Project Radar Arduino Dengan Sensor Ultrasonik

Ini adalah Project iseng yang mungkin bisa sampeyan aplikasikan untuk mendeteksi seseorang atau benda tertentu disekitar radar. Karena ini hanya project prototype jadi saya membuatnya untuk mendeteksi benda dengan range jarak maksimal 40cm. Project ini memerlukan Software Arduino IDE untuk membuat sketch dan upload coding ke board Arduino. Kemudian untuk menampilkan hasil deteksi pada laptop atau PC di perlukan Software Processing Develpoment Environment. Software Processing sendiri sebenarnya bisa digunakan pada berbagai macam project. Misalnya untuk menampilkan dan mengontrol CNC Mini Ploter yang dibuat menggunakan motor bekas DVD. Tentang CNC Mini Ploter, nanti saya buatkan artikel terpisah, sementara sampeyan bisa melihat cara membuatnya di Youtube Channel TatasJP.

Jika sampeyan baru mulai belajar tentang Arduino dan sampeyan ingin tahu dasar Sensor Ultrasonik, sampeyan bisa baca artikel 'Membuat Penggaris Digital Dengan Sensor HC-SR04'. Program dasar dari Radar ini sama, karena Radar Ultrasonik ini memanfaatkan fungsi dari Trigger dan Echo yang ada pada Sensor Ultrasonik HC-SR04. Modul Sensor Ultrasonik ini bekerja dengan cara menghasilkan gelombang suara pada frekuensi tinggi yang di pancarkan dari transmitter lalu pantulannya ditangkap kembali menggunakan receiver. Jika ada benda yang dikenai oleh gelombang suara ini, maka akan ada perbedaan waktu tempuh gelombang suara tersebut. Karena kecepatan gelombang suara sekitar 340m/s, maka kemudian perhitungan distance-nya adalah kecepatan waktu tempuh tersebut dibagi 2.

Oke...langsung saja ya Talkless - Just Practice...

Komponen yang digunakan

Untuk membuat Project Radar Ultrasonik ini, berikut komponen yang saya gunakan:
  • Breadboard (Papan Percobaan)
  • Arduino UNO R3
  • Sensor Ultrasonik HC-SR04
  • Micro Servo SG-90
  • Kabel Jumper (secukupnya)
  • Kabel USB (kabel Printer)

Skema Rangkaian

Skema Rangkaian yang saya gunakan untuk Project ini adalah sebagai berikut:

Dalam skema ini Pin Trigger dari HC-SR04 saya pasangkan pada Pin 10 board Arduino, sementara Pin Echo HC-SR04 saya pasangkan pada Pin 11 board Arduino. Dari Micro Servo, Pin Signal-nya saya pasangkan pada Pin 12 board Arduino. Untuk supply power, saya menghubungkan VCC dari Servo dan HC-SR04 pada Pin 5v dan Pin GND untuk ground (-).


Source Coding

Pada Project ini kita akan membuat 2 Coding yang akan digunakan yaitu Coding Arduino dan Coding Processing untuk menampilkan hasil scan radar. Untuk Coding Arduino, yang nantinya akan kita upload menggunakan Software Arduino IDE, yang harus diperhatikan adalah perintah fungsi untuk memerintahkan 2 hardware yaitu Micro Servo SG 90 dan Sensor Ultrasonik HC-SR04. Ada library yang harus diinstall terlebih dahulu, yaitu library Servo.h.

Berikut ini Coding yang nantinya kita Upload dengan Software Arduino IDE:


Setelah kita mendefinisikan Pin yang kita gunakan (const int trigPin=10 dan const int echoPin=11), selanjutnya kita tentukan variabel dari durasi dan jarak (long duration dan int distance). Berikutnya kita buat void setup dan void loop-nya. Pada void loop, kita akan menggerakkan servo dengan rotasi 15 derajat hingga 165 derajat.
Dari sudut dan jarak yang terdeteksi oleh Sensor HC-SR04, kita akan membuat perintah SerialEvent() yang kemudian akan dikirim dan di display-kan menggunakan Software Processing. Nilai dari pembacaan sudut dan jarak yang terbaca melalui Serial Port akan ditampilkan menggunakan variabel perintah iAngle dan iDistance.

Berikutnya kita buka Software Processing, dan kita akan membuat sketch coding seperti berikut ini:


Untuk menggambarkan hasil deteksi Sensor HC-SR04, kita membuat fungsi drawRadar() yang terdiri dari fungsi arc() dan line(). Fungsi drawLine() yang kita buat selanjutnya berguna untuk membuat garis yang bergerak menyapu dari sudut 15 derajat sampai sudut 165 derajat. Untuk menggambarkan deteksi object kita membuat fungsi drawObject(). Pada fungsi ini, jarak yang di deteksi oleh Sensor HC-SR04 akan diubah menjadi pixels yang dikombinasikan membentuk sudut block (warna merah) yang tergambar pada radar.

Hasil deteksi radar akan tampil seperti ini:

Yang saya praktekan ini hanya merupakan prototype ya, selanjutkan sampeyan bisa mengembangkan lagi jika ingin membuat Radar yang berputar 360 derajat. Untuk membuat Radar yang bisa berputar 360 derajat, sampeyan bisa mengganti Micro Servo SG90-nya dengan motor yang berputar 360 derajat. Atau bisa juga dengan menambahkan Sensor HC-SR04, sehingga Radarnya punya Sensor Pedeteksi 2 bolak balik.

Selain itu sampeyan juga bisa mengkreasikan dengan menambahkan buzzer, sehingga jika Sensor Ultrasonik mendeteksi object, buzzer akan berbunyi.

Selamat mencoba berkreasi

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu