Tentang Sensor Kelembaban dan Temperatur DHT11 Serta Contoh Aplikasinya Pada Arduino | Belajar Arduino Dasar


DHT11 adalah jenis Sensor yang banyak digunakan oleh penghoby ngoprek Arduino. Selain harganya yang relatif murah, DHT11 mampu mengukur nilai suhu dan kelembaban udara sekitar pada rentang suhu 0℃ hingga +50℃ dengan akurasi +2℃. Sedangkan rentang kelembaban yang dapat diukur adalah 20% hingga 80% dengan akurasi 5%. Pada project kali ini, untuk pembacaan nilai suhu dan kelembaban dari sensor DHT11 akan kita gabungkan dan tampilkan pada LCD 16 x 2 (dengan i2c).

Selain Sensor DHT11, sebenarnya ada sensor lain seperti DHT22 atau SHT11 yang lebih akurat hasil pengukurannya, tapi ya ono rupo ono rego...jadi ya harganya lebih mahal dari DHT11. Tapi untuk belajar, kita pakai yang murah dulu saja ya....disesuaikan dengan bugjet, kecuali kalo sampeyan adalah seorang profesional yang ingin merancang alat atau mesin yang butuh akurasi sensor yang mumpuni.

Kalo sampeyan beli Starter Kit Belajar Arduino, Sensor ini biasanya termasuk dalam paket Starter Kit untuk Pemula....dengan catatan paket yang sampeyan beli adalah paket belajar yang lengkap ya. Beli paket belajar Arduino yang lengkap dimana ? Sampeyan bisa beli di link ini.

Biar gak kepanjangan dan cuma muter isi artikelnya, langsung saja ya kita praktekkan...

Komponen Untuk Termometer Digital

Untuk membuat Termometer Digital dengan Sensor DHT11, komponen yang kita gunakan sbb:
  • Breadboard
  • Arduino UNO R3 (atau Arduino lain seperti Arduino Nano)
  • LCD 16 x 2 dengan Modul i2c
  • Sensor DHT11
  • Kabel Jumper Male to Female (secukupnya)

Skema Rangkaiannya

Skema Rangkaian dan posisi pin yang digunakan, sebagai berikut:
Jangan salah memenpatkan kabel jumpernya ya....atau kalo sampeyan ingin memindahkan posisi pin dan Jumpernya, sampeyan harus mengubah codingnya. Jika sampeyan hanya ingin mencoba plek ketiplek seperti kema diatas, coding yang bisa sampeyan gunakan ada dibawah ini.

Coding-nya:


Oh iya...untuk bisa mengcompile coding diatas, sampeyan perlu download library DHT.h, jika sampeyan belum download library tersebut sampeyan bisa klik Sketch > Include Library > Manage Libraries pada Arduino IDE sampeyan. Atau bisa download di sini.

Hasil Pembacaan sensor DHT11 bisa sampeyan lihat dengan membuka Serial Monitor pada Arduino IDE. Namun untuk lebih praktisnya, disini kita sudah menambahkan LCD sehingga hasil pembacaan sensor DHT11 bisa langsung tampil di LCD.
Pada coding diatas, kita menetapkan delay 5000 miliseconds (5 detik) yang berfungsi memberikan waktu kepada sensor untuk melakukan pengukuran sebelum Arduino meminta nilai hasil pengukuran untuk ditampilkan. Di void loop, kita menetapkan nilai fungsi untuk melakukan pembacaan data dari sensor DHT11 dengan menghubungkan sensor DHT11 (kaki DATA) pada pin 7 Arduino. Disini sampeyan bisa mengubah posisi pin, tidak harus di pin 7 tapi jangan lupa melakukan pengubahan nilai DHT.read11 (pin) sesuai posisi pin pilihan sampeyan.

DHT.temperature, berfungsi untuk mengambil nilai temperatur yang sudah diukur dan akan ditampilkan pada LCD dengan keterangan ("Temp:  ")  dengan satuan ("    C"). Untuk keterangan sampeyan bisa ubah sesuai keinginan, misalnya ("Suhu:  ") dengan satuan ("  Celcius").

DHT.humidity fungsinya untuk mengambil nilai kelembapan yang ditampilkan di LCD dengan keterangan ("Humid: ") dan satuannya ("  %").

Selamat mencoba mempraktekkan...kalau bingung bisa disimak video di Youtube Channel Tatas JP berikut ini:

Setelah nanti sampeyan paham dan berhasil membuat Termometer Digital ini, nantinya sampeyan akan bisa mengaplikasikan sebagai kontrol untuk menghidupkan kipas atau blower pada Sistem Smarthome yang sampeyan bisa rancang. Pada Sistem Smarthome yang memanfaatkan Sensor DHT11 ini sampeyan bisa membuat otomatisasi kipas angin (blower) yang otomatis akan menyala jika suhu ruangan 38℃ tau lebih dan kipas akan secara otomatis OFF saat suhu ruangan dibawah 33℃.

Untuk pembahasan Sistem Smarthome ini nanti ya saya buatkan artikelnya di lain waktu dan lain kesempatan....belajar ini dulu saja ya.

Pokoknya Just Practice dan Selamat Belajar...

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu