Berburu Vaksin Covid-19 Booster

Demi mengikuti anjuran pemerintah mengenai vaksin Covid-19, beberapa saat yang lalu saya mencoba cari-cari tau soal agenda per-vaksinan. Sebenarnya ini saya lakukan demi lebih meyakinkan diri aja agar yang namanya virus Covid-19 jauh dari hidup saya dan keluarga saya.


Setelah browsing-browsing bagaimana caranya check status undangan untuk bisa dapat virus Booster, saya lalu coba cari tau di fasilitas kesehatan mana yang melayani vaksin Booster ini. Kalo sampeyan sudah vaksin ke-2 dan ada jeda sekitar 6 bulan, biasanya sampeyan akan dapat undangan untuk bisa ikut program vaksin Booster ini.

Syarat Untuk Bisa Mendapatkan Vaksin Booster


Melansir situs resmi Kemenkes RI, berikut ini syarat untuk bisa mendapatkan vaksin Booster:
  • Sudah berusia 18 tahun keatas
  • Sudah di vaksin lengkap dosis 1 dan ke-2, dengan jarak pemberian dosis ke-2 minimal 6 bulan
  • Sangat dianjurtkan untuk yang termasuk Kelompok prioritas vaksin booster, yaitu orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais (orang yang mengalami masalah dengan kekebalan tubuhnya)
  • Ibu hamil bisa mendapatkan vaksin booster jenis Pfizer atau Moderna dengan merujuk pada SE Kementrian Kesehatan No. HK.02.01/1/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Dalam SE tersebut, disebutkan 'Dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 dan tingginya resiko bagi ibu hamil apabila terinfeksi Covid-19 menjadi berat dan berdampak pada kehamilan dan bayinya, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil'

Cara Cek Undangan Vaksin Booster

Dari situs resmi Covid19.go.id disebutkan cara untuk cek status undangan vaksin booster ini ada 2 cara, yaitu melalui aplikasi dan bisa juga melalui website PeduliLindungi. Langkah-langkahnya kurang lebih seperti ini:

Cara Cek Undangan Vaksin menggunakan aplikasi PeduliLindungi
  • Pastikan sampeyan sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Kalau belum punya silahkan install melalui Appstore ataupun Playstore.
  • Setelah terinstall, Buka aplikasi PeduliLindungi dan masuk dengan akun yang terdaftar.
  • Klik menu Profil, pilih Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19
  • Jika sampeyan sudah terdaftar dan punya akun di PeduliLindungi, akan muncul status dan jadwal vaksinasi booster di akun sampeyan.
  • Untuk cek tiket vaksin, masuk menu Riwayat dan Tiket Vaksin. Kalo sampeyan sudah memenuhi syarat untuk vaksin booster akan muncul tampil undangan untuk melakukan vaksin booster.
Cara Cek Undangan Vaksin menggunakan situs PeduliLindungi
  • Buka situs pedulilindungi.id
  • Masukkan nama lengkap dan NIK penerima vaksin dengan benar
  • Setelah itu klik Periksa, nantinya akan tampil status dan tiket undangan vaksinasi  sampeyan (atau orang yang ingin sampeyan cek status undangannya)

Lokasi Vaksin

Setelah sampeyan memastikan bahwa sampeyan layak menrima vaksin booster, sampeyan bisa cari fasilitas kesehatan yang melayani penyaluran vaksin Covid-19. Kalo sampeyan tinggalnya di sekitar Bekasi, sampeyan bisa ke RSUD Bekasi atau datang ke Stadion Patriot Candrabaga Bekasi.

Antrian Pendaftaran Vaksin di Stadion Candrabaga

Kebetulan karena saya domisilinya di Bekasi, langsung saja saya cuss ke Stadion Candrabaga Bekasi.
Jadwal Vaksin di Stadion Patriot Candrabaga Bekasi adalah untuk hari Senin - Jum'at dari jam 08.00WIB - 16.00WIB dengan kuota 400 orang dan hari Sabtu dari jam 08.00WIB - 12.00WIB dengan kuota 200 orang.
Lokasi pelayanan Vaksinnya ada di Gate 10 untuk Lansia dan Gate 12 untuk 18 tahun keatas (dan belum lansia).
Walaupun Hujan, Tetap Antusias Untuk Di Vaksin

Proses Vaksinasi

Saat pertama sampeyan datang, lalu parkir (di lokasi parkir yang disediakan, Gedung Kuning), sampeyan bisa langsung menemui petugas pendaftaran antrian yang akan memberikan sampeyan formulir isian dan nomor antrian. Sebaiknya sampeyan datang pagi sebelum jam 08.00WIB untuk menghindari kerumunan pengambilan antrian. Yang saya alami sih untuk antri vaksin agak lumayan crowded sih. Untungnya dengan adanya pemisahan antara antrian untuk lansia dan antrian untuk yang masih belum lansia cukup membantu mengurai terjadinya penumpukan antrian.

Antrian Proses Verifikasi Data

Setelah sampeyan dapat nomor antrian dan isi formulir, tunggu sejenak sampai sampeyan dipanggil untuk melakukan verifikasi data. Dari meja verifikasi data sampeyan akan diarahkan untuk antri proses skrinning. Pada proses ini sampeyan akan di periksa denyut nadi, tensi darah dan ditanya-tanya soal riwayat kesehatan dan penyakit bawaan (kalo ada).

Proses skrinning selesai, jika tensi darah sampeyan normal maka sampeyan bisa berlanjut ke antrian proses vaksinasi. Jika tensin darah terlalu tinggi (mungkin karena sampeyan nervous) maka sampeyan akan disarankan untuk menunggu sekitar 10 - 15 menit sebelum diperiksa lagi tensinya.

Untungnya tensi darah saya normal, jadi bisa langsung cuss disuntik. Sebagai tambahan informasi, saat ini yang tersedia untuk vaksin booster di Stadion Bekasi cuma 1 jenis yaitu booster jenis Pfizer.

Penyuntikan Vaksin Booster 

Seandainya sampeyan ingin disuntik booster jenis Moderna, sebaiknya coba sampeyan langsung menuju RSUD Bekasi saja, atau kalo tidak salah di Polres Bekasi juga ada pelayanan vaksinasi ini. Atau sampeyan bisa tanya di Puskesmas dekat rumah sampeyan, sepertinya juga ada koq pelayanan Vaksinasi Covid-19 ini.

Nah, selamat berburu Vaksin Booster ke-3....agar Pandemi Covid-19 segera bisa berubah status jadi Endemi.

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu