Membuka Kado "Koentji" dari Pemilik Usaha Koentji Indonesia | Unboxing

"Koentji" adalah sebuah brand lokal besutan UMKM lokal Indonesia yang ber-Homebase di Kartasura, Solo. Mengusung tagline 100% Genuine Leather - 100% Indonesia, Koentji Indonesia berusaha menghadirkan produk yang berkualitas dari kulit asli kelas premium.

Banyak cerita (dan mungkin derita hehehe) yang harus dilalui, sampai akhirnya Koentji Indonesia bisa memberikan jaminan kualitas produk sebagaimana tagline-nya. Dari cerita bagaimana usaha, perjuangan dan doa yang dilakukan, mbak Mutiara, sang Pemilik Usaha Koentji dalam merintis usahanya. Diawali dari coba-coba mencari vendor UMKM pembuat tas yang berujung gagal produk, karena kualitasnya tidak sesuai keinginan si pemesan. Kegagalan produk ini mengakibatkan kerugian puluhan juta di awal perjalanan bisnisnya. Tapi ya begitulah bisnis...tidak selalu cerita keuntungan dan profit saja yang didapat, tidak saja cerita tentang lompatan tinggi yang tercipta. Bisnis itu selalu ada untung...dan akan selalu ada rugi. Selalu ada kejatuhan sebelum mengalami kebangkitan.

Cerita lengkap tentang bagaimana awal mula mbak Mutiara memulai bisnis ini, bisa dibaca di artikel kabaresolo.comdisini.

Bagaimana dengan produknya ? Nah...kebetulan saya dikadoin (yang dipaketkan langsung) oleh mbak Mutiara dan suaminya. Matur Nuwun ya mas Wawan dan mbak Mumut untuk kadonya. Berikut ini tampilannya :

Dompet Couple Koentji

Dompet Kulit Koentji
Dompet Couple "Koentji"
Kulitnya asli kulit sapi. Koq tau...bagaimana produk ini dari kulit asli dan kulit sintetis ? Cara yang paling mudah adalah adalah dari aroma bahan kulitnya. Produk dari kulit sintetis akan beraroma seperti plastik (atau mungkin malah tidak ada aromanya) sedang produk dari kulit asli akan beraroma khas kulit.

Langkah kedua adalah dari tekstur pori-porinya. Produk berbahan sintetis cenderung berpori sangat rapi, teratur dan monoton, sementara produk dari kulit asli tekstur pori-porinya cenderung kasar dan tidak teratur.

Sebetulnya ada cara yang ekstrim untuk mengetahui keaslian produk berbahan kulit, yaitu dengan cara dibakar. Tapi ya eman-eman kalo saya sampai membakar produk ini, walaupun saya dikasih gratis ya tetap sayang. Karena walaupun produk ini berbahan 'Genuine Leather' bukan 'Man-made Leather' atau 'Syntetic Leather' kalau sampeyan coba bakar ya tetap saja akan terbakar (walau butuh waktu yang lama terbakarnya). Bedanya, pada saat terbakar aroma yang tercium dari produk kulit asli akan seperti aroma rambut terbakar, sedangkan pada produk kulit sintetis akan lebih cepat terbakar dan baunya seperti plastik terbakar.

Dari kualitas Jahitan, Produk Koentji ini termasuk rapi jahitannya dan lurus, sepertinya walaupun ini adalah produk asli untuk jahitannya tetap dilakukan dengan mesin yang menggunakan 2 benang. Uniknya, Koentji Indonesia menjamin dan memberikan garansi untuk kerusakan jahitan dan bahan pendukungnya seperti resleting, kancing dan lain-lain.
Bila kemudian ada kerusakan jahitan atau bahan pendukung seperti misalnya resletingnya baru di pakai sebulan dua bulan sudah jebol (dalam jangka waktu pendek), maka Koentji Indonesia bersedia memperbaikinya secara gratis. Biaya yang timbul dan dibebankan pada konsumen hanyalah harga bahan yang dibutuhkan (jika ada penggantian) dan ongkis kirim barangnya. Sedangkan untuk jasa perbaikannya Gratis.

Nah...daripada memakai produk-produk tiruan dan kawe-kawe'an yang memiliki kualitas dan jaminan yang entahlah, mending beli produk UMKM yang memang oke harganya, berani kasih jaminan dan berani diadu kualitasnya kan. Lagi pula malu kan kalau sudah terlanjur pamer tas atau barang branded merk 'Montblanc', 'Gucci', dan kawan-kawan yang katanya harganya puluhan juta...eh ternyata ketahuan itu barang KW...barang tiruan yang baru dipakai sebulan udah buluk dan gak pantes dipamerin lagi. Mending pakai yang Original kan...

Berbagai varian produk "Koentji" - dok. Instagram
Untuk Info Produk, berapa harganya, bagaimana cara ordernya dan lain-lainnya, sampeyan bisa kepoin link-link-nya Koentji Indonesia sbb:

Instagram : @koentji.id
Facebook Fanspage: www.facebook.com/koentji.id/
Contact : +6281356760248
Tokopedia : Lariso bendino

Jangan lupa sebut nama saya....niscaya sampeyan akan disambut dengan meriah...hehehehe
Semoga review saya ini berhasil menyesatkan sampeyan untuk berbelanja sebanyak-banyaknya...
Selamat berbelanja produk "Koentji"
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu