Gimana Caranya Side Hustle Sambil (Masih Tetap) Kerja Dengan Gaji UMR ?

Side hustle itu apa ? Mungkin pertanyaan ini yg ada dibenak sampeyan saat membaca Judul dari artikel ini. Side hustle adalah segala jenis pekerjaan yang dilakukan selain pekerjaan penuh waktu. Side hustle ini seringkali merupakan pekerjaan yang disukai seseorang dan bukan pekerjaan yang sehari-harinya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Biasanya aktivitas ini merupakan kerja borongan dan bersifat lepas namun tak jarang bisa menghasilkan serta memberikan income tambahan (dan kadang bisa menghasilkan 3x lipat dari income utama).

Side Hustle - Project Linear Slider

Lalu apa bedanya Side hustle dan Side Job ?
Side job adalah pekerjaan sampingan yang masih melibatkan orang lain (ada boss atau atasan) dengan jam kerja yang ditentukan (oleh si boss) dan dibayar sesuai dengan pekerjaan yg diminta, misalnya sampeyan punya pekerjaan sebagai buruh pabrik sepatu dari jam 07.00 WIB - 16.00 WIB terus dari jam 17.00 WIB sampai jam 22.00 WIB kerja lagi jadi tukang cuci piring di Warteg Karisma. Ini artinya sampeyan punya Side job sebagai tukang cuci piring...gitu.

Sedangkan Side hustle memberi sampeyan kebebasan kapan akan dikerjakan, seberapa banyak waktu yang ingin digunakan dan seberapa besar income (tambahan) yang ingin dicapai. Seperti misalnya saya nulis artikel di Web ini. Saya bebas memutuskan kapan saya ingin menulis, seberapa banyak waktu yang ingin saya habiskan untuk menulis serta seberapa besar target income yang ingin saya capai dari hasil tulisan dan konten-konten saya ini. Atau sampeyan terima project bikin suatu alat yang sampeyan suka bikin dari teman sampeyan yang sampeyan kerjakan di hari Sabtu - Minggu pas hari libur. Itu Side hustle....

Oke....kita fokus di pembahasan Side Hustle aja ya....

Bagaimana memulai dan Pekerjaan apa saja yang memungkinkan jadi Side hustle ?

Untuk memulai Side hustle, sampeyan harus punya passion untuk melakukan suatu hal...terutama apa yang sampeyan sukai. Karena Side hustle ini tidak akan berhasil jika sampeyan tidak menyukai apa yang sampeyan ingin lakukan. Ingat ya...Side Hustle ini mungkin awalnya tidak menghasilkan uang, tidak ada yang membayar atau mendatangkan income yang menjanjikan. Makanya, mulai dulu dari apa yang sampeyan suka, lalu mulai belajar meningkatkan skill...baru setelah itu coba tawarkan skill sampeyan melalui aplikasi freelancer seperti misalnya Fiverr. Atau sampeyan suka masak, suka membuat alat atau suka bikin animasi, video atau desain. Sampeyan bisa bikin Channel Youtube dan mulai mem-videokan aktivitas sampeyan....jadi Content Creator gitu.

Nah, ada 10 Skill yang bisa sampeyan perdalam lagi dan cukup menjanjikan kalo sampeyan berhasil menjadikannya sebagai Side Hustle

  1. Social Media Management. Jika sampeyan pengguna aktif Social Media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sekarang Tik Tok, sampeyan bisa sambil mempelajari apa itu Social Media Management. Media Sosial, jika sampeyan bisa memanfaatkan dengan baik dan benar....gak cuma buat media Ghibah atau Flexing, bisa menjadi Media yang sangat ampuh buat jualan, meningkatkan brand awareness dan banyak lagi tool-nya yang bisa jadi senjata bisnis. Dengan kondisi seperti sekarang, sangat besar kemungkinannya banyak perusahaan yang mulai sadar dengan kekuatan Sosial Media ini. Nah, jika sampeyan bisa menjadi seorang yang mampu memaksimalkan tool bisnis di Sosial Media, akan banyak perusahaan yang minta sampeyan bantu sisi Manajemen Sosial Medianya.
  2. Web and Mobile Development. Karena pandemi banyak hal yang kemudian mulai Shifting ke dunia online. Apalagi nanti jika benar ada sebuah dimensi baru, dimensi Metaverse, peluang untuk menjadi besar di dunia online terbuka sangat lebar. Banyak orang atau perusahaan yang nantinya (atau bahkan mulai sekarang) butuh dukungan Website dan Perangkat Mobile yang bisa mengikuti perkembangan. Belum lagi dunia Game Online (bahkan judi online) yang butuh orang-orang yang mampu men-develop perangkat, software atau aplikasi yang dibutuhkan untuk bisa eksis di dunia online.
  3. Internet Research. Saat ini banyak hal yang diukur dari parameter yang ada dan disediakan secara online. Misalnya penentuan harga barang, riset pasar, mempelajari trend dan banyak lagi komponen-komponen marketing yang bisa di set up dengan acuan data yang ada di Google Trend, Google Analytic atau Marketplace. Ini kan artinya akan sangat dibutuhkan seseorang yang bisa membantu perusahaan-perusahaan startup untuk melakukan Riset di dunia internet bukan ?
  4. Content Writer, Web Designing, Graphics Designing. Masih seputar dunia internet, perkembangan computer dan internet saat ini membutuhkan banyak orang yang bisa mengerjakan segala sesuatu yang berkaitan dengan per-online-an. Nah kalo sampeyan bisa memperdalam skill sebagai Content Writer, Content Creator, Graphics Design, Animator, Web Designing bukankah peluang untuk dapat order seputar dunia online ini sangat menjanjikan ?
  5. Data Entry, Accounting dan Perpajakan, Consultant, Recruiter. Banyak perusahaan yang saat ini mencoba untuk memangkas pegawai yang sifatnya hanya untuk administrasi dan pekerjaannya tidak perlu dilakukan setiap hari. Artinya ada pekerjaan-pekerjaan insidential yang sebetulnya bisa dilakukan oleh para freelancer tanpa perusahaan harus membayar gaji tetap setiap bulan, tunjangan jabatan bahkan tunjangan hari raya. Disini ada peluang untuk sampeyan ambil job-job nya dan bisa sampeyan kerjakan di rumah atau dimasa saja. Seperti Consultant dan Recruiter, kan pekerjaan ini bisa dilakukan oleh seorang yang indipendent dan tidak terikat dengan perusahaan...toh biasanya hanya dibutuhkan untuk sekali atau dua kali konsultasi project dalam setahun, atau merekrut pegawai kan tidak dilakukan setiap hari tho. Apalagi sekarang bisa dilakukan secara online Zoom atau yang lainnya.

Cara memperdalam skill (Money Management)

Saya kan cuma fresh graduate yang tidak menguasai skill-skill tersebut yang bisa ditawarkan jasanya, terus saya harus bagaimana ?
Disini Point pertama yang diperlukan untuk bisa sukses melakukan Side hustle, yaitu Manajemen Uang (Money Management). Apa maksudnya Manajemen Uang ini ? Begini penjelasannya...

Segala sesuatu itu BUTUH modal. Nah, Side hustle ini perlu sesuatu untuk bisa meng-upgrade skill sampeyan bukan. Hal ini bisa sampeyan capai dengan menyisihkan 'sedikit' dari gaji UMR sampeyan untuk biaya belajar....biaya kursus...yang merupakan bagian biaya investasi yang mesti sampeyan siapkan. Tidak perlu sampai jutaan, coba saja sampeyan Googling penyedia jasa kursus online untuk skill-skill yang saya sebutkan diatas. Bisa di Udemy, Skillshare, Masterclass, Udacity, Coursera dan banyak lagi. Atau mungkin sampeyan bisa memanfaatkan fasilitas dari Kartu Pra Kerja yang menjadi janji kampanye dan sempat ramai dibicarakan di awal Pandemi kemarin.

Sayangnya, para penerima Kartu Pra Kerja ini kurang kreatif, karena dari data banyak penerima Kartu Pra Kerja yang berbondong-bondong belajar dunia perkopian. Dari yang belajar jadi Barista, belajar Bisnis Coffee Shop, yang artinya kan semakin banyak orang yang belajar dunia per-kopian berarti sisi konsumennya akan semakin sempit dan sisi persaingannya akan semakin keras. Atau dari sisi penyedia Pelatihan yang kurang inovatif yang akhirnya 'cuma' membuka kelas Yoga (demi bisa ikut menikmati uang subsidi pemerintah di mas pandemi).

Apapun itu yang ingin sampeyan pelajari, sampeyan toh bisa belajar dari mana saja. Bahkan dari video tutorial Youtube-pun sampeyan bisa belajar banyak hal. Daripada cuma nontonin Channel Youtube yang isinya cuma bagi-bagi uang dan atau konten Flexing-flexing pamer kekayaan. Mending sampeyan nonton Youtube Channel saya yang isinya tutorial Mikrokontroller...he...he..he

Perlu Konsistensi dan Disiplin (Time Management)

Ini yang agak sulit....Mengatur waktu. Kalo dari pengalaman yang saya coba jalani (sampai saat ini), saya atur waktu untuk melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan Side hustle, seperti nulis artikel atau bikin konten video Youtube atau bikin alat yang dipesan client, itu saya lakukan dari jam 21.00 WIB sampai jam 00.00 WIB (kadang kurang....kadang lebih).

Masih Jam Belajar Meningkatkan Skill

Jadi jam kegiatan saya tuh sudah mulai dari jam 05.00 WIB pagi, jam 06.00 WIB sampai jam 18.00 WIB saya kerja sebagai karyawan biasa seperti orang-orang pada umumnya. Bukan seorang yang punya jabatan atau jadi boss sebuah perusahaan. Gaji....jangan ditanyalah...nanti kalo saya ceritain disini ada boss yang tersinggung, jadi ya kurang lebih segitulah kira-kira. Koq saya malah jadi curhat...he...he...he.
Dari jam 18.00 WIB sampai jam 21.00 WIB, saya alokasikan waktu untuk keluarga. Bermain dengan anak, ngobrol sama pasangan dan lain-lain. Nah, jam 21.00 WIB mulailah saya gelar perlengkapan tempur, nyalakan lonceng...eh nyalakan laptop...dan mulailah saya belajar sambil praktek ngoprek bikin-bikin sesuatu. Tidak ada waktu untuk nontonin Layangan Putus atau Ikatan Cinta....wong TV di ruang tamu saja cuma jadi pajangan pemantes ruang tamu, biar kaya rumah orang-orang normal😅😂.

Males...jangan ditanya....kadang ya sehari dua hari males saya bikin konten atau bikin artikel. Tapi demi Konsistensi yang sudah saya niatin ya akhirnya bergerak lagi...nulis lagi...bikin video lagi.

Yang menarik adalah hasilnya, sehingga saya tetap mencoba konsisten demi bisa ngumpulin bekal pensiun dan biar bisa keliling dunia suatu hari nanti. Dari 1 project bikin alat, kalo saya agak greedy semuanya saya kerjakan sendiri, saya bisa dapat 3x gaji sebulan untuk pengerjaan alat sekitar 1 - 2 minggu. Untuk hasil dari website, iklan adsense, iklan ezoic, jualan online....belum seberapa sih, cuma untungnya dari semua itu kalo urusan kuota internet saya mah unlimited boss...tidak pernah kekurangan jadi gak perlu juga korupsi nyolong-nyolong nebeng WiFi kantor.

Terus kenapa saya masih berstatus karyawan sampai saat ini....alasannya ya karena saya masih punya cicilan yang harus saya bayar sesuai dengan tanggal jatuh temponya. Lha kan dari Side hustle yang saya kerjakan masih belum lancar tiap bulan ada project. Yah untuk saat ini sih masih lumayanlah, cukup untuk menahan saya ikutan barisan demo Serikat Pekerja...walopun gaji saya masih UMR dan tahun ini cuma naik paling Rp 50.000,-

Lagian ntar apa kata tetangga....gak (kelihatan) berangkat kerja, di rumah saja tapi bisa hidup berkecukupan. Bisa-bisa disangka ternak Robot ntar saya...eh si Robot sekarang malah bertumbangan dan zonk....

Mengutip kata-kata Dr. Gema "Jangan pernah berhenti belajar, karena dunia tak kan pernah berhenti mengajar"

Mau dapat penghasilan lebih....Kerja...Kerja

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu