Sebelum Terima Transfer Pembayaran Adsense, Wajib Lakukan Proses Verifikasi Google Adsense Lebih Dahulu


Sebagai publisher Adsense, tentunya kita akan sangat berharap bisa dapat transferan dari Google setiap bulan. Eh ternyata realitanya tidak semudah itu Fulgoso. Pembayaran dari Adsense baru akan bisa dicairkan (ditransfer) saat 'upah' dari Adsense terkumpul minimal 100 USD atau Rp 1.300.000,-.

Nah, setelah sampeyan mencapai batas minimum Rp 130.000,- atau telah lewat 10 USD dari plafon minimal tersebut, sampeyan akan diminta untuk melakukan verifikasi akun Adsense sampeyan. Tahapan verifikasi ini ada 3 tahapan sebagai berikut:

Verifikasi Rekening Bank

Setelah Adsense sampeyan mencapai 10% dari payment threshold, maka biasanya akan muncul notifikasi untuk melengkapi data-data sampeyan sebagai langkah verifikasi akun Adsense. Biasanya data rekening bank dulu yang diminta. Sampeyan bisa setting Data Rekening Bank sampeyan dengan masuk di menu Payment pada akun Adsense sampeyan....ya iyalah... mosok di akun Adsense orang lain ya. Cari kotak How you get paid, pilih Manage Payment Methods.

Selanjutnya sampeyan tinggal isi Nama Pemegang Rekening (harus sesuai dengan nama yang ada di buku tabungan ya), Pilih Bank sampeyan lalu masukkan nomer Rekening. Setelah itu tunggu sampai Google melakukan test Rekening dengan mengirimkan deposit sejumlah kecil uang (dibawah Rp 1000,-) ke rekening sampeyan. Biasanya sekitar 3 hari kerja, paling lama. Sampeyan harus rajin-rajin memeriksa mutasi rekening, periksa uang masuk dengan nominal aneh dibawah Rp 1000,- dengan pengirim LLG-CITIBANK GOOGLE ASIA PASIFIC.

Setelah sampeyan temukan transferan (nominal kecil) itu, segera lakukan verifikasi. Masuk lagi ke menu Payment atau klik di link notifikasi yang muncul di bagian atas akun Adsense sampeyan. Kemudian pilih nominal kiriman Google pada Select the amount yang menunya dropdown. Jadi sampeyan tinggal scroll sampai di nominal angka yang dikirimkan Google. Kalau saya sih dulu sekitar tujuh ratus sekian rupiah gitu.

Ini yang penting untuk diperhatikan :
  • Pastikan Nama Rekening sesuai dengan Nama sampeyan yang ada di rekening bank ya dan pastikan bahwa rekening sampeyan itu valid, tidak hangus atau terblokir
  • Langkah verifikasi rekening bank ini adalah test pihak Google untuk memastikan bahwa rekening yang kita masukkan sudah benar. Jadi nantinya gajian sampeyan dari Google bisa dipastikan tidak nyasar dan salah alamat ke rekening tetangga.
  • Google mengirimkan deposit dengan nominal dibawah Rp 1000,- (atau dibawah $ 1 jika menggunakan rekening USD), jadi sampeyan mesti rajin check-check mutasi rekening. Beruntunglah buat sampeyan yang rekeningnya sudah pakai aplikasi m-Banking sehingga bisa sering-sering check mutasi. Buat sampeyan yang rekeningnya tidak pakai m-Banking atau Internet Banking, ya mau gak mau mesti rajin ngeprint buku tabungan....­čśü
  • Biasanya sih gak lebih dari 3 hari kerja deposit dari Google sudah mendarat di rekening. Nah, jika sampai 10 hari kerja belum ada mutasi masuk dari Google Asia Pasific tadi, maka sampeyan harus check lagi benar atau tidak Nama dan Nomor rekening bank sampeyan. Coba check juga apakah rekening sampeyan masih valid atau sudah hangus karena 3 bulan saldonya dibawah standart. Atau coba tambahkan opsi pembayaran lain, seperti pakai PayPal misalnya dan jadikan sebagai primary payment methods.
  • Pastikan angka deposit yang dipilih sudah benar-benar tepat persis seperti angka nominal yang dikirimkan Google ke rekening sampeyan sebelum di submit. Hati-hati jangan sampai salah memasukkan nominal 3x, kalau salah sampe 3x maka sampeyan tidak akan bisa memasukkan angka lagi dan harus menghubungi dan minta tolong ke CS Google Adsense untuk menyelesaikan tahap verifikasi ini.

Verifikasi Identitas

Setelah Rekening Bank sampeyan ter-verifikasi, berikutnya sampeyan akan diminta untuk mengupload Data Identitas yaitu Foto KTP. Urutan verifikasi ini bisa bolak balik ya....maksudnya bisa saja sampeyan diminta untuk melakukan verifikasi Identitas dulu baru verifikasi rekening ya.

