingin penjelasan yang lebih panjang dan lebar sampeyan bisa baca di sini.

Bagaimana Cara Membeli Domain ?

Banyak penyedia layanan Hosting baik dalam negeri maupun luar negeri. Ada Hosgator, Hostinger, GoDaddy dan banyak lagi. Masing-masing penyedia hosting menggunakan sistem yang berbeda-beda dan proses daftar domain yang berbeda juga.
Hosting lokal HostingCeria
Kalo saya sih dari dulu belajar bikin website pakainya HostingCeria. Jadi cerita saya ini nanti berdasarkan pengalaman pakai provider HostingCeria ya. Sampeyan bebas koq mau coba provider mana saja, kurang lebih caranya akan sama, kalopun berbeda sampeyan bisa lihat tutorial yang disediakan oleh si penyedia hosting yang sampeyan akan pakai.

Untuk HostingCeria, sampeyan bisa pilih-pilih mau beli Domain saja, beli Hosting saja atau beli Hosting + Domain sepaket. Karena yang mau kita bahas disini tentang beli Domain untuk blogspot sampeyan maka caranya kurang lebih seperti ini:
  • Daftar jadi Member HostingCeria
  • Isi Data diri yang benar sesuai KTP, kalo saya gak salah ingat nanti sampeyan akan diminta upload foto KTP untuk registrasi Domain. Kalo ekstensi yang sampeyan pilih .co.id atau .id nanti sampeyan akan diminta melampirkan syarat beberapa dokumen yang lain.
  • Setelah semua data ter-register, arahkan pointer di tab ORDER BARU lalu pilih Order Domain Baru
  • Pilih Nama Domain
    Domain Suggestion Tool
  • Pilih Nama Domain, Lakukan pembayaran. Untuk harga Domain di HostingCeria tahun pertama rata-rata Rp 130.000,- dan Rp 150.000,- untuk perpanjangan domain per tahunnya.
  • Domain harus diperpanjang tiap tahun ya, seandainya sampeyan lupa perpanjang maka domain sampeyan akan di suspend sehingga website sampeyan akan tidak bisa diakses.

Setup Custom Domain Blogger

Setelah sampeyan mempunyai alamat Domain dari HostingCeria dan ingin menyambungkan domain sampeyan dengan Blogger (Blogspot) sampeyan, caranya saya ceritakan dibawah ini. Cara ini akan berbeda untuk penyedia hosting lainnya seperti Hostinger dan yang lain ya. Jadi kalo sampeyan pakai penyedia hosting selain HostingCeria, silahkan di cari tutorialnya di penyedia hosting sampeyan.
  • Login ke Blogger.com dan masuk ke panel pengaturan blog sampeyan.
  • Pilih menu Setting di sebelah kiri, untuk penjelasan menu-menu panel blogger selengkapnya sudah saya tuliskan di artikel New Kids On Nge-Blog 2.
  • Cari tool Publishing  dan klik di Custom Domain
  • Publishing Tool

  • Masukkan alamat custom domain punya sampeyan
  • Custom Domain

    Untuk Blogger format yang sekarang (2021), sampeyan bisa membeli Domain melalui Blogger...kalo mau praktis. Tinggal Klik Buy A Domain, nanti sampeyan akan diberikan daftar harga dari Google Domain
    Google Domain
    Sekarang lebih mudah untuk melakukan Custom Domain. Secara harga ya selisih sedikit-lah dari penyedia hosting (domain) lokal seperti HostingCeria dkk.
  • Kalo format yang lama agak ribet karena harus mencatat informasi CNAME Record untuk setting DNS-nya
  • DNS dan CNAME di setting Blogger lama
    Saya belum pernah mencoba setting Custom Domain di format Blogger yang baru, nanti deh kalo saya mau bikin website dengan dasar platform Blogger lagi, saya update informasi di artikel ini.
  • Selanjutnya Set Up Konfigurasi DNS di halaman HostingCeria sampeyan
  • Konfigurasi DNS ini nantinya juga harus sampeyan lakukan kalo sampeyan ingin memperbesar pendapatan iklan sampeyan dengan join di Ezoic
  • Tentang Ezoic nanti saya ceritakan kalo sampeyan sudah berhasil lolos verifikasi Adsense ya...
Seperti itu kira-kira jika sampeyan ingin Blog sampeyan jadi lebih profesional alamatnya.

Artikel selanjutnya nanti saya ceritakan bagaimana website sampeyan kemudian bisa menghasilkan dari iklan Google Adsense.

Oh iya, bukan mau mengecilkan semangat sampeyan-sampeyan yang ingin membuat web ya....tapi kalo dibandingkan dengan nilai Adsense di Youtube, Adsense web (Blog) itu nilainya sangat kecil lho. Tapi setidaknya jika sampeyan bisa lolos Adsense versi website, nantinya sampeyan tinggal menautkan Id Publisher Adsense sampeyan saat mau coba jadi Youtuber.

Pelan-pelan ya....

Seri New Kids On Nge-Blog sebelumnya :

Load disqus comments

0 Comments