Dari Blogger Terus Jadi Youtuber Sekarang Sukses Jualan Media Tanaman Aglaonema

Ini sebuah cerita sukses yang menginspirasi saya, semoga juga bisa menjadi inspirasi sampeyan yang mampir ke Blog saya ini.
Sebelum dilanjut saya Disclaimer dulu ya, Cerita yang nanti saya ceritakan ini adalah mengenai seorang yang bukan fiktif dan saya yakinkan sampeyan 100% tulisan ini bukanlah endorse, iklan atau cerita pesanan dimana saya dibayar sejumlah materi untuk menulis tulisan ini.

Kebetulan yang bersangkutan yang akan saya ceritakan ini adalah sepupu jauh yang cukup dekat dengan saya.

Profil Robertus Rimawan Prasetiyo - dok. Facebook

Jadi begini ceritanya....

Dari Blogger

Om Wawan ini (demikian saya memanggilnya dari kecil) latar belakangnya Jurnalis, pernah malang melintang jadi wartawan Tribunnews Jakarta, terus Menado, terus Solo akhirnya bersolo karir menjadi penulis Blog-nya sendiri. Beliau ini-lah yang kemudian mengembalikan ketertarikan saya pada Blog dan tulis-menulis secara online. Saya sendiri dulu tahun 2008'an pernah iseng bikin beberapa Blog dan Website yang karena cuma iseng akhirnya ya cuma ngabisin uang buat bayar domain dan hosting per tahun dan tidak menghasilkan apa-apa. Dari beliau ini saya belajar membuat Website (Blog lebih tepatnya) yang orientasi pembuatannya adalah membuat sebuah website profesional dan proporsional sehingga Sukses mendaftar di Google Adsense.

Jadi Blog KataTatas.com ini memang dari awal tujuan pembuatannya adalah agar bisa mendaftar Google Adsense. Kenapa Adsense tujuannya ? Ya sepanjang yang saya tahu sih, jika Website atau Blog sampeyan sudah bisa terdaftar di Adsense maka untuk pengembangan (pendapatan) lainnya pasti lebih terbuka dan mudah. Karena seperti yang pernah saya ceritakan di artikel New Kids On NgeBlog (4), dengan Konten yang Mencerahkan banyak orang dan bukan sekedar asal viral, Trafic yang bagus dengan pengunjung yang unik, serta Promosi yang baik, tentunya Website/Blog sampeyan akan dengan mudah di approve Adsense dan akan membuka peluang-peluang pendapatan lainnya

Itu salah satu yang saya pelajari dari perjalanan Sukses Om Wawan ini. Kalo sampeyan penasaran dengan Website yang di kelola Om Wawan ini, monggo silahkan berkunjung ke KabareSolo.com. Tulisannya enak dibaca dan perlu....seperti slogan sebuah majalah tempo (masa) dulu, kalo majalah masa (tempo) kini mah udah males bacanya karena hampir semua tulisan di koran dan media online yang punya nama besar, kebanyakan sama saja isinya. Comot sana, tambah sini, taburi dengan sedikit sensasi judul clickbait....padahal isinya ya sebombastis dan sama saja itu-itu juga. 

Kalo sampeyan sedang ingin membangun Blog atau Website agar bisa lolos Adsense, sampeyan bisa baca artikel saya serial New Kids On Ngeblog. Di artikel itu sampeyan bisa membaca bagaimana cara memulai membangun Blog sampe mendaftarkan di Adsense berikut penjelasan tentang aturan pajak Adsense yang terbaru (Aturan Pajak Adsense 2021).

Jadi Youtuber

Nah, pada saat saya masih merayapi tangga traffic website yang belum kesampaian cita-cita mengejar pembaca 10ribuan per bulan, om Wawan ini sudah mulai sibuk ngulik Youtube. Wis jan...angel...angel tenan pokok'e mengejar lompatan-lompatan pencapaian si Om Wawan ini.

Awal ceritanya ya sama seperti pas Om Wawan WA saya untuk ngobrolin soal Blog. Pas mau coba ngulik Youtube, beliau ini antusias sekali cerita dan minta support subscribe channel Youtube-nya yang baru. Tema cerita yang ingin diangkat adalah tentang keseharian cerita anak-anak-nya, dengan segmen pasar yang dibidik para mahmud abas (mamah muda anak baru satu) yang doyan nontonin dan follow video Youtube Ki Ano atau Raf Atar. 

Pas beliau baru upload beberapa video di channel Youtube-nya,  si Om Wawan ini tiba-tiba WA saya lagi dan mengabarkan jangan bikin channel Youtube yang isi cerita, pemeran, dan segmen pasarnya mengarah ke anak-anak. 'Gak bakalan dapet iklan om...atau apesnya ya masih bisa tayang iklan tapi dapetnya ndak seberapa (istilah para Youtuber, Dollar Kuning)'

Pada saat dapet WA seperti itu, saya kebetulan sedang thimik-thimik (jalan pelan-pelan), membuat channel yang isinya tentang pelajaran anak-anak SD dan SMP. Maksud saya sih saya sedang mencoba meng-online-kan usaha istri saya yang sedang menjalankan les-les'an privat (artikelnya bisa dibaca di tulisan saya tentang 'Smarvo Course') jadi banyak materi les-lesan yang iseng saya bikinkan video-nya. Setelah dapet WA Om Wawan itu ya otomatis saya jadi ngerem mendadak dan berhenti bikin video untuk Youtube Channel Smarvo Course. Tapi kalo ada yang berminat anak-anaknya (SD dan SMP, seputaran Harapan Indah, Bekasi) mau ikut les privat boleh hubungi kontak yang ada di artikel Smarvo Course...monggo saja

Lanjut ngobrolin tentang inspirasi usaha dari om Wawan ya...

Saya jadi kadang berpikir Google Adsense ini seringkali semena-mena bikin perubahan aturan yang semakin kesini jadi semakin susah berharap dapat duit dari Google Adsense. Ya seperti misalnya perubahan aturan tentang konten anak-anak sebagai imbas Google yang dikenai denda 170 juta dollar AS karena dianggap melanggar aturan Children's Online Privacy Protection Act (COPPA). Ya walopun memang bagus sih...jadi para Youtuber bisa di batasi agar tidak terjadi penyalahgunaan dan eksploitasi anak untuk bisa meraup keuntungan (bayaran Adsense).

Terus bagaimana dengan si om Wawan ini ? Ternyata om Wawan gak menyerah begitu saja ngulik Youtube. Beliau kemudian balik ngulik akun Channel Youtube lamanya....dan apa yang dia videokan disitu, adalah tentang budi daya Aglaonema. Dan (mungkin) karena momentumnya pas, saat kemunculan video pertamanya pas di saat budi daya Aglaonema sedang nge-hits dan (kembali) di cari para mahmud abas (mamah muda anak baru satu) atau mahmud aldas (mamah muda anak lebih dari satu)...langsung deh....Boom....laris manis viewernya berdatangan dan hanya dalam waktu 1 bulan viewer dan subscribernya sudah menyentuh (bahkan melewati) 5000 subcriber.

Seiring dengan meningkatnya trafik viewer Channel-nya yang langsung melonjak pesat berkat tema Aglaonema, dalam waktu 2 bulan Channel Youtube lama om Wawan yang tadinya cuma puluhan subscriber ini langsung menghasilkan. Langsung gajian dari Adnsese lho mas, mbak, pakdhe,budhe... Suwer...saya jadi ngiri nih, dan belum pengin nganan dulu, pas dikirimin screenshot transferan dari Google. 



Jadi kesimpulannya untuk para Youtuber yang sedang mau memulai ngoprek-oprek Channel-nya adalah, temukan ceruk viewer yang tepat di waktu yang tepat juga, kemudian kembangkan terus tema-nya secara berkelanjutan. Sesuai dengan apa yang sudah saya tuliskan di artikel serial New Kids On Ngeblog, buat konten yang berguna untuk orang lain.

Sampingan Offline Dari Channel Youtube

Lanjut lagi ceritanya tentang om Wawan ya...

Seiring dengan suksesnya Channel Youtube-nya, om Wawan ini gak cuma berhenti dan sekedar bikin vlog-vlog aja. Dari apa yang dia bikin di vlog Youtube-nya ternyata memang benar-benar dikerjakan dan dipraktekkan, bukan cuma kata channel ini begini, kata website itu begitu, yang ditulis di buku ono begono.

Seperti misalnya dari vlog-nya tentang Nutrisi tanaman, om Wawan ini kemudian membuat nutrisi yang memang bisa di pakai dan berhasil untuk budi daya Aglaonema-nya. Selanjutnya keberhasilan formula Nutrisi itu dia buat dan diproduksi dalam jumlah yang lumayan banyak, di beri kemasan yang proper kemudian dia jual di online shop-nya. Jadi untuk sampeyan yang ingin tanaman Aglaonema-nya jadi sehat dan bagus seperti punya om Wawan, tapi sampeyan males ikut mempraktekkan cara bikin Nutrisi-nya, sampeyan bisa beli yang sudah jadi di lapaknya om Wawan. Untuk lapak Shoppe-nya, silahkan di cari Kireina Nursery atau lapak Tokopedia dengan nama yang sama kireina nursery.

Setelah berhasil dengan Formula Nutrisinya, om Wawan kemudian lanjut membuat media tanam untuk Aglaonema-nya. Dengan tagline 'Thas Thes Thal Thel RaSah Owel' segala macam hal tentang Aglonema dia coba garap, dan kalau di lihat komentar para subsciber-nya sih semuanya positif dan puas. Baik setelah mereka menonton Channel-nya om Wawan ini atau setelah berbelanja di online shopnya.

Oh iya kalau ada yang penasaran bagaimana dan apa isi dari Channel Youtube-nya, monggo silahkan mapir dan subscribe Channel-nya. Banyak pengetahuan dan hal positif yang coba disampaikan om Wawan di Channel-nya....Search aja Rimawan Vlog di Youtube.

Kalau sampeyan adalah penggemar Aglaonema dan sedang mencoba mencari referensi atau partnet diskusi tentang tanaman Aglaonema, sampeyan bisa follow akun-akun-nya om Wawan.
Mau lanjut tanya-tanya, lanjut diskusi atau beli produk buatannya, atau malah Aglaonema miliknya...silahkan kontak langsung aja ya....

Sekali lagi apa yang saya tuliskan di artikel ini bukan endorse atau om Wawan yang minta diiklanin di Blog ini. Semata-mata saya hanya sekedar ingin menyampaikan pada sampeyan yang membaca Blog ini, bahwa bahkan hanya di rumah saja bisa koq menghasilkan uang yang gak habis-habis. Bukan terus pelihara Babi Ngepet seperti yang orang pikirkan. Itu mah pikiran orang iri tanda tak mampu.

Pokokmen Thas Thes Thal Thel Potong Wae Aglaonemane Rasah Owel...seperti kata om Wawan.

Sampeyan mau mulai dari jadi Blogger atau mau mulai jadi Youtuber atau mulai berjualan online, intinya....Mulai saja dulu, nanti juga ketemu jalannya. Yang penting lakukan semuanya dengan konsisten.

Monggo dilanjut belajarnya....

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu