Pipa Outdoor AC Beku dan Mengeluarkan Bunga Es, Lho Koq Bisa ?

Beberapa waktu yang lalu, saya iseng coba menyalakan AC di kamar yang kosong dan belum terpakai sejak unit AC di pasang kurang lebih setahun yang lalu. Lho koq gak dingin ya dan udara yang ditiupkan si unit AC ini juga seperti meniup debu aromanya....ya kurang lebih seperti pengap gitu deh. Nah, setelah saya coba selidiki sekilas, eh ternyata pada unit outdoor sang AC itu tampak ada bunga es-nya. Segeralah saya chat WA teman yang biasa servis AC, dan hanya dijawab ' Nah lo...koq bisa...', ya meneketehe kan ya...makanya saya tanya teman saya itu, padahal dia juga yang pasangin itu AC dulu.

Sedikit kecewa dengan jawaban teman saya itu, kemudian saya memutuskan mencari jawaban sendiri bermodalkan Google dan sat set sat set buka Youtube seperti Ashiaaap Man yang jadi super hero gegara nonton Youtube. Dari hasil pencarian saya tersebut ada beberapa kesimpulan kenapa AC Outdoor timbul bunga es. Saya coba rangkum dan share ya agar sampeyan semua juga bisa sat set sat set berubah jadi Super Hero kekinian, Ashiaaap Man, yang bisa menyelesaikan segala masalah yang sampeyan temui.

Penyebab AC Outdoor timbul bunga es, antara lain adalah karena hal berikut ini:
  • Pemasangan Pipa Yang Tidak Tepat
Penyebab pipa AC beku adalah karena pemasangan pipa yang tidak tepat. Ini merupakan hal pertama yang seharusnya sampeyan lakukan ketika ingin servis AC sendiri. Mengapa? Karena terkadang banyak orang yang meremehkan pemasangan pipa atau komponen lainnya. Kemungkinan mereka berpikir bahwa mereka sudah memasang pipa dengan benar sehingga tidak perlu dilakukan pengecekan lagi.
Padahal seharusnya pipa tersebut harus tetap dicek apakah pemasangannya sudah benar atau belum. Jika ternyata instalasinya pipa tidak tepat, bisa menyebabkan pipa AC beku. Jika sudah terjadi, sampeyan bisa membongkar  dan merapikannya kembali. Namun sebaiknya sampeyan bisa minta tolong tukang servis AC jika sampeyan tidak yakin bisa memperbaikinya sendiri. Karena untuk membongkar diperlukan alat khusus untuk flaring ujung pipanya.
  • Kebocoran Freon
Penyebab pipa AC beku juga karena adanya kebocoran di bagian freon. Kondisi seperti ini umumnya terjadi karena flaring pipa tidak rapi. Penyebab lainnya juga bisa karena pemutaran baut yang tidak rapi atau bahkan pipa mengalami korosi. Lalu bagaimana solusinya?
Di sini sampeyan perlu mengatasi kebocoran pada pipa terlebih dahulu, check pemasangan pipanya sudah tepat atau belum. Setelah itu, sampeyan bisa mengisi freon dan pastikan mengisinya dengan takaran yang sudah tepat. Untuk mengetahui tekanan freon sudah tepat atau belum, diperlukan Manifold AC untuk melakukan pengukuran tersebut.
Standar tekanan Freon kurang lebih seperti berikut: bila ukuran AC 0, 5 pk maka usahakan sampeyan isi dengan tekanan freon 60-70 psi. Jika 3/4 dan 1 pk maksimalnya ialah 80-90 psi. Namun usahakan juga tetap harus menciptakan patokan ini berdasar pada ampere dari kompresor. Sebab bila ampere melebihi batas maka kompresor bisa terjadi overload atau memutus.
Nah, jika ternyata kebocoran freon sudah tinggi, kami menyarankan agar sampeyan tidak menggunakan AC terlebih dahulu agar udara di dalam sistem bisa keluar. Yang tidak kalah penting, lakukan servis dan pengecekan secara rutin.
  • Sistem AC Indoor maupun Outdoor Kotor
AC bermasalah tidak jarang karena sampeyan sebagai pemilik dan penggunan tidak memperhatikan kondisi pendinginan ruangan tersebut. Banyak yang dari sampeyan hanya sekedar membeli AC kemudian asal pakai saja tanpa tahu kapan AC tersebut harus diservis. Servis ini biasanya cukup sebatas pencucian AC dan memeriksa tekanan Freon. Jika tidak terjadi kebocoran sih seharusnya tekanan Freon gak akan berkurang. Maka sangatlah penting merawat AC baik unit indoor maupun outdoor.
Sekali lagi sebaiknya servis AC dilakukan secara teratur 3 bulan sekali minimal, dan inipun cukup mencuci unit AC baik indoor maupun outdoor.
Kalo memang sampeyan tidak punya kenalan tukang servis AC, proses pencucian AC ini bisa sampeyan lakukan sendiri. Cuma perlu pompa dan plastik untuk mencegah air cuciannya bleweran kemana-mana. Belinya dimana ? Beli saja online, banyak koq di Marketplace yang menawarkan paket lengkap alat-alat pencucian AC.
Kalo sampeyan sudah punya, coba lakukan proses servis (pencucian) AC sampeyan sendiri, kemudian kalo merasa sudah cukup mahir sampeyan bisa menawarkan jasa servis ke tetangga-tetangga sampeyan. Lumayan juga kalo mau coba dijalani sebagai sampingan dengan tarif Rp 50.000,- sampai Rp 75.000,- sekali service ditambah kopi segelas, cukuplah jadi sampingan iseng-iseng berhadiah.
  • Kipas Blower Outdoor Bermasalah
Penyebab lainnya adalah karena kipas blower yang tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini kemudian membuat pipa AC beku karena freon sudah terkompresi sehingga tidak bisa menyerap panas dengan maksimal. Solusinya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada kipas blower dan amati apakah kipasnya berputar dengan dengan baik atau malah tidak berputar sama sekali.
Dengan memperbaiki kipas blower yang bermasalah, maka sirkulasi udara yang ada di sekitar evaporator dapat berfungsi dengan baik. Jadi, pipa AC tidak akan membeku dan mengeluarkan bunga es. Namun sekali lagi, jika sampeyan tidak bisa mengatasi masalah ini, silakan menghubungi jasa servis AC terpercaya sekitar anda.

Menurut saya, tidak ada yang terlalu susah untuk dilakukan sendiri, karena dengan demikian sampeyan bisa belajar untuk mengerjakan hal yang belum pernah sampeyan coba lakukan. Disamping menghemat, karena sampeyan tidal perlu membayar tukang servis AC, sampeyan nantinya malah bisa jadi ahli dan punya sampingan jadi tukang servis AC.

Coba saja lakukan dulu sendiri, kalo nanti kesulitan ya tinggal panggil tukang servis AC yang sudah ahli. Tapi setidaknya dengan membaca artikel ini sampeyan bisa tau, sampeyan sedang dicurangi tukang servis AC atau tidak.

Selamat mencoba...



Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu