Cuma Punya Smartphone Android, Bisa Tidak Bikin Coding Arduino ? | Tentu Bisa....Pakai Aplikasi ArduinoDroid.apk

Pada saat sampeyan memulai Belajar mengenai Arduino, sampeyan nantinya akan membutuhkan perangkat untuk menyusun, mengedit atau membuat coding untuk project sampeyan. Pada artikel sebelumnya sudah saya tuliskan bahwa sampeyan memerlukan program Arduino IDE yang bisa sampeyan download dan jalankan di PC atau Laptop sampeyan.

Bagaimana jika saya tidak punya laptop atau komputer untuk membuat coding itu ?

Sampeyan bisa koq memakai Smartphone Android yang sampeyan punya untuk membuat atau mengedit coding Arduino sampeyan. Banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang bisa sampeyan download. Salah satunya adalah aplikasi ArduinoDroid.

Alat yang Diperlukan

Untuk bisa melakukan penyusunan coding dengan Smartphone, sampeyan memerlukan :
  1. Perangkat Smartphone Android yang mendukung OTG (setidaknya sudah Android 6).
  2. Keping Arduino atau ESP 32 atau ESP 8266
  3. Kabel USB yang kompatibel, untuk Arduino Uno sama seperti kabel USB printer, kalo Arduino Nano pakai Kabel USB type C.
  4. Kabel atau Adaptor OTG
  5. Aplikasi ArduinoDroid, versi terbaru 6.1.0, kalo sampeyan pakai aplikasi dari Play Store biasanya ada beberapa iklan yang nyempil saat sampeyan selesai mengkompilasi atau mengupload coding

Aplikasi ini diklaim mampu bekerja dengan semua kepung Arduino/ESP. Tapi dari beberapa informasi yang saya baca, sementara ini ArduinoDroid paling baik bekerja pada keping dengan mikrokontroler ATMega 2560 (Arduino Mega) dan ATMega 328P (Arduino UNO dan Nano V3). Sedangkan pada Arduino Leonardo dan Dreamer Nano V4 ada beberapa masalah (konflik) saat coding dikompilasi.

Kabel Printer dan Kabel OTG

OTG adalah singkatan dari On The Go, yang merupakan pengembangan fungsi Smartphone. USB OTG ini memungkinkan sampeyan menghubungkan berbagai perangkat tambahan seperti USB Flash Drive, keyboard eksternal, mouse dan atau perangkat eksternal lain ke port micro USB.

ArduinoDroid ini Gratis di Google Play, cuma ya gitu....karena aplikasi gratisan maka nanti sampeyan akan sedikit terganggu melihat beberapa iklan yang terselip dan tampil. Kalau sampeyan punya dana lebih ya sampeyan bisa upgrade ke aplikasi yang berbayar dengan segala fitur tambahan yang berbeda dengan aplikasi yang gratisan. Ruang penyimpanan yang dibutuhkan pada Smartphone sampeyan kurang lebih 210 MB untuk menyimpan data IDE, Library, kompiler dan file unggahannya.

Langkah Awal, Check Fitur OTG Smartphone Sampeyan dan Install Aplikasinya

Sebagai langkah awal, sampeyan perlu memeriksa apakah Smartphone sampeyan memiliki fitur USB OTG. Coba buka menu Setting di Smartphone sampeyan, klik di menu Other Connections dan cari OTG, aktifkan.

Atau sampeyan coba hubungkan Flash Drive ke Smartphone sampeyan dengan Adaptor (Kabel OTG). Jika flash drive sampeyan bisa terbuka dan terbaca data-datanya maka Smartphone sampeyan hampir bisa dipastikan mendukung fungsi OTG. Setau saya sih hampir semua Smartphone yang terbaru memiliki fungsi ini.

Selanjutnya, download dan install Aplikasi ArduinoDroid. Sampeyan bisa search di Google Play Store, lalu download seperti biasa sampeyan install aplikasi di Smartphone sampeyan.

Langkah Kedua, Menulis Program Coding di ArduinoDroid

Sebelum bisa melakukan langkah pemrograman pada board Arduino, sampeyan harus menyusun terlebih dulu source code-nya. Pada aplikasi ArduinoDroid, sampeyan tidak perlu menyusun programnya di komputer, karena pada aplikasi ini sampeyan bisa langsung membuat sketch (menu untuk menulis kode program) di aplikasi ini.

Kalo sampeyan sudah familier atau pernah membuka Software Arduino IDE di PC atau Laptop, aplikasi ini memiliki yang sama persis dengan software Arduino IDE. Buka aplikasinya lalu sampeyan bisa langsung menuliskan program codingnya. Untuk susunan codingnya bagaimana....nanti ya saya tak belajar dulu...kalo saya sudah ngerti dan bisa nyusun coding sendiri saya pasti akan buatkan artikelnya.

Sementara kita coba pakai coding yang sudah banyak di share para master-master coder Arduino saja. Kita tinggal edit sesuai kebutuhan dan setting yang kita perlukan, tentunya editnya ya pakai ArduinoDroid dong...sesuai dengan artikel ini.
Berikut tampilan coding pada aplikasi ArduinoDroid...

Karena saya pakai ArduinoDroid yang gratisan maka ada tampilan iklan di bagian bawah. Iklan juga nanti akan keluar saat sampeyan selesai melakukan Compile Coding (ikon petir), atau saat sampeyan selesai Upload File.

Langkah Ketiga, Compile dan Upload

Setelah coding Arduino selesai sampeyan tulis atau edit, sampeyan harus meng-compile coding tersebut. Nah, pada aplikasi ArduinoDroid ini, sampeyan bisa langsung meng-compile coding tersebut langsung pada aplikasi ini. Caranya, tekan tombol ikon petir pada bagian atas aplikasi ini.

Jika compile sampeyan tidak bermasalah, tidak ada error pada coding sampeyan, maka sampeyan bisa mengupload codingan arduino tersebut ke papan arduino. Untuk mengupload coding arduino melalui aplikasi ArduinoDroid cukup mudah koq. Ikuti saja langkah berikut ini :

  • Hubungkan papan arduino ke Android dengan menggunakan kabel OTG
  • Pilih type arduino yang sampeyan gunakan dengan klik titik tiga di kanan atas aplikasi, kemudian pilih setting dan pilih Board Type, dan pilih type board arduino sampeyan.
  • Setelah Arduino terdeteksi di Android, sampeyan bisa langsung mengupload codingan Arduino sampeyan.
  • Untuk mengupload coding Arduino sampeyan, tekan tombol bergambar panah download di bagian atas aplikasi, disamping tombol compile tadi.
  • Jika sampeyan berhasil mengupload codingan sampeyan, maka akan ada tulisan Upload Finished, disertai dengan Pop Up iklan....maklum karena kita pakai yang gratisan maka ya terima saja jika ada selipan-selipan iklannya...hehehehehe

Kesimpulannya

ArduinoDroid sangat membantu karena hanya diperlukan Android, yang tentunya akan mempermudah dalam memprogram Arduino saat sampeyan sedang tidak bisa membuka laptop atau PC. Fitur dalam aplikasi inipun sudah sangat lengkap dan mirip seperti fitur yang dimiliki Software Arduino IDE. Hampir semua fiturnya ada di aplikasi ini, cuma tampilannya saja yang berbeda.

Kelebihan aplikasi ini adalah kemudahan membuat coding dimana saja dan kapan saja, karena sifatnya yang portable. Jadi ketika sampeyan dapat ide saat mau edit coding atau menyusun program baru untuk project Arduino sampeyan, sampeyan bisa langsung action membuatnya.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bisa sampeyan jadikan backup tool saat laptop atau PC sampeyan sedang rusak. Atau jika sampeyan adalah teknisi lapangan yang harus melakukan update coding on the spot, sampeyan bisa melakukannya seketika itu juga. Gak perlu repot-repot nenteng laptop atau menunggu sampeyan edit coding dulu.

Kekurangannya sampeyan tidak bisa paste atau menempel code pada editornya. Jadi kalo sampeyan meng-copy source code dari internet, sampeyan tidak bisa serta merta menempelkannya. Tampilan editornya kecil, karena ya dari Smartphone sih...wajarlah kalo tampilannya tidak seluas tampilan monitor komputer.

Ya setidaknya kalo sampeyan ingin belajar ngoding Arduino atau baru mencoba memahami struktur kode bahasa pemrograman Arduino, aplikasi ini sangat membantu untuk belajar. Bahkan hampir semua contoh project Arduino juga sudah lengkap ada koq. Sampeyan bisa menggunakan untuk melakukan uji coba ngoprek Arduino sampeyan.

Selamat belajar ngoding....

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu