Cara Paling Mudah Upload Coding ke ESP32 Cam | Menjawab Pertanyaan di Youtube Channel Tatas JP

Pada video di Youtube Channel saya tentang CCTV murah dengan ESP32 Cam, ada pertanyaan 'Bang, apakah ESP32 Cam saya harus ada Arduino-nya ? Kalo tanpa Arduino bagaimana cara aksesnya ?'. ESP32 Cam adalah modul yang stand alone (bisa berdiri sendiri saat dipergunakan. Artinya ESP32 Cam bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan board Arduino atau modul FTDI atau modul USB to TTL.


Lalu kenapa kita harus perlu Arduino atau modul FTDI atau modul USB to TTL ? Board Arduino, FTDI ataupun USB to TTL diperlukan hanya sebagai jalan untuk kita mengupload coding ke modul ESP32 Cam, mengingat ESP32 Cam tidak memiliki port microUSB atau port printer seperti Arduino. Dengan demikian setelah coding berhasil kita upload ya Arduino-nya bisa kita lepas. Selanjutnya kita hanya tinggal mengkoneksikan ESP32 Cam ke kabel power supply. Untuk power supply-nya kita bisa gunakan Baterai 18650 atau baterai kotak 9v atau kita bisa sambungkan langsung pin power (5v) ESP32 Cam ke bekas charger smartphone.

Nah, ada satu cara mudah untuk melakukan upload coding ke modul ESP32 Cam, tanpa kita harus ribet pasang kabel jumper. Bagaimana caranya ? Jika sampeyan baru mau membeli modul ESP32 Cam, sampeyan tidak harus beli board Arduino atau FTDI atau USB to TTL. Sampeyan bisa membeli ESP32 Cam ditambah ESP32 Cam-MB-USB Programmer. Harganya setara koq dengan FTDI, lebih murah dari board Arduino Nano walaupun memang sedikit diatas harga modul USB to TTL.

Jadi misalnya sampeyan berniat untuk membeli modul ESP32 Cam, saya sarankan sampeyan membeli paket komplit ESP32 Cam (Camera OV 2640) + ESP32 Cam MB Programmer. Paket komplit ESP32 Cam ini kira-kira setara dengan harga Arduino MEGA...kalau tidak salah.

Paket Komplit ESP32 Cam

ESP32 Cam-MB-USB Programmer ini tinggal dipasangkan saja dengan modul ESP32 Cam-nya, karena socket-socketnya sudah sesuai dengan GPIO ESP32 Cam.


ESP32 Cam-MB-USB Programmer dilengkapi dengan chip CH340C, sehingga selanjutnya sampeyan tinggal install driver CH340.
Dilengkapi chip CH340C

Driver ini sama dengan driver yang dibutuhkan saat sampeyan menggunakan Arduino UNO Atmega 328 SMD. Jadi kalo sampeyan sudah pernah menggunakan Arduino type ini, mestinya sampeyan juga sudah pernah install driver CH340. Kalau sampeyan belum pernah install, ya sampeyan mesti search dulu di Google untuk driver ini.

Pada board MB Programmer ini sebetulnya sudah ada juga tombol Reset-nya. Kalo sampeyan belum tahu, setiap kali sampeyan Upload Coding ke ESP32 Cam, terkadang sampeyan perlu melakukan Reset saat tampilan di status sudah Connecting. Atau saat sampeyan perlu membuka Serial Monitor untuk melihat IP Address untuk ESP32 Cam sampeyan, itu juga harus menekan tombol Reset. 

Tapi jangan senang dulu kalo saya kasih tahu soal tombol Reset ini. Entah cuma punya saya saja atau memang tombol Reset pada semua board MB Programmer ini yang tidak berfungsi, karena faktanya saya harus tetap menekan harus tombol Reset yang ada di board ESP32 Cam untuk membuka Serial Monitor. Secara ruang untuk menekan tombol Reset ini sih lumayan lega, dalam arti jari sampeyan bisa nyelip untuk menekan. tidak seperti ketika modul ESP32 Cam sampeyan tancapkan di Breadboard.

Untuk melakukan program (mengupload coding) dari Arduino IDE ke ESP32 Cam dengan MB Programmer ini, sampeyan bisa lakukan seperti biasa jika sampeyan upload coding ke ESP32 Cam menggunakan board Arduino, FTDI atau USB to TTL.

Jika sampeyan belum tahu tahapannya, nanti saya buatkan artikel terpisah ya. Atau sampeyan bisa melihat caranya di artikel 'Membuat Sendiri CCTV Rumahan'. Jika sampeyan ingin mempraktekan uji coba Upload menggunakan MB Programmer, sampeyan bisa mencoba dengan coding berikut ini:

Jika Upload Coding sampeyan benar dan tidak bermasalah, ketika sudah Done Uploading sampeyan akan melihat LED pada modul ESP32 Cam sampeyan berkedip.

Nah, selamat mencoba...

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu