Lampu Tidur Pelangi - Belajar Arduino Dasar


Ada banyak orang yang bisa-nya tidur kalau kamarnya gelap, ada sebagian orang yang matanya baru bisa terpejam kalau lampu kamarnya dimatikan. Nah, pada artikel kali ini kita akan coba membuat lampu yang redup dan bercahaya ganti-ganti warna. Warna lampu ini nanti bisa kita atur dengan cara kita kombinasikan LED RGB (Red, Green, Blue) agar kita bisa mendapatkan banyak warna.
Berati kita butuh tiga LED dengan warna yang berbeda dong ya...warna Merah, Hijau dan Biru gitu ? Bisa sih kita buat dengan tiga LED yang beda warna tapi perpaduan warnanya gak bisa blend.

Nah, sebetulnya di pasaran tuh ada LED yang bisa menampilkan warna RGB. Ada 2 jenis LED RGB ini, yaitu Common Anoda dan Common Cathoda, dan untuk percobaan kita kali ini kita akan pakai LED RGB Common Cathoda.

Dalam praktek percobaan ini kita akan memanfaatkan fungsi PWM (Pulse Width Modulation) yang ada pada board Arduino. Fungsi PWM ini yang mengontrol perubahan warna LED.

Komponen yang digunakan

Komponen yang akan kita gunakan dalam memainkan praktek ini adalah sebagai berikut:
  1. Breadboard
  2. Arduino UNO R3 (atau Arduino Nano)
  3. Resistor 220 Ω; 3 pcs
  4. LED RGB Common Cathode
  5. Kabel jumper secukupnya

Skema

Berikut Skema Rangkaiannya, cukup sederhana koq. Monggo coba langsung dirangkai saja

Coding

Dari skema rangkaian diatas berikut ini contoh Coding-nya. Silahkan ber-improvisasi untuk mengatur warna yang akan tampil. Disini ada 2 Coding yang bisa dicoba. Untuk Coding pertama, LED RGB akan menyala bergantian warnanya tapi proses pergantiannya akan berkedip. Berikut ini codingnya :

Pada Coding diatas, bisa dilihat pada fungsi RGB_color terdapat fungsi analogWrite (pin, nilai). Dimana fungsi ini berguna untuk menghasilkan sinyal PWM pada pin tersebut.

Kita bisa mengubah dan mengatur kombinasi nilai yang diberikan pada pin LED RGB untuk menghasilkan kombinasi warna yang bermacam-macam. Untuk range nilai Output sinyal PWM adalah antara 0 - 255. Kalo sampeyan ingin mengatur, sampeyan bisa menggunakan daftar kombinasi warna dari Wikipedia. Gunakan range nilai yang ada di kotak kode Desimal RGB ya...

Untuk Coding kedua, LED RGB akan berganti warna secara smooth tanpa ada proses berkedip. Kalau ingin digunakan sebagai lampu tidur, saya lebih recomend coding yang ini karena tidak mengagetkan mata.


Kalau berhasil, maka LED RGB akan menyala secara bergantian. Hasil praktek saya, seperti ini video-nya yang sudah saya upload di Youtube Channel Tatas JP

Selanjutnya sampeyan tinggal membuat cangkang untuk lampu sampeyan. Oh iya, untuk Power Suply-nya sampeyan bisa menggunakan bekas charger Smartphone atau memakai Power baterai Lithium yang bisa dicharge.

Selamat berimajinasi dan mengkreasikan Lampu Tidur Pelangi-nya.
Silahkan dicoba...siapa tau bisa jadi ladang cuan buat sampeyan
Just Practice...
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu