Membuat Mini Radar Arduino Ultrasonic dengan LCD Nokia 5110

Pada Percobaan yang sudah lampau, saya mencoba membuat Sistem Radar ber-basic Arduino dengan memanfaatkan Sonar dari Sensor Ultrasonic HC-SR04. Sistem tersebut membutuhkan PC (Personal Computer....bukan inisial dari ibu PC) untuk bisa menampilkan hasil scanning Sensor Ultrasonic-nya. Untuk yang versi ini sampeyan bisa lihat, baca dan praktekkan artikel 'Project Radar Arduino Dengan Sensor Ultrasonic'.
Nah, untuk kali ini saya mencoba, mempraktekkan, dan membuat lagi Sistem Radar Arduino tapi kali ini versi mininya. Dalam Radar versi Mini ini, saya mencoba bekas LCD Nokia 5110 (jadul) untuk menampilkan hasil tangkapan Sonar Ultrasonic HC-SR04. Langsung saja ya ke prakteknya...

Komponen Yang Digunakan

Sama seperti Project Radar sebelumnya, untuk project ini kita akan menggunakan komponen utama Sensor Ultrasonic HC-SR04. Mengenai Sensor Ultrasonic HC-SR04 ini bisa sampeyan baca penjelasannya di artikel 'Belajar Arduino Dasar | Sensor Ultrasonik'. Selengkapnya, daftar komponen yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut:
  1. Breadboard (Papan Percobaan)
  2. Arduino Nano / Arduino Uno R3 (atau Arduino type yang lain)
  3. Sensor Ultrasonic HC-SR04
  4. Micro Servo SG90
  5. LCD Nokia 5110
  6. Buzzer Active 5v
  7. Kabel Jumper (secukupnya)
Kalo sampeyan masih bingung beli komponen-komponen tersebut dimana, nanti saya sertakan link pembelian di toko online yang recommended.

Skema Wiring

Skema Rangkaiannya seperti pada gambar berikut:

Coding

Untuk susunan codingnya seperti berikut ini:

Library yang diperlukan untuk LCD Nokia 5110 bisa di download disini.
Pada coding ini, object yang di deteksi berjarak sekitar kurang dari 20cm dan jika lebih dari 30cm object tidak akan terbaca oleh Sonar. Jika sampeyan ingin mencoba dengan jarak object yang lebih jauh, silahkan di coba untuk edit pada distance.

Video hasil percobaan saya ada di Channel Youtube Tatas JP ya, monggo kalo mau di Subscribe dan di tonton...


Selamat mempraktekkan dan mencoba disesuaikan sendiri coding-nya dengan kebutuhannya.
Talkless - Just Practice...

Post Navi

Post a Comment

1 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

Close Menu