Permintaan verifikasi identitas ini dikirimkan melalui email yang sampeyan gunakan untuk mendaftar Adsense ya. Di email itu sampeyan tinggal klik kotak Verifikasi lalu sampeyan akan diarahkan untuk Foto Identitas (KTP) resmi yang di keluarkan oleh Pemerintah. Cuma foto KTP-nya saja ya yang diminta, jadi sampeyan tidak perlu melakukan foto selfie sambil pegang KTP....karena Adsense bukan aplikasi pinjaman online. Kalau sampeyan sampai mengupload foto selain foto identitas yang diminta, akun Adsense sampeyan malah bisa di suspend.

Yang perlu diperhatikan adalah kualitas Foto Identitas sampeyan ya....jangan sampai blur dan tidak bisa terbaca karena kurang fokus. Kalo kualitas foto identitasnya gak bisa terbaca oleh team Google bisa jadi sampeyan akan di minta untuk kirim ulang foto tersebut.

Jika foto yang sampeyan kirim sesuai permintaan Google maka sampeyan akan terima email pemberitahuan bahwa identitas sampeyan terverifikasi.

Sudah selesai ?

Belum...masih ada 1 tahapan lagi dan ini yang biasanya bermasalah yaitu tahapan verifikasi PIN.

Verifikasi Alamat (PIN)

Verifikasi PIN ini adalah Verifikasi Surat Cinta Google yang di kirimkan Google melalui pos ke alamat yang sampeyan input pada akun Adsense sampeyan.

Cara setting alamatnya adalah masuk ke menu Payment, pilih menu Setting > Manage Settings dan cari Payment profile. Pada Payment profile, cari Name and Address. Untuk Nama secara otomatis akan ganti sesuai nama yang sebelumnya sampeyan sudah pernah input waktu verifikasi Rekening (sesuai nama yang tertera di Rekening bank), dan ini tidak bisa diganti. Untuk alamat, sebaiknya gunakan alamat dimana surat (yang dikirim pak pos) sudah pasti akan sampai dan sampeyan terima langsung. Yang lengkap ya termasuk RT RW dan ancer-ancer┬árumah sampeyan (misalnya gapura warna biru dengan strip merah) yang pasti pak pos-nya bisa tahu, jika rumah sampeyan di kampung dan gak ada nomernya­čśů.

Yang perlu diperhatikan mengenai verifikasi PIN ini adalah :
  • Verifikasi alamat diperlukan agar Google bisa memastikan bahwa akun Adsense sampeyan itu bukan akun robot atau akun yang tanpa identitas pemilik real...dan (mungkin) untuk memastikan akun Adsense sampeyan benar-benar aman. Jadi pastikan alamat yang sampeyan input sudah benar sehingga Surat Cinta dari Google itu tidak nyasar ke alamat palsu....ribet kalo alamatnya palsu nantu sampeyan mesti nanya Ayu Ting Ting ntar.
  • Sampeyan punya batas waktu maksimal 4 bulan dari tanggal Google memproses dan mengirimkan PIN untuk pertama kali. Jika lebih dari 4 bulan sampeyan belum input PIN (belum verifikasi PIN) maka akun sampeyan akan di suspend dan gak bakal bisa nampilin iklan...sampai masalah PIN ini selesai dan terverifikasi.
  • PIN akan sampai di alamat yang sampeyan input dalam waktu kisaran 2 -4 minggu. Tergantung lokasi dan tergantung pak pos-nya. Jadi mohon sabar menunggu kira-kira 1 bulan sejak tanggal PIN dikirimkan Google...ada info kapan Google kirim PIN sampeyan koq...intinya ya sabar menanti aja ya.
  • Jika sampai 4 minggu dari tanggal pengiriman PIN, sampeyan belum terima juga, maka sampeyan bisa mengajukan resend┬áPIN. Ini ada link-nya koq nanti di notifikasi akun Adsense....sampeyan tinggal klik Verify lalu Resend....lalu tunggu lagi selama 4 minggu.
  • Kalo PIN belum sampe juga, coba check alamat yang sampeyan input, atau ubah alamat yang pasti ada sampeyannya di alamat itu, dan ajukan Resend┬álagi....sampeyan bisa sampai 4x pengajuan Resend PIN. Tunggu 1 bulan lagi, atau sampeyan mau coba proaktif nanya ke Kantor Pos Besar tentang Surat Cinta dari Google ini. Siapa tau nyangkut disana atau pak pos-nya lagi males ngirim ke alamat sampeyan
  • Ketika sampeyan sudah menerima PIN, pastikan PIN yang diketik sudah benar sebelum di submit. Kalau sampeyan sampai salah memasukkan PIN sampai 3x akun Google Adsense sampeyan akan di suspend.
  • Bagaimana jika sampe 4 minggu PIN belum diterima ? Ada opsi lain untuk melakukan verifikasi dengan mengirimkan scan (foto) KTP. Caranya nanti saya ceritakan di artikel berikutnya ya....

Selamat melakukan verifikasi Adsense....biar bisa cair gajian dari Google-nya ya.... 

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu