Membuat Text Scrolling Display Max7219 Dot Matrix 4 in 1

Pada artikel ini saya akan menceritakan proses Percobaan membuat Text Scrolling menggunakan Dot Matrix Max7219. Secara umum yang tersedia dan banyak digunakan dipasaran adalah Dot Matrix Max 7219 yang banyak dipakai sebagai papan display LED. Dot Matrix Max7219 4 in 1 adalah sebuah papan display yang disusun secara seri dari 4 buah 8 x 8 Dot Matrix dengan menggunakan IC Controller Max7219. Pada dasarnya Max 7219 merupakan sebuah IC Shift Register yang khusus dirancang untuk mengontrol Dot Matrix, 7 Segment maupun Independen LED.

Dalam penggunaannya, saya sudah mencoba beberapa penerapan untuk berbagai kebutuhan seperti misalnya Jam Digital, Display Text, Scrolling Text dan  beberapa game sederhana yang bisa di display menggunakan Module ini. Untuk Jam Digital, saya pernah buatkan videonya di Youtube Channel saya. Monggo silahkan dikepoin di video 'Membuat Jam Digital Dot Matrix Max7219'.

Ketika kita akan menggunakan Module Dot Matrix Max7219 ini ada beberapa Library yang bisa kita manfaatkan. Dalam Library-Library ini ada banyak coding example yang bisa kita edit dan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya untuk membuat Scrolling Text seperti di video dibawah ini.

Ingin membuat Scrolling Text dengan kata-kata sampeyan sendiri ? Caranya ada di video tersebut.

Komponen Yang Digunakan

Komponen yang diperlukan untuk membuat Display Scrolling Text dengan Double Module Max7219 adalah sbb:
  • Dot Matrix MAX7219 4 in 1 = 2 unit
  • Arduino UNO R3 atau Arduino Nano
  • Kabel Jumper Female to Female 5 pcs dan Male to Female 5 pcs.
  • Software Arduino IDE yang sudah diinstal Library MD_Parola dan MD_Max7219. Kalau belum pernah install, maka klik menu Sketch > Include Library > Library Manager, search MD_Max

Skema Rangkaian

Pada LED Dot Matrix ini ada 5 pin, dua diantaranya adalah untuk VCC dan GND. Pin lain adalah pin DIN (DOUT), CLK, CS yang dapat dihubungkan di pin manapun pada Arduino UNO. Untuk yang saya coba praktekan disini, saya menyesuaikan dengan yang ada di coding Library, yaitu menggunakan :
  • CLK > Pin 13
  • DIN > Pin 11
  • CS > Pin 10
Rangkaian LED dan Arduino

Menghubungkan 2 Modul Matrix Max7219

Sketch Coding

Untuk Sketch Coding Scrolling Text ini saya menggunakan Coding Example dari Library MD_Parola.
Untuk bagian Coding yang harus disesuaikan adalah bagian HARDWARE_TYPE MD_MAX72XX::PAROLA_HW yang diganti menjadi HARDWARE_TYPE MD_MAX72XX::FC16_HW.

Sebenarnya sampeyan bisa menambahkan Potensiometer untuk mengontrol speed Scrolling text-nya dan 2 push button untuk mengontrol/mengubah Arah Pergerakan Text (Direction) serta mengubah/meng-invert text. Tapi pada praktek kali ini saya tidak menambahkan Switch dan potensiometer. Sampeyan bisa juga mengedit Tulisan yang akan sampeyan display menggunakan Serial Monitor dengan mengatur baudrate pada 57600.

Silahkan sampeyan tambahkan dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan sampeyan. Siapa tahu dengan mengkreasikan Display ini sampeyan bisa menambah penghasilan dengan terima order bikin Display Scrolling Text dengan Max7219 ini. Tinggal dibuatkan casing yang bagus sehingga layak jual.

Selamat mencoba....Just Practice ya


Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu