Delivery Terjadwal dan Tepat Waktu Adalah Salah Satu Penentu Suksesnya Bisnis | Review Lalamove.apk

Quality, Cost dan Delivery adalah 3 hal yang paling menentukan dalam bisnis apapun. Apalagi bagi UMKM yang baru mengawali langkah usahanya, sangatlah perlu memperhatikan 3 hal tersebut karena dari hal tersebut kemudian para customer awal bisa percaya untuk order lagi....lagi....dan lagi. 

Untuk soal Quality, pemilik bisnis bisa secara internal mengembangkan sistem manajemen kualitas yang mumpuni dan mampu menjamin kualitas mutu produk yang dihasilkannya. Sistem Manajeman Mutu sudah pernah saya tuliskan sedikit di artikel ini
Dari sisi Cost, pemilik bisnis secara internal bisa membuat sistem kerja yang efektif dan bisa menurunkan Cost Operasional dan Produksinya. Tentang bagaimana bisa melakukan Cost Down, saya juga sudah menyinggung sedikit di artikel ini.
Lalu bagaimana dengan Delivery ? Urusan pengiriman barang ini seringkali jadi masalah yang kemudian bisa membuat customer jadi tidak percaya dan mau repeat order. Pengiriman yang lambat atau barang yang tak kunjung sampai di customer karena salah memilih penyedia jasa pengiriman, adalah masalah yang sering menimpa UMKM yang belum/tidak punya armada pengiriman sendiri.

Nah, jika UMKM sampeyan ingin memperbaiki sistem kerja dan mengimplementasikan Just In Time ala Toyota Way maka langkah pertama yang harus sampeyan lakukan adalah pengaturan sistem Delivery dengan membuat Heijunka. Apa itu Heijunka ? Nanti di artikel berikutnya saya tuliskan lebih banyak tentang Heijunka ini. Pengertian Heijunka  kurang lebih adalah merupakan alat bantu penjadwalan yang terlihat secara visual agar kita tahu jadwal pengiriman berikut-nya sehingga berujung pada pertanyaan kapan barang yang akan di kirim harus diproduksi.

Di artikel ini saya tidak akan membahas lebih lanjut tentang Heijunka ini, saya cuma mau cerita bahwa sekarang ada Jasa Penyedia Layanan dimana kita, saya dan sampeyan yang memiliki usaha UMKM bisa menjadwalkan pengiriman secara reguler ataupun pengiriman yang sifatnya langsung. Apalagi UMKM yang bermain di sektor online seperti toko online misalnya.
Kemarin ceritanya saya ada pesanan Rendang yang harus dikirim ke berbagai tempat atau Multi Stop, saya coba cari di Jasa Pengiriman yang biasa lewat aplikasi Duo 'G' yang terkenal itu. Ternyata melalui aplikasi Duo 'G' itu input pengiriman harus satu persatu pakai fitur 'G'Send....dan harganya lumayan juga kalo minta harus sampai hari itu itu. Padahal untuk esok hari masih ada pengiriman barang yang sama dengan tempat yang berbeda juga.
Dari situ saya coba browsing-browsing cari penyedia jasa pengiriman barang (terutama makanan) lalu ketemulah Lalamove ini. Lalamove ini adalah penyedia jasa pengiriman barang yang berbasis aplikasi, mirip dengan duo 'G' yang sudah melegenda itu. Hanya saja menurut pengamatan saya Lalamove ini sudah lebih baik dalam pengembangan fitur aplikasinya....mungkin karena Lalamove ini fokus pada jasa delivery saja jadi mereka lebih terarah khusus untuk melayani jasa delivery barang saja.

Apa saja kelebihan dari Lalamove ini ? Salah satunya adalah fitur Pengiriman Instan dan Pengiriman Terjadwal. Penjelasan tentang antara pengiriman instan dan terjadwal, bisa dibedakan seperti pada tabel berikut ini:
Perbedaan Pengiriman Instan dan Pengiriman Terjadwal - dok. Lalamove Blog
Kelebihan lainnya adalah Fitur Pengiriman Multi Stop. Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan pengiriman ke 2 atau 3 tempat sekaligus dengan 1 kali pemesanan kurir dan tanpa harus ribet membuat beberapa kali request kurir/pengiriman. Dengan Fitur Multi Stop ini, kita bisa menekan biaya pengiriman walaupun barang nantinya dikirim ke banyak alamat dalam 1 hari-nya, caranya ya sampeyan instal dulu aplikasi Lalamove, lalu masukkan banyak alamat tujuan pengiriman untuk satu kali pengorderan. Saya kemarin sudah coba fitur ini....

Banyak Fitur-fitur lain yang bisa sampeyan coba seperti fitur Door to Door Delivery, Round Trip, lalu ada Jasa Pengangkut, pilihan Driver Favorit dan Pembayaran E-Walet.

Untuk tarif pengirimannya berapa ? Apa iya masih lebih murah dibanding Duo 'G' ?
Monggo disimak ya....saya capturekan buat sampeyan semua tarif-tarifnya....





Tersedia dalam berbagai macam pilihan moda transportasi pengangkutan dari kurir motor sampai truk engkel, tinggal sampeyan pilih mana yang sesuai dengan ukuran dan kapasitas barang yang akian sampeyan kirim.

Jadi untuk UMKM, pada saat masa pandemi begini kan saya rasa belum perlulah untuk investasi beli armada pengiriman. Sementara profit dan kelebihan yang sampeyan dapatkan dari order-order sampeyan bisa disimpan agar aman dulu cashflow-nya. Bisa bayar gaji pegawai tepat waktu dan biaya operasional tetap aman.

Untuk delivery-nya ya pakai Lalamove aja....

Load disqus comments

0 Comments