Mengukur Tinggi Badan Dengan Sensor Ultrasonic HC-SR04 dan Arduino

Sudah baca artikel sebelumnya yang isinya tentang membuat 'Penggaris Digital' dan 'Sensor Parkir Ala-Ala dengan HC-SR04 dan Arduino' ? Kalau belum silahkan dibaca dan di tonton videonya di Youtube Channel Tatas JP. Untuk artikel kali ini kita akan mencoba pemanfaatan lain dari Sensor Ultrasonic HC-SR04.

Sedikit reminder untuk yang sudah baca artikel diatas, Sensor Ultrasonik HC-SR04 menggunakan sonar untuk menentukan jarak dari suatu object ke sensor. Sensor ini mempunyai kemampuan membaca jarak dari 2cm sampai 400cm (0,8 inch sampai 157 inch) dengan akurasi 0,3cm (0,1inch). Sebagai tambahan, modul sensor ini sudah dilengkapi dengan transmitter ultrasonik dan receivernya. Untuk lebih lengkapnya mengenai bagaimana sensor HC-SR04 bekerja, sampeyan bisa baca di artikel 'Penggaris Digital'.

Pada project kali ini, kita akan coba membuat alat pengukur tinggi badan sendiri menggunakan Arduino dan Sensor Ultrasonic HC-SR04. Langsung saja ya....Talkless - Just Practice...yuk cuss

Prinsip Kerja

Prinsip kerja alat yang akan kita buat ini sederhana saja. Ketika ada seseorang berdiri di bawah sensor ultrasonic, yang tentunya memiliki jarak tertentu dari lantai pijakan, maka sensor akan membaca jarak diantara sensor dan posisi kepala orang tersebut. Jarak antara inilah yang kemudian akan coba kita tampilkan pada display sebagai tinggi badan orang yang kita ukur.

Komponen Yang Dipergunakan

1. Breadboard
2. Arduino UNO R3 atau Arduino Nano
3. Sensor Ultrasonic HC-SR04
4. LCD 16x2 dengan I2C
5. Kabel Jumper secukupnya

Skema Rangkaian

Skema Rangkaiannya kurang lebih seperti berikut ini:


Coding

Susunan Coding-nya kurang lebih seperti berikut. Sampeyan bisa copy paste atau mengubah dan menyempurnakannya lagi...monggo
Pada Coding yang kita pakai ini, Sensor Ultrasonic HC-SR04 kita posisikan setinggi 2 meter, sehingga HT (Heigth Total) pada coding kita buat 200cm. Jarak ini bisa dibuat menyesuaikan tinggi aktual dimana kita akan pasang sensornya. Misalnya kalo kita akan membuat Pengukur Tinggi Badan untuk anak-anak tentunya tidak perlu kita posisikan setinggi 2 meter. Bisa saja dibuat 1,5 meter dengan mengubah nilai HT pada Coding. Untuk keterangan lainnya sudah saya tuliskan pada Coding, sehingga sampeyan bisa mengubah dan berinovasi sesuai dengan yang sampeyan perlukan.



Dengan sedikit kreatifitas dan imajinasi sampeyan akan bisa membuat alat Pengukur Tinggi Badan seperti yang beredar di pasaran berikut ini
Buatkan casing yang menarik dan mungkin sampeyan bisa pasarkan alat yang sampeyan bikin. Atau mungkin sampeyan bisa berkreasi dengan menambahkan Sensor Beban Loadcell pada platform pijakan lantainya. Jadi deh Alat Pengukur Tinggi Badan dan Timbangan Digital buatan sendiri. Hanya saja kendala-nya saat ini adalah harga Arduino yang sedang tidak menentu dan tinggi sehingga mungkin kalo dikomparasi secara harga maka nantinya alat yang sampeyan buat bisa lebih tinggi dari alat yang sudah beredar di pasaran tersebut. Tapi siapa tau sampeyan lebih paham tentang microcontroler daripada saya, sehingga bisa mencari alternatif lain untuk mengganti Arduino.

Selamat berkreasi dan berinovasi....
Siapa tahu yang sampeyan kerjakan saat ini bisa menjadi ladang rejeki untuk sampeyan nanti.

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu