Cara Jualan Foto Dibayar Dollar Agar Nggak Cuma Bikin Penuh Memory Handphone Doang | Shutterstock Contributor.apk

Sampeyan suka iseng foto-foto menggunakan handphone/smartphone ? Penasaran hasil foto sampeyan bagus atau gak menurut orang lain ?
Kenapa gak coba dijual saja.... 😊🤭, lumayan kan kalo laku dijual... 

Eh emang bisa ya dijual ? Bisa dong....daripada gabut pusing cari sampingan yg gak jelas...mending jualan foto aja. Apalagi kalo stok hasil foto sampeyan ribuan, percaya deh pasti ada yg tertarik beli foto sampeyan.

Trus gimana caranya.... Sini saya kasih tau caranya. Install aplikasi-nya dulu... Bisa klik disini... 

Saya sih baru coba upload beberapa foto dan memang belum ada yg terjual. Karena kalo dari review yang fotonya udah laku terjual, kita mesti membangun image galeri kita dulu. Ini yang agak susah dan perlu proses. Saat sampeyan upload foto, foto sampeyan akan direview dulu....layak jual atau tidak. Terus paling gak kita mesti punya stok lebih dari 200 foto yang sudah terupload di galeri Shutterstock kita. 
Ya memang segala sesuatu yang menghasilkan itu akan berat di awal. Tapi percaya deh, kalo udah ada sekitar 1000-an foto di galeri Shutterstock kita, bisa tiap bulan, tiap minggu atau bahkan tiap hari akan ada orang yg beli foto-foto kita. Tinggal nyayur deh.... 
Screenshot Hasil Jualan Foto di Shutterstock - dok. Pribadi
Trus foto kita akan dihargai berapa? 
Untuk 1 foto, biasanya akan dihargai minimal $0.1, bisa lebih....bahkan bisa 1 foto dihargai $50. Tergantung paket dan lisensi yang dibeli si pembeli. Kita tidak bisa menetapkan harga jual foto kita....gak usah pusinglah ngitung-ngitung dan mikirin kita akan dapat uang berapa. Yang penting upload dan jual aja dulu....daripada foto sampeyan cuma jadi koleksi pribadi dan bikin penuh memory hape.

Tapi saya gak punya kamera DSLR atau kamera Mirrorless atau kamera yang mahal seharga juta-juta'an. Tenang aja om bro....foto yang sampeyan hasilkan dari kamera hape sampeyan juga cukup koq. Yang penting ukuran foto sampeyan lebih dari 4MP (4 Mega Pixel), jaman now mah hampir bisa dibilang kamera hape itu rata-rata sudah diatas 4MP hasil fotonya.

Daftar Jadi Kontributor

OK kita mulai aja ya...
Pertama-tama, cari Aplikasi Shutterstock Contributor di Play Store sampeyan. Sekali lagi yang ada Contributor-nya ya...jangan yang biasa. Kalo sampeyan cuma ingin beli foto, vector, gambar atau video sih boleh sampeyan install Shutterstock yang biasa, tapi ini kan kita mau jualan foto   ya kan. Atau klik aja gambar dibawah ini...

Setelah Shutterstock Contributor-nya terinstall, sampeyan tinggal masuk, klik Get Started dan isi data-data pribadi sampeyan.
Get Started - dok. Pribadi
Sampeyan akan diarahkan ke halaman berikut ini:
Isi UserName dan Password Aplikasi - dok. Pribadi
Isi Full Name sesuai dengan nama di e-KTP atau NPWP. Selanjutnya buat Display Name, isi email dan password. Jangan lupa checklist untuk menyatakan umur sampeyan udah 18 tahun atau lebih. Bagaimana jika umurnya belum 18 tahun? Sampeyan bisa pakai nama orang tua....karena ini nantinya terkait dengan pencairan uang yang sampeyan peroleh, maka akan lebih save jika sampeyan pinjam data pribadi orang tua sampeyan. 

Setelah klik Next, segera check email yg sampeyan gunakan untuk konfirmasi pendaftaran akun tadi. Dari link konfirmasi di email nanti sampeyan akan diminta melengkapi data-data pribadi untuk akun sampeyan, seperti ini... 
Isi Data Alamat Kontributor - dok. Pribadi
Setelah alamat surat menyurat terisi lengkap,  klik Next....sampeyan akan dibawa ke halaman berikut ini
Halaman Welcome - dok. Pribadi
Dari sini sampeyan bisa mencoba untuk upload foto pertama sampeyan. 

Saya sih sudah coba 7x upload sekitar foto....ada foto yang sama yang coba saya upload tapi masih ditolak dg alasan foto saya kurang fokus, goyang atau ada yg kurang jelas fotonya. Sampai saat ini baru 2 foto yang berhasil di approve....jadi galeri saya baru isi 2 foto, besoklah saya coba upload foto yang lain. Untuk soal upload ini nanti saya buatkan artikel sendiri aja kali ya.... 

Proses Upload Foto

Kurang lebih sih begini caranya.... 
Klik Start Here - dok. Pribadi
Sampeyan akan diarahkan pilihan buka Galery atau pilih ambil foto langsung dari Camera. 
Misalnya sampeyan pilih foto yg di Galeri trus klik Upload
Proses Upload - dok. Pribadi
Tunggu sampe bar Uploading 100%, selanjutnya isi Keyword. Sampeyan bisa pilih sampai 50 Keyword, manfaatkan dg mengisi keyword sebanyak mungkin. 
Isi Keyword, Description dan Categories - dok. Pribadi
Jangan lupa isi Description sedapat mungkin menjelaskan Deskripsi dari foto yg sampeyan Upload. Untuk Categories, sampeyan bisa pilih maksimal 2 kategori. Untuk Additional Info, sampeyan skip aja lalu klik Submit.
Status Pending - dok. Pribadi
Setelah sampeyan submit foto sampeyan, maka foto sampeyan akan berstatus Pending. Disini foto sampeyan sedang di review oleh team Shutterstock.
Status Approved dan Not Approved - dok. Pribadi
Kalau dari team Shutterstock dinyatakan OK, maka di foto sampeyan akan berstatus Approved dan tampil di Galeri sampeyan. Seandainya Not Approved, berarti foto sampeyan ada kekurangan dan dinilai tidak layak jual. Sampeyan bisa Upload ulang dengan mengganti Deskripsi dan Keyword atau coba Upload foto lainnya. 

Jangan menyerah, coba cari foto terbaik sampeyan lalu coba Upload lagi

Terus kalo foto saya terjual, bagaimana cara pencairan uang saya? 
Ini saya ceritakan di artikel lainnya nanti ya...
Yang pasti sampeyan harus membuat akun PayPal terlebih dahulu, atau akun Payoneer, atau Skrill.
Pilih Salah Satu Cara Pencairannya - dok. Pribadi
Saat ini saya masih mencoba membangun Galery saya dulu, semoga bisa segera ada 200 foto yg berhasil di Approved. 

Pokok'e No Pain No Gain-lah.... 
Semangat.... 

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu