Membuat ESP32 CAM Jadi Akses Point Agar Tidak Perlu Router, Tak Butuh Modem, Tanpa Kuota Internet

Pada artikel sebelumnya tentang Membuat CCTV  rumahan dengan memanfaatkan ESP32 Cam, mungkin sampeyan akan ketemu dengan masalah koneksi internet, koneksi dengan Router, kalau ganti provider harus ganti/update SSID dan upload ulang program. Di artikel ini saya coba ceritakan apa yang sudah saya praktekkan dari tutorial Rui Santos, yaitu menjadikan ESP32 Cam sebagai Akses Point. Dengan demikian nanti yang diperlukan adalah CCTV ESP32 Cam sampeyan yang penting nyolok ke power supply (5v),sampeyan sudah bisa memantau kondisi luar rumah, ketika sampeyan ada didalam rumah.

Jadi CCTV ini nantinya seperti CCTV internal di mini market itu lho, jadi kalo sampeyan punya warung atau toko kelontong atau gudang sparepart sampeyan bisa memanfaatkan CCTV ini untuk melihat area sekitar....selama sinyal WiFi dari ESP32 Cam-nya masih bisa tercover lho ya....


Bagaimana caranya ? Monggo disimak videonya di channel Youtube Tatas JP, dan penjelasan berikut ini...

ESP32 Cam Sebagai Akses Point

Ada sebuah keadaan dimana sampeyan tidak bisa memposisikan ESP32 Cam sebagai Station yang bisa terhubung dengan router karena sampeyan sedang tidak berada dekat dengan router (modem) atau sampeyan sedang tidak punya kuota. Dengan membuat ESP32 Cam jadi Akses Point (Hotspot), sampeyan bisa membuat koneksi antara ESP32 Cam dengan device yang memiliki fitur WiFi (seperti Smartphone atau Laptop atau PC) sehingga sampeyan tidak membutuhkan router atau modem atau kuota internet.
Cara ini disebut Soft-AP (soft Access Point), karena ESP32 Cam tidak lagi terhubung dengan network (seperti kerja router). Kekurangan dari cara ini adalah sampeyan tidak bisa lagi me-load libraries atau menggunakan firmware dari internet, seperti misalnya sampeyan ingin me-load library JavaScript. Soft AP ini juga membuat sampeyan tidak bisa membuat HTTP request seperti mengirim hasil capture photo ke email.

ESP32 Cam Video Web Server Access Point

Disini kita akan menggunakan file Example yang ada di Arduino IDE yang merupakan bawaan saat kita menambahkan board ESP32 pada Board Manager.
Pada Arduino IDE buka File -> Examples -> ESP32 -> Camera -> CamWebServer. Dari sini kita akan mengedit sketch Example tersebut sepetti ini:
  • Customized SSID dan Password
Yang diperlukan adalah menentukan nama SSID dan Password untuk mengakses ESP32 Cam Access Point. Di video saya, saya memilih nama ESP32 SSID Yagasa ESP32 Cam, sampