Menambahkan Fungsi Pemanggil Tanggal, Bulan dan Tahun Dalam Library NTPClient.h

Dalam artikel sebelumnya, saya sudah menuliskan tentang membuat 'Jam Digital Keren Dengan Waktu Yang Real Time Tanpa RTC'. Saya juga sudah membuatkan video di Youtube Channel TatasJP agar lebih jelas untuk sampeyan ikuti saat ingin mencoba mendupilkasi dan mempraktekannya. Soal Coding...tentu saja sudah saya share juga di artikel tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa sampeyan kepoin cara bikinnya dengan membaca artikel itu dan menonton video yang saya share.


Sedikit mengulang apa yang sudah saya tuliskan, bahwa Jam Digital yang kita buat ini menggunakan board Wemos D1 (atau Wemos D1 Mini) dengan memanfaatkan NTP yang melakukan sinkronisasi waktu secara otomatis melalui internet seperti yang ada di PC atau Smartphone.

Apa itu NTP ?

Apa itu NTP ? NTP adalah singkatan dari Network Time Protocol yang merupakan standar Internet Protokol untuk sinkronisasi waktu pada Komputer (PC/Laptop) atau Smartphone dengan beberapa referensi internet. NTP ini mendapatkan data waktu dari internet berdasarkan referensi server sesuai lokasi timezone yang kita pilih dan tentukan. Persis seperti pengaturan waktu dan tanggal pada Smartphone, kita hanya tinggal memprogram timezone yang akan kita pilih, selebihnya secara otomatis waktu (jam dan tanggal) akan mengikuti NTP Server.

Memanggil Waktu NTP Server ESP8266

Merujuk dari Wikipedia, NTP adalah Network Time Protocol yang digunakan untuk mensinkronisasi waktu di dalam sebuah jaringan. Bisa pada Jaringan LAN (Local Area Network, bisa juga dari jaringan internet. Proses sinkronisasi ini dilakukan didalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini bisa dilihat sebagai proses komunikasi data yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja.

NTP ini bekerja menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Dalam sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu seperti radio clock atau atomic clock yang terhibing dengan sebuah time server. Jaringan NTP ini kemudian akan mendistribusikan perhitungan waktu yang akurat ini ke dalam jaringan lain

Library Yang Digunakan

Untuk Coding ini Library utama yang kita butuhkan adalah :

Untuk library ESP8266.h, dalam Github diatas sudah satu paket bersama WiFiUdp.h sehingga bisa sampeyan download dari situ. Namun bisa juga jika sampeyan menggunakan library-nya adalah library default bawaan Arduino IDE.

Masalahnya adalah didalam library NTPClient.h tersebut tidak (belum) ada fungsi pemanggil Tanggal, Bulan dan Tahun. Nah, Coding dibawah ini merupakan edit-an dari NTPClient default yang sudah saya modifikasi. Sampeyan bisa copy pastekan pada Library NTPClient.h yang ada di folder library Arduino di PC/Laptop sampeyan.  


Oh iya, NTPClient.cpp - nya juga sampeyan harus edit juga. Berikut ini Coding untuk NTPClient.cpp


Setelah sampeyan edit Library NTPClient tersebut, sampeyan bisa membuat coding baru atau menggunakan Coding dari artikel yang pernah saya tulis mengenai Jam Digital Keren. Edit Coding-nya kira-kira sebagai berikut:


Buka tab kedua lalu buat coding declare.h


Selanjutnya buka tab baru lagi dan buat fungsi.ino seperti ini:


Langkah terakhir, seperti biasa....Compile dan Upload. Jika sampeyan berhasil melakukan edit maka Jam Digital sampeyan akan tampil seperti video dibawah ini
Jika ada kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan komentar dibawah atau boleh juga DM IG saya. Saya usahakan untuk merespon sesegera mungkin....dengan catatan kalo saya tidak sedang sibuk ya...hehehehe

Nah, selamat mencoba...
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu