Membuat Jam Digital Real Time Clock dan LCD 20x4 dengan i2c


Artikel ini sebagai pelengkap Video praktek membuat Jam Digital di Youtube Channel Tatas JP. Mungkin sampeyan yang kemudian nyasar di website ini adalah sampeyan cari-cari coding dari Video Praktek yang ada di Channel Youtube saya. Gak pa pa-lah....karena apa yang saya share juga sebetulnya bukan karena saya jago bikin coding atau seorang ahlinya-ahli soal Arduino. Jadi coding yang saya share disini adalah coding yang dapatkan hasil googling lalu saya coba prektekan bikin alatnya. Saya juga baru belajar koq....jadi bagaimana kalo kita belajar bareng disini.

Kalo sampeyan mendukung ide saya untuk sama-sama belajar tentang Arduino, Subscribe Youtube Channel saya ya...

Artikel ini juga sebagai percobaan lanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang 'Mencoba Coding Example LCD 20x4 dengan i2c'. Disini saya mencoba membuat jam digital dengan memanfaatkan LCD 20x4 dengan i2c dan modul RTC DS-3231. Dengan modul RTC jam digital yang akan kita buat ini tidak akan ter-reset saat power supply, dalam hal ini baterai atau adaptor, kita cabut. Modul RTC DS3231 sendiri sebetulnya adalah modul yang sudah dilengkapi dengan Temperature Compensated Crystal Oscillator (TCXO) yang membuat modul ini bisa menampilkan temperatur.

Tapi untuk percobaan kali ini, kita akan membuat jam digital dengan karakter yang besar, sehingga untuk fungsi menampilkan temperatur, saya belum coba ngoprek codingan-nya bagian mana yang mesti diubah agar bisa tampil temperatur-nya. Next ya saya share caranya setelah coba oprek-oprek dulu codingnya. Atau kalau sampeyan sempat untuk memodifikasi coding yang saya share nanti, sampeyan bisa infokan bagian mana yang mesti kita ubah.

Oke...sekarang langsung kita praktekkan saja ya bagaimana cara membuat jam digital ber-karakter besar dengan menggunakan LCD 20x4.

Alat dan komponen yang dibutuhkan

Komponen yang dibutuhkan untuk project ini adalah :
  1. Breadboard
  2. Arduino UNO R3 (atau Arduino Nano)
  3. RTC DS3231 (atau RTC DS1307)
  4. LCD 2004 20x4 dengan i2C
  5. Kabel Jumper (secukupnya)
  6. Opsional bisa ditambahkan button untuk mengatur jam (dalam video yang saya praktekkan, saya tidak menambahkan tombol button)

Skema Rangkaian

Untuk skema rangkaian dan cara mengkoneksikan kabel jumper sampeyan bisa simak di video pada Youtube Channel saya dibawah ini:

Gampang koq koneksinya...sampeyan pasti bisa menghubungkan kabel-kabel jumpernya. Dan gak butuh waktu lama untuk membuatnya. Sekitar 3 - 5 menitlah kira-kira, dari mulai memasang kabel jumper sampai Upload Codingnya.

Coding

Berikut ini coding yang sudah saya coba upload:


Jangan lupa untuk install Library-nya ya. Library yang diperlukan untuk Coding diatas adalah Library LiquidCrystal_i2c dan RTClib. Cara menginstall Library LCD 20x4 with i2C bisa sampeyan lihat di artikel 'Mencoba Coding Example LCD 20x4 dengan i2c'

Kalau ada yang kurang jelas bisa sampeyan tulis di kolom komentar di bawah, kalau saya tahu nanti akan langsung saya jawab, kalau misalnya saya belum tahu jawabannya, nanti saya coba cari tahu jawabannya

Selamat Mencoba

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu