Lenovo IdeaPad Slim 3 Harga 7-Jutaan, Terbaik Untuk Yang Punya Bugjet Pas-pasan, Persiapan Senjata dan Amunisi 2021

Sebentar lagi tahun 2020 berakhir...kira-kira 2 minggu lagi, berarti saatnya ancang-ancang membuat rencana untuk tahun 2021, menyusun target yang akan dicapai dan mempersiapkan peralatan tempur yang cukup mumpuni untuk digunakan tahun 2021 nanti. Tahun 2020 adalah tahun yang cukup sulit bagi semua orang akibat Covid-19, dan Pandemi sepertinya belum akan berakhir begitu saja tahun 2021 nanti. Ini artinya masih banyak pekerjaan yang akan dan harus dilakukan secara daring (online), bahkan sekolah-pun kemungkinan besar masih banyak yang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dibanding Pembelajaran Tatap Muka.

Perburuan saya mencari Senjata untuk kerja online tahun 2021 dimulai ketika saya sudah merasa sedikit kesulitan untuk bisa membuat artikel-artikel yang panjang, informatif tapi tetap enak dibaca di website KataTatas ini. Selama ini saya hanya bisa memanfaatkan Smartphone andalan saya untuk browsing sumber artikel, nonton video bahan-bahan tulisan dan mengedit foto-foto yang akan saya jadikan dasar materi untuk artikel saya, sampai menulis artikel. Bisa sih, cuma sedikit kendala kalo saya ingin menulis sebuah artikel yang panjang seringkali jadi bersambung nulisnya karena beda kan ngetik di Smartphone dengan ngetik di Komputer/Laptop. Capek ngetik tulisan panjang di Smartphone....kalo menurut saya, mungkin sampeyan beda dengan saya. Alasan lain adalah membuat tulisan yang tidak langsung selesai itu, endingnya jadi bingung karena seringkali lupa dengan apa yang tadinya ingin saya tulis dan informasikan...akhirnya ya cuma jadi file draft tulisan yang menumpuk pending eksekusi tiada akhir.

Eh koq malah saya jadi curhat...

Ceritanya agar saya tidak muter-muter dari satu toko komputer ke toko laptop lainnya, apalagi di masa pandemi gini, terus nanya-nanya spesifikasi dan laptop yang sesuai budget saya dan belum tentu masuk di range harga laptop ready stock, saya coba browsing dan nontonin review di Youtube. Nonton video aja bingung milihnya mau merk, spesifikasi dan model laptop yang mau dibeli apalagi kalo mesti muter-muter keluar masuk toko. Setelah dengan pertimbangan yang seksama dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, saya putuskan saya mau beli laptop brand 'Lenovo'. 
Alasannya, saya pernah pakai ASUS....2x dengan type berbeda....bagus sih dan lumayan awet, tapi baterai-nya yang cepet rusak dan gak mau di charge. Pernah pakai ACER juga eh monitornya bermasalah, kalo udah ada spot hitam setitik biasanya akan cepat menyebar dan membesar. Jadi pilihannya antara Lenovo dan HP. Kebetulan setau saya banyak teman saya yang orang teknik pakai Lenovo ThinkPad untuk aplikasi software Autocad atau Solidwork lebih enak dan responsif katanya, mungkin karena faktor kartu grafis-nya yang sesuai dan pas untuk modeling 3D. 

Fix...saya pilih Lenovo. Tadinya pengin cari Lenovo type S340....ternyata barangnya sudah ghoib, gak ada di pasaran. Terus coba tanya Lonovo IdeaPad C430 ternyata sudah discontinue katanya lalu saya ditawari Lenovo Flex 5, yang barangnya tinggal 1 unit ditoko itu. Pas saya tanya harganya eh masih di angka 10jt'an...terus yang punya toko bilang 'kalo bugjet sampeyan dibawah 8 juta dengan spek yang mirip-mirip C340, coba tanya di Acer...(sambil nunjuk toko seberangnya)...yang Swift 3 masih di angka 8jt'an dengan spek yang mirip C340 sepertinya' gitu kata engkohnya.

Pindah nyebrang ke toko depan...eh Acer Swift3-nya kosong juga terus ditawari Acer Aspire 3 yang ready stock di harga Rp. 6.700.000-an, katanya Acer lagi diskon akhir tahun. Coba check spesifikasinya...prosesornya pake Intel i3 generasi 10 dengan RAM 4Gb, kartu grafis Intel terintegrasi, SSD 256 termasuk OS Windows 10 Original. Cuma ya itu kalo Intel kan buat grafis-nya agak kurang responsif, makanya terus ditawari Acer Nitro 5 yang di bandrol seharga Rp 13' jutaan (ini udah diskon katanya...). 
Lenovo IdeaPad Slim 3 -14ADA05
Lenovo IdeaPad Slim 3 - 14ADA05 - dok. Pribadi
Tapi karena dari awal sudah kurang sreg dengan brand Acer, akhirnya saya balik lagi ke toko Lenovo dan jeng jeng....dapatlah saya Lenovo IdeaPad Slim 3 -14ADA05. Laptop ini saya tebus dengan harga Rp 6.800.000,- yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 3-3250U. Masih di kelas entry level sih tapi secara performa dan isi daleman gak kalah dengan Microsoft Surface Laptop 3 seharga 11 juta'an. Secara isi SSD aja udah menang Lenovo Slim 3 yang dibekali SSD 256GB sementara Microsoft Surface cuma 128GB SSD-nya. Jadi harga yang lebih mahal belum tentu bisa lebih unggul performa-nya.

Berikut ini review singkat dari saya sebagai pengguna laptop amatiran dan bukan ahli IT....

Spesifikasi Lengkap Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05

Processor AMD Ryzen3 Picasso 3250U (2C/4T)
OS Windows 10 Home 64bit Original
Memory 4GB SO-DIMM DDR4-2666
Display 14" HD (1920x1080 pixel) TN 220nits Anti-glare dengan cakupan warna 45% NTSC
GPU AMD Radeon Graphics Dedicated 2GB
Connectivity WiFi 802.11 2x2 AC, Bluetooth 5.0
Speakers 2x 1,5W menghadap ke depan dan mendukung Dolby Audio
Webcam Privacy Shutter
2 Port USB 3.1 (Gen 1), USB 2.0, HDMI 1.4b, Slot SD Card Reader dan port jack combo audio.

KataTatas tentang Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 Ryzen 3 - 3250U

Kita coba obrolin lebih lanjut satu persatu tentang spesifikasi diatas. 
Berbekal processor AMD Ryzen 3 3250U generasi Picasso yang mengusung dual core 4 thread, Zen yang mampu berlari dengan kecepatan 2,6Ghz dengan Turbo maksimal 3,5GHz bisa dibilang sebagai Laptop kelas Entry Level yang memiliki performa tinggi dan responsif. Tak hanya itu, Lenovo IdeaPad Slim 3 ini juga didukung RAM DDR4 berkapasitas 4GB dengan kecepatan 2400 MHz (2666MHz) dengan 1 slot RAM kosong yang bisa ditambah (diupgrade) hingga 16GB.
Lenovo IdeaPad Slim 3 -14ADA05
Stiker AMD Ryzen 3 di body Laptop - dok. Pribadi
Guna lebih memaksimalkan kinerjanya, Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 dilengkapi dengan media penyimpanan SSD M.2 256GB PCIe 3.0x2 2242 NVMe. Media penyimpanan ini memberikan performa transfer rate yang tinggi dengan konsumsi daya efisien. 

Tadinya pas ditawarin, saya sudah tanya ke si mas Salesnya 'SSD-nya bisa diupgrade atau mesti tambah hardisk gak mas ?' dijawab si masnya 'bisa koq kalo mau tambah Harddisk udah ada slot-nya'. 

Deal dan buka segel kardus.... 
Eh ternyata setelah dibuka (pas mau tambah RAM), posisi dan ukuran baterainya panjang (3 cell) sehingga kalo mau tambah media penyimpanan (HDD SATA mekanik) harus ganti baterai dari yang 3 cell jadi 2 cell dulu dan harus beli soket HDD-nya. 
Solusinya: 'bisa koq ganti SSD-nya pak.... Tapi harus ke service centre karena Windows-nya Original kan tertanam di SSD dan yang punya kode aktivasinya cuma service center pak'
Tepok jidat deh saya...ya sudah saya pake Hard disk eksternal aja deh buat simpan data.

Pada sisi grafisnya, Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 dibekali GPU (Graphics Processing Unit) yang terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 3 iGPU tanpa tambahan grafis diskrit (terpisah). Dari pengalaman pakai PC Dekstop, AMD Radeon lebih powerfull untuk menangani desain grafis,  dibanding nVidia yg biasanya disandingkan dg processor keluaran Intel. GPU AMD ini mengusung 192 shader core dengan arsitektur Vega yang mampu berlari dengan kecepatan sampai 1000MHz, meskipun dengan antarmuka memory system shared sampai 2GB. Jadi kalo sampeyan cuma punya RAM 4GB maka RAM sampeyan akan 'dipinjam' GPU AMD 2GB, praktis RAM sampeyan tinggal 2GB. Itulah makanya menurut saya, sampeyan mesti upgrade RAM dulu minimal tambah 4GB lagi. 

Dari segi konektivitas, Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 ideal untuk komputasi menengah dan multimedia karena cukup lengkap koneksinya. Mengandalkan WiFi 802.11 2x2 AC, Bluetooth 5.0 Combo, 2 Port USB 3.2 Gen1, Port USB 2.0, Port HDMI, Slot Card Reader dan port combo audio jack 3.5.
Lenovo IdeaPad Slim 3 -14ADA05
Port Charger, HDMI, USB 2.0 dan USB 3.2 - dok. Pribadi

Lenovo IdeaPad Slim 3 -14ADA05
Port Audio Headphones dan Slot SD Card Reader
Laptop ini juga dilengkapi AccuType keyboard yang nyaman untuk mengetik dalam waktu yang lama....walopun masih belum ada backlight pada keyboardnya. 

Pada sisi display-nya, Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 mengandalkan layar berukuran 14 inch yang menggunakan teknologi panel TN (Twisted Newmatic) LCD LED backlight dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang didukung kemampuan anti-glare. Layar notebook AMD Ryzen 3 ini diklaim mampu menghasilkan kecerahan hingga 220 nits dengan cakupan warna 45% NTSC. 
Display TN 14 inch - dok. Pribadi
Dengan ukuran layar 14 inch ini, Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 cukup ideal untuk kegiatan komputasi sehari-hari, menangani file-file Office untuk bisnis dan kegiatan editing konten kreator pemula. 
Lenovo IdeaPad Slim 3 Ryzen 3
Uji Coba Untuk Desain Rumah Type 42 dengan Software 3D - dok. Pribadi

Dari dimensinya sendiri Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 terbilang lebih ringkas, compact dan cukup ringan dengan berat total 1,6kg (laptop+charger). Jadi gak akan bikin punggung dan pinggang encok se-encok kalo bawa Toshiba Satellite jadul. Namanya saja sudah Slim ya ilok ah kalo barangnya gak Slim. Laptop ini mudah dan ringan untuk dibawa kemana-mana....apalagi untuk travel blogger, cocok deh pokoknya.
Lenovo IdeaPad Slim 3 -Ryzen 5-4000
Kompak dan Slim - dok. Pribadi

Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 ini sudah dilengkapi amunisi OS Windows 10 Home x64 Original dan Microsoft Office Home and Student 2019 yang Original serta berlaku seumur hidup....jadi gak akan bermasalah kalo mesti dibawa-bawa ke Luar Negeri. 
Traveling ke Luar Negeri sambil bikin artikel Trip? Siap thok nuh.... 
Masalahnya yang mau jadi Sponsor-nya belum ada.... 😂😂

Secara Software bawaan, Laptop Lenovo ini sudah disematkan Software bawaan Lenovo Vantage yang merupakan software yang lengkap untuk ngoprek dan memaksimalkan kinerja si IdeaPad Slim 3 ini. Dalam Lenovo Vantage, sampeyan akan menemukan banyak pengaturan yang sangat membantu memaksimalkan Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 ini. 
Misalnya, di sektor Power (baterai) ada fungsi Rapid Charging....jika fungsi ini dinyalakan sampeyan cuma butuh waktu 30 menit'an untuk charging laptop ini 100%. 
Lenovo Vantage Software
Fitur Rapid Charge, Conservation Mode dan Flip To Boot - dok. Pribadi

Fungsi Conservation Mode yang berfungsi untuk menjaga baterai tidak cepat rusak dan soak dengan membatasi kapasitas pengisian baterai yang akan diisi sebesar 55% - 60%...artinya ketika baterai di charge pada saat sudah mencapai limit kapasitas maksimal (60%), arus pengisiannya akan diputuskan secara otomatis, walaupun kemudian fitur ini akan membuat laptop ini akan lebih cepat low batt. Satu lagi fitur yang menarik di sektor Power ini adalah Flip to Boot yang otomatis akan langsung menyalakan (booting) si Slim ini ketika Laptop di buka monitornya. Jadi gak perlu menekan tombol Power On saat posisi Laptop ter-Shutdown.

Lalu fungsi yang menarik di Audio yaitu Interactive E-Course mode...yaitu fungsi yang berguna untuk Pembelajaran Online (Jarak Jauh) ketika ada interaksi suara antara guru dan siswa. 
Lenovo Vantage
Dilengkapi Fitur Interactive E-course mode - dok. Pribadi

Saat fungsi ini diaktifkan maka fungsi Dolby Audio akan berubah secara otomatis ke mode Suara (Voice). Sementara itu, fitur beamforming, acoustic echo cancellation, dan noise keyboard akan ditekan sedemikan rupa untuk meningkatkan input suara. Mendukung banget buat Pembelajaran Jarak Jauh atau Zoom Class ini, recomended banget buat para guru deh laptop ini.

Fitur lain yang menjadi andalan Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 ini adalah fitur Camera Privacy Mode. Mode ini bisa difungsikan menggunakan toggle mekanik di bagian camera yang akan menutup saat digeser (kameranya terlihat tertutup berwarna merah). Atau bisa juga menggunakan fitur Camera Privacy dalam Lenovo Vantage pada saat sampeyan tidak ingin terlihat di kamera saat sedang online....setidaknya bisa mencegah terjadinya video viral 19 detik yang wow itu.
Lenovo IdeaPad Slim 3 -14ADA05
Fitur Camera Privacy Mode - dok. Pribadi

Oh iya satu lagi kelebihan Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 adalah layar monitornya yang bisa 'rebahan' dibuka 180 derajat. Saya sebetulnya kurang paham juga apa sebenarnya yang melatar belakangi desain seperti ini, tapi lumayan kerenlah...saya jadi bisa jika harus melakukan presentasi dengan posisi berdiri...bisa tetap mengetik sambil memberikan presentasi dengan posisi berdiri. Atau mungkin harus ngetik di gang yang sempit dengan posisi keyboard dan monitor harus flat berdiri....tapi ya mosok harus sekurang kerjaan begitu...hehehehe
Dibuka posisi 180 derajat - dok. Pribadi

Kekurangannya

Tidak ada kelebihan tanpa kekurangan. Kekurangan Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 yang paling terlihat adalah body-nya yang menggunakan bahan plastik Policarbonat yang walaupun dilapisi warna yang terlihat sekilas seperti metal, tetap saja adalah plastik yang dengan mudah meninggalkan cap-cap sidik jari di permukaannya. Yang pasti harus sering dilap jika ingin tetap terlihat bersih body laptopnya.

Kekurangan yang lain adalah seperti yang saya ceritakan diatas, walaupun sebetulnya ada ruang, seperti di Lenovo generasi sebelumnya S340, C340 yang bisa ditambahkan HDD, pada laptop IdeaPad Slim 3 ini baterai yang panjang (3 cell) sedikit menyulitkan jika ingin melakukan upgrade Media Peyimpanan File. Jadi kalo sampeyan ingin tambah HDD SATA atau SSD SATA maka sampeyan mesti ganti baterai dan beli socket untuk konektor dari HDD/SSD ke mainboard-nya.

Karena RAM yang 4GB sudah tersolder dimainboard maka penambahan hanya bisa dilakukan di 1 slot kosong. Itupun maksimal hanya bisa ditambah dengan RAM 16GB jadi nantinya total RAM menjadi 20GB (maksimal). Perlu diperhatikan juga saat pembelian RAM tambahan karena RAM yang sudah tersolder menggunakan DDR4 2666 yang kecepatannya mentok di 1333MHz jadi sekalipun sampeyan upgrade dengan DDR4 3200 maka frekuensi kecepatan yang terbaca ya akan di 1333MHz itu.

Kesimpulan

Dengan segala kelebihan (walaupun ada kekurangannya) Lenovo IdeaPad Slim 3 14ADA05 dengan Processor Ryzen 3 3250U masih termasuk laptop murah yang tidak murahan. Oh iya, Microsoft Office Home and Student 2019 yang sudah include saat pembelian laptop ini FREE ya. Sementara kalau sampeyan harus beli dan install sendiri Software Office tersebut, yang Original harganya Rp 1.799.000.

Kalo saya sih beli Laptop ini karena dananya cuma ada segitu...hehehe. Kalo punya dana 11juta'an mungkin saya akan beli Lenovo Flex 5i atau mungkin Acer Nitro 5 atau Lenovo Legion mungkin. Ya buat saya sih Lenovo IdeaPad Slim 3 ini sudah lebih dari cukup koq buat ngetik artikel seperti artikel ini...

Aku sih iyesss-lah....
Post Navi

Post a Comment

3 Comments

  1. Kalo buat design kaya premiere sama Photoshop aman ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Photoshop sih masih aman asal RAM-nya di upgrade tambah RAM lagi....kalau buat Premiere kaya'nya berat deh pas render-nya nanti....

      Delete
  2. Kalo buat design lancar gan?

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

Close Menu