Saya Adalah Seorang Affiliator.....

Belakangan ini sedang ramai pemberitaan yang membicarakan soal Affiliator. Kehebohan mengenai affiliator ini berawal dari ramainya orang yang merasa tertipu dengan bisnis Trading (yang sebenarnya juga bukan Trading yang sebenarnya) berkedok Investasi Bodong. Agak rancu sih sebenarnya, karena inti permasalahannya sebetulnya bersumber dari keinginan para korban (yang merasa tertipu) ingin kaya tapi dengan cara yang instan dan mudah.

Affiliator yang banyak disebut-sebut para korban permainan Binary Option ini adalah para influencer yang memotivasi dan menginspirasi (atau bikin iri) para korban untuk join ikut Main Trading di aplikasi Binary Option. Ada banyak aplikasi Binary Option, seperti misalnya Binomo, Olymtrade, dan lain-lain, yang saat ini sedang bermasalah baik secara legal hukum ataupun bermasalah dengan para pengguna aplikasi yang merasa tertipu. Untuk mengupas tentang Binary Option, Robot Trading dan Investasi (yang katanya) Bodong, nanti saya buatkan artikel tersendiri ya....saya riset dulu biar gak salah tulis dan salah memberikan informasi.

Sesuai judul diatas, di artikel ini saya hanya akan ajak sampeyan ngobrol seputar Affiliator dan Affiliate Marketing. Kerjanya apa sih sebenarnya si Affiliator ini...

Affiliate Marketing adalah...

Affiliate (Affiliator) adalah penjualan berbasis komisi, sebagai contohnya adalah ketika sampeyan berhasil menjual produk atau barang atau jasa, maka otomatis sampeyan akan mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk tersebut. Berapa besar komisinya ? Variatif ya....umumnya sih kisaran 20% - 40% atau ya tergantung jenis barang, produk atau jasa yang sampeyan jual sebagai affiliator. 

Untuk contoh kasus yang sedang ramai soal Binary Option, kabarnya si Affiliator bisa mendapat komisi sampai 70% jika orang yang daftar aplikasi Binary dari link affiliasinya mengalami loss. Makanya jadi ribut karena kabarnya diduga para affiliator ini bisa kaya melalui cara-cara seperti itu. Entahlah ya...

Kembali ke soal Affiliate marketing yang saya tau dan saya ikuti sejak jaman dahulu kala. Saya pernah jadi Affiliator Amazon, dari produk yang terjual melalui link yang saya bagikan saat itu saya bisa dapat sekitar $5...ya tapi gak semua produk lho ya. Jadi Affiliate Marketing ini adalah sistem bisnis yang membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa merchant. Merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa ini memasarkan 'dagangannya' secara online sehingga butuh marketing untuk ikut menjualkan/menawarkan produknya. Ya seperti tenaga marketing freelance gitu deh.

Nah, kalo sampeyan tertarik untuk jadi Affiliator, sampeyan bisa mencoba jadi affiliator Shopee. Ini halal, bukan jadi affiliator 'Main Trading' yang sedang digoreng sana-sini itu. Cara mainnya gampang, sampeyan tinggal share link dagangan di media sosial sampeyan nanti kalo ada yang beli lewat link yang sampeyan share itu, sampeyan akan dapat komisi. Begitu kira-kira....

Jenis Affiliasi dalam Affiliate Marketing

Ada banyak jenis affiliasi yang bisa sampeyan pilih. Jika sampeyan ingin meningkatkan penghasilan atau penjualan dari promosi seorang Affiliator, berikut ini jenis affiliasi yang umum, setahu saya.
  • Influencer
Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan, kemampuan, daya tarik yang bisa mempengaruhi orang lain dalam melakukan pembelian terhadap suatu produk. Influencer ini umumnya memiliki jumlah pengikut (follower) yang besar dan loyal. Dari sini kemudian budaya Flexing berkembang dengan cepat, karena bagaimanapun juga Flexing itu merupakan bagian usaha dari sosial branding si publik figur Influencer ini.
Influencer ini biasanya seorang selebriti, pakar atau ahli suatu bidang, bisa juga Youtuber atau Selebgram. Mereka memiliki basis pengikut dari berbagai akun media sosial miliknya, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube yang umumnya sangat fanatik dan setia mengikuti segala tingkah laku, gaya hidup, sampai outfit dan aksesoris yang dipakai si Influencer ini. Tak jarang Influencer ini untuk sarana promosinya, sudah disiapkan, disediakan dan diakomodir oleh penjual yang menggunakan jasanya untuk mempromosikan produknya.
Nah, kejadian yang sedang ramai terkait Affiliator Binary Option itu juga awal mulanya dari para follower yang mengikuti konten idolanya si influencer, terinfluence (atau termotivasi), tapi kemudian merasa tertipu setelah kalah banyak dalam (judi) Binary.
  • Blogger/Vlogger
Jenis affiliasi Blogger memiliki keunggulan dalam meningkatkan konversi penjualan dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan penjual dengan sistem affiliasi. Kebanyakan blogger akan melakukan uji coba terhadap produk atau jasa yang kemudian dituangkan dalam bentuk artikel review (ulasan). Artikel review ini merupakan bentuk promosi yang efektif karena selama review tersebut tidak di takedown oleh si Blogger/Vlogger maka promosi tersebut bisa berlangsung terus menerus.
Kelebihan Blogger dibanding influencer, umumnya karena Blogger memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, orang akan lebih mudah percaya. Jadi seorang influencer seringkali tanpa/belum mencoba produk yang ditawarkan tapi ketika jadi affiliator berlaku dan berbicara seolah dia membeli, mengkonsumsi atau menggunakan barang/jasa tersebut. padahal ya mungkin mereka pakai baru sekali. Atau misalnya sampeyan menggunakan Affiliator Influencer seorang selebriti chef untuk memasarkan mesin bubut atau mesin milling...ya gak nyambung dong bidangnya.
  • Media Massa
Penggunaan Media Massa sebagai affiliator akan membuat suatu produk mendapatkan awareness dari masyarakat luas dalam jumlah yang besar. Namun ya kompensasi biaya yang dikeluarkan akan lebih besar (lebih mahal) dibanding dengan jenis affiliasi yang saya sebutkan sebelumnya. Keuntungan menggunakan media massa sebagai Affiliator adalah akan lebih mudah dan lebih cepat dalam meraih perhatian orang banyak karena ya itu....jumlah penonton...audience dari media massa kan jauh lebih besar.

Lalu apakah dengan menjadi Affiliator saya bisa kaya ?

Jawabannya tergantung....bisa kaya atau malah bisa jadi kere. Sesungguhnya ya tidak ada suatu hal di dunia ini yang bisa cepat dan instan (seperti mie instan atau kopi special mix). Tapi nyatanya para Affiliator Binary Option bisa pada kaya dan bisa mendadak Sultan...beneran atau bo'ong sih ?

Entahlah ya....

Yang pasti saat ini sedang banyak orang (yang rugi main Binary Option) yang merasa terjajah si Affiliator dan berniat untuk meminta pertanggungjawaban.

Semoga bisa segera dituntaskan masalahnya....

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu