Baru Tahu Saya....Ternyata LCD Nokia 5110 Bisa Dipakai Sebagai Interface Display Arduino

Buat sampeyan yang hobi ngoprek Arduino, mungkin belum tau yang ini, seperti saya yang baru tau. Tadinya saya kira Komponen untuk digunakan sebagai Part Display itu ya LCD 16x2, LCD 20x4 atau OLED pada suatu alat (rangkaian) Arduino....cuma itu yang bisa. Eh ternyata ada komponen jadul yang dulu digunakan di Handphone bisa dipakai sebagai papan display. Dan itu adalah LCD Nokia 5110, yang pada jamannya Handphone ini sempat jadi HaPe sejuta umat.

Modul LCD Nokia 5110 memiliki resolusi 84x84 pixels dengan tegangan operasi normal untuk pengaksesannya 3,3 Volt. Resolusi dot matrix 84x84 ini terdiri dari 4 karakter dan menggunakan driver PCD8544 serta komunikasi antar muka SPI (Serial Pripheral Interface).

Fitur yang dimiliki Modul LCD Nokia 5110 antara lain:
  • Resolusi 84x84 dot matrix dengan 4 baris karakter.
  • Mendukung berbagai jenis unit mikrokontroler seperti Arduino, AVR, SPI dsb-nya
  • Kecepatan transfer (transfer rate) hingga 4Mbps, sehingga bisa penuh menampilkan data kecepatan tulis tanpa perlu menunggu waktu.
  • Untuk pemasangan pada board Microcontroller (Arduino, ESP32 dll) menggunakan kabel jumper, karena modul ini sudah dilengkapi dengan socket di bagian belakangnya.
  • Atau bisa langsung di solder ke PCB untuk membuat rangkaian sesuai keinginan.
  • LCD Controller (Philips PCD8544) sudah tertanam dalam modul LCD ini, nantinya kita perlu library PCD8544 agar mudah menambahkan pada codingan Arduino. Mungkin bisa juga tanpa library tapi akan sedikit sulit untuk membuat program codingnya.
  • Konsumsi daya rendah, karena hanya dibutuhkan 200µA dalam situasi normal dan sudah memiliki mode power down

Pin Out Modul LCD Nokia 5110

Untuk mengakses modul ini, dibagian belakang modul sudah dilengkapi 8 Pin yang tinggal colok menggunakan kabel jumper atau bisa langsung di solder ke PCB. Pada beberapa modul terkadang ada 2 socket Pin Header (yang atas terpasang socket pin, yang bawah masih kosong) yang mungkin fungsi peruntukkannya adalah jika kita ingin menggabungkan 2 keping modul atau lebih.

Berikut ini Pin dan fungsinya:
Pin LabelPin FunctionNotes
VCCPower Supply (+)Range 2.7 Vdc – 3.3 Vdc
GNDGround
SCEChip SelectActive Low
RSTResetActive Low
D/CMode SelectCommand mode (low) dan data mode (high)
DN (MOSI)Serial Data In
SCLKSerial Clock
LEDLed BacklightMax Input tegangan 3.3Vdc

Skema Wiring LCD Nokia 5110 ke Arduino

Kita bisa menggunakan cara simpel untuk menghubungkan Pin pada Modul LCD Nokia 5110 ke Arduino, dengan menghubungkan langsung kabel jumpernya ke socket Arduino. Tapi cara ini tidak aman untuk modul LCD 5110. Pin CLK (Serial Clock) ke Socket 7, Pin DIN (Serial Data) ke Socket 6, Pin Data Command (DC) ke Socket 5, Pin Chip Enable (CE) ke Socket 4 dan Pin Reset ke Socket 3.

Kenapa tidak Aman ? Ini karena LCD 5110 tersebut menggunakan hanya perlu 3v sedangkan daya yang dikeluarkan Arduino 5v sehingga kita perlu tambahan Resistor untuk pengaman agar LCD 5110 tidak terbakar. Resistor yang dibutuhkan 10kΩ untuk Pin CLK, DIN, DC, RST dan 1kΩ untuk Pin CE. Langkah akhir, koneksikan Pin Backlight (BL) ke Socket 3,3v Arduino dengan menambahkan Resistor 330Ω. Sampeyan bisa menambahkan Potensiometer untuk mengatur level kecerahan pada Pin PWM di Arduino. Pin VCC (sebaiknya) sampeyan pasangkan di Pin 3,3v juga sedangkan Pin GND sampeyan bisa pasangkan di Socket GND yang ada di Modul Arduino.

Skema lengkapnya akan seperti berikut:

Selanjutnya install Library untuk PCD8544

Install Library untuk Modul LCD 5110

PCD8544 sebetulnya adalah controller yang memiliki built in GDRAM untuk screen-nya. Tapi jika ilmu pemrograman sampeyan masih seperti saya yang belum cukup ahli, apalagi setingkat ahlinya ahli, akan lebih mudah jika kita menggunakan Library yang tersedia di Arduino IDE saja. Kecuali kalo sampeyan mau pusing ngoprek codingan ya monggo silahkan saja...

Kalo sampeyan mau ikut cara saya pakai Library, pada Arduino IDE sudah tersedia Adafruir's PCD8544 Nokia 5110 LCD Library yang tinggal sampeyan install. Caranya klik Sketch > Include Library > Manage Libraries...tinggal pilih download untuk mengupdate list Library sampeyan.
Pada filter, ketik 'nokia', select dan instal

Kerana Library ini digunakan untuk hardware dengan level fungsi yang sederhana, maka perlu ditambahkan juga Library Adafruit GFX agar bisa menampilkan gambar jadul, membuat titik, garis lingkaran, kotak dan bentuk-bentuk lainnya.

Contoh coding

Untuk mencoba apakah pemasangan skema dan LCD 5110 sampeyan bisa berfungsi dengan baik, sampeyan bisa menggunakan Coding berikut ini:


Atau kalo sampeyan ingin coba memasang gambar (Bitmap) agar tampil di LCD 5110 sampeyan, berikut ini contoh Codingnya


Dari coding diatas sampeyan bisa mengkreasikan sendiri jika ingin membuat gambar (Bitmap) sampeyan sendiri. Untuk mengolah gambar yang ingin sampeyan pasang menjadi Coding Bitmap, sampeyan bisa menggunakan image generator online, aplikasinya namanya image2cpp. Sampeyan bisa coba di http://javl.github.io/image2cpp/, dengan aplikasi ini sampeyan bisa membuat tampilan display branding produk yang (terlihat) canggih karena menampilkan logo perusahaan atau merk sampeyan di produk yang sampeyan create. Atau sampeyan mau pasang foto selfi sampeyan biar hitz dan viral kaya mas Ghozali Everyday....bisa



Nah, selamat berkreasi dan mencoba
Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu