Camping Masa Kini, Bukan Camping Masa Gitu di Pineus Tilu Riverside Camping Ground

Pada jaman Orde Baru sampai tahun 2020'an, dimana kegiatan camping, hikking, naik gunung menjadi hal yang keren bagi sebagian banyak anak muda, pas masa itu kalo mau berangkat camping ya mesti usung-usung. Bawa tas ransel segede kulkas lengkap dengan tenda dome kapasitas minimal 2 orang, kompor lapangan, logistik (mie instan, kornet, beras, dll), nesting (panci rumah), jrigen air minimal 5 liter) matras, sleeping bag, baju ganti, sampai accu atau minimal power bank untuk nge-charge hape. Ribet dah pokoknya kalo mau camping pada masa itu.

Nah, pada masa kini Camping menjadi lebih mudah...walopun mungkin jadi tidak lebih murah. Anak-anak masa kini kalo pengin camping tinggal bawa badan dan travel bag yang isinya cukup baju ganti, paling ditambah peralatan mandi dan obat-obat'an pribadi terus cusss....bisa tidur nyenyak serasa di 'hotel' alami. Terus Campingnya dimana ? Nah ini....mungkin masih banyak yang belum tau tentang Camping Ground yang sudah menyediakan fasilitas lengkap, lanjutkan bacanya ya...semoga tercerahkan.

Bandung, dengan segudang destinasi wisata alam yang ditawarkan, dari seputaran Ciwidey dengan perkebunannya, Lembang dengan wisata alamnya, saat ini melebar ke kawasan Pengalengan. Menariknya, di daerah Pengalengan banyak wisata Camping Ground yang ditawarkan. Dari mulai Camping Ground model lama yang cuma memfasilitasi lahan dan tempat camping...yang artinya sampeyan tetap harus bawa perlengkapan sendiri, sampai Camping Ground yang lengkap dengan tenda, perlengkapan tidur, toilet bahkan sampai free breakfast layaknya penginapan atau hotel.
Salah satu Camping Ground yang unik adalah Pineus Tilu Camp Ground dengan keunikan lokasinya yang Riverside alias mepet sungai atau pinggir sungai pas. Disini sampeyan akan tidur ditemani suara gemericik air sungai yang menabrak bebatuan pinggir sungai.
Pineus Tilu Riverside Camp Ground

Rute Menuju Pineus Tilu Camping Ground

Untuk mencapai lokasi Pineus Tilu Camping Ground sampeyan harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan menembus pegunungan. Dari kota Bandung butuh waktu sekitar 2 jam, sampeyan tinggal menuju ke arah Pengalengan karena lokasi tepatnya berada di hutan pinus Rahong yang merupakan kawasan milik Perhutani. Sebenarnya sih lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Pengalengan yang membelah kawasan hutan pinus Rahong, sehingga jalannya cukup lebar dan beraspal mulus untuk bisa dilalui motor atau mobil. Cuma memang sangat kurang atau bahkan ketiadaan Lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) yang membuat cukup riskan untuk menuju lokasi jika hari sudah mulai gelap. Jadi kalo mau kesini sebaiknya sampeyan sampai dibawah jam 17.00 WIB....jika sampeyan belum paham betul medan dan rute-nya, atau kalo bisa malah jam 14.00 WIB sudah sampai karena jam check in akan dihitung dari jam 14.00 WIB.
Berikut posisi tepatnya jika dilihat dari Google Map:

Fasilitas di Pineus Tilu Camping Ground

Fasilitas...nah ini...Camping di Pineus Tilu itu sudah termasuk dalam kategori Glamping atau Glamour Camping. Gimana gak glamor lha wong walopun judulnya adalah Camping, tapi fasilitas yang disediakan sudah seperti kalo sampeyan menginap di hotel. Walopun kalo secara harga ya diatas harga kamar hotel.
Berikut fasilitas yang bisa dinikmati di Pineus Tilu Camping Ground:
  • Area Parkir yang luas, terpisah antara parkir motor dan mobil. Untuk parkir mobil, di pinggir jalan raya dan bisa muat lebih dari 10 mobil sedangkan parkir motor agak masuk kedalam dan muat untuk kurang lebih 15 - 20 motor.

  • Tenda 4.0 dan 4.2. Untuk tenda 4.0 merupakan family tent dengan bilik terpisah, bilik tidur dibelakan dan bilik tengah untuk ngobrol-ngobrol santai. Sementara tenda 4.2 adalah model family tent dengan bilik tidur di terpisah dua kanan dan 2 dikiri, yang dibatasi dengan ruang tengah 

  • Cussion Seat dan Pillow. Ada meja lumayan besar di depan tenda yang bisa digunakan untuk berkumpul dan ngobrol-ngobrol serta ngemil bersama atau untuk permainan atau apa sajalah...terserah sampeyan.
  • Sleeping Bag dan Foam Matters. Walopun udanya cukup dingin sampeyan masih bisa tidur nyenyak karena sudah disiapkan Sleeping Bag (4 Sleeping Bag untuk masing-masing tenda) dan Foam Matras yang cukup empuk didalam bilik tidur.
  • Resto dan Coffeeshop. Buat sampeyan yang senang nongkrong, ngobras sana sisi sambil ngopi-ngopi cantik, atau suka ngemil, makan-makan dan jajan-jajan, ada Morikafe tempat ngopi dan resto yang menyediakan bermavcam-macam kopi dan camilan atau makan besar. Hanya saja untuk makanan dan minuman di Resto ini tidak include dengan biaya tenda ya...jadi nanti selesai ngopi dan makan di Resto ya jangan lupa bayar...

  • Sarapan. Free Breakfast seperti layaknya fasilitas kalo sampeyan menginap di hotel, prasmanan atau bisa minta diantar ke tenda kalo sampeyan malas ke Morikafe yang letaknya di dekat parkiran dan tempat reservasi

    ...jadi di depan ya. Menunya sih pas saya disana tidak banyak pilihan, hanya Nasi Goreng dan Nasi Kuning beserta condimen-condimen-nya seperti kerupuk, sambal, telur dadar dan orek tempe serta lalapan.




  • Toilet. Fasilitas toiletnya bisa dibilang cukup bersih dengan WC Jongkok tapi sudah dilengkapi dengan shower air panas untuk sampeyan yang takut mandi karena udaranya yang cukup dingin.

  • Sumber Listrik dan Penerangan. Sampeyan tidak perlu khawatir dengan hape atau smartphone yang kehabisan batre demi bisa foto selfie atau bikin video konten karena seperti di hotel atau penginapan listriknya ya tinggal colok. Paling sampeyan hanya perlu bawa rol kabel tambahan jika perangkat elektronik yang mau dicolok cukup banyak.
  • Hammock. Buat sampeyan yang suka tidur atau santai bergelantungan ada sekitar 10 hammock yang bisa sampeyan gunakan.


  • Api Unggun dan peralatan barbeque. Untuk alat masak seperti kompor dan panci memang tidak disediakan ya...fasilitas memasak yang sudah disiapkan ya cuma bowl barbeque, dan tempat untuk membuat api unggun. Kayu juga di berikan walopun mungkin tidak banyak, cuma kalo sampeyan hanya sekedar ingin bakar jagung, bakar ikan, panggang ayam ya masih bisalah.


Pemilihan Tenda


Untuk pemilihan tenda, Pineus Tilu Camp Ground memberikan 3 pilihan lokasi. Ada Pineus Tilu I, Pineus Tilu II dan Pineus Tilu III yang berada di satu lokasi besar Pineus Tilu yang mengelilingi Sungai Palayangan.

Pineus Tilu I dan Pineus Tilu II masing-masing dibagi menjadi 9 deck. Deck 3-4-5-6-7 Pineus Tilu I dan deck 1-2-3-4-5-6 Pineus Tilu II menggunakan tenda 4.0 Family Tent.


Sementara deck 1-2, 8-9 Pineus Tilu I dan deck 7-8-9 Pineus Tilu II menggunakan 4.2 Family Tent.


Kapasitasnya sama ya 4-6 orang...tapi sleeping bag yang tersedia cuma untuk 4 orang lho ya...

Untuk Pineus Tilu III yang merupakan pengembangan dari Pineus Tilu I dan Pineus Tilu II menggunakan tenda 5.2 dengan kapasitas 5-9 orang.


Untuk Pineus Tilu III ada Private Bathroom-nya seperti tampak pada Plan berikut

Harga dan Biaya

Sesuai Informasi terakhir, biaya menginap di tenda Pineus Tilu adalah Rp 650.000,- untuk weekdays dan Rp 850.000,- untuk weekend. Itu diluar biaya parkir Rp 50.000,- per mobil per malam, makan siang dan makan malam dengan menu bervariasi seharga Rp 50 000,- per orang, biaya rafting Rp 150.000,- per orang. Jadi secara total per orang untuk camping di Pineus Tilu akan menghabiskan uang sekitar Rp 690.000,- sampai Rp 1.000.000,-....ini hanya perkiraan saya lho ya.
Kalo sampeyan mau hemat ya ambil paket tenda Rp 650.000,- weekdays dan free breakfast, sedang untuk makan siang dan makan malam ya masak mie instan atau bawa perabotan masak dan bahan-bahan dari rumah. Jadi pure hanya sewa tenda dan lokasi saja

Reservasi

Untuk melakukan reservasi sampeyan bisa WA ke nomor 087797580600 dan atau 081220413424 pada jam kerja 09.00WIB - 21.00WIB atau bisa juga DM ke IG-nya @pineustilu. Hitungan 24 jam dari jam check in-nya nanti jam 14.00WIB - 12.00WIB ya....kalo lewat dari jam 12.00 WIB checkout-nya akan dihitung tambah 1 hari...ya seperti di hotel atau penginapan gitu deh. Kalo butuh info yang lebih banyak atau sekedar mau tanya-tanya atau malah udah ngebet mau reservasi monggo silahkan dikontak saja...

Kesimpulan

Jika sampeyan ingin merasakan sensasi Camping yang gak pakai ribet pilih lokasi dan repot mendirikan tenda sendiri serta males bawa-bawa banyak gembolan pas mau 'Camping' disini tempatnya. Apalagi sampeyan bisa merasakan sensasi mendengarkan suara alam gemericik air sungai yang menabrak bebatuan saat pas tidur....kalo saya sih malah jadi gak bisa tidur..hehehehe. Oh iya, suhu dan temperatur sekitar tenda gak terlalu dingin koq....yah sekitar 15℃ - 20℃ pas dini hari....jadi kalo model seperti saya ya itu sleeping bag malah gak kepake karena malah jadi gerah...😀
Seandainya sampeyan mau mengajak anak-anak sampeyan untuk 'belajar' Camping, bisa koq disini...cuma mungkin perlu pengawasan ekstra mengingat pinggir deck tidak ada pagar pembatasnya. Jadi bisa langsung nyemplung ke sungai Palayangan kalo sampeyan kurang pengawasan.

Oh iya satu lagi, di Toilet memang disediakan fasilitas water heater cuma masalahnya seringkali water heaternya gak menyala jadi airnya tetap dingin. Sama mungkin yang terbiasa menggunakan toilet duduk, di sini toiletnya semuanya adalah toilet jongkok ya.
Tapi cukup bersih koq toiletnya karena setiap pagi ada petugas kebersihan yang memberihkan toilet dan mengambil sampah-sampah sampeyan. 

Satu hal yang wajib di ingat adalah..Hutan dan Alam sekitarnya bukanlah tempat sampah, jadi buanglah sampah pada tempatnya...seperti sampeyan membuang mantan 😂

Selamat Glamping....





Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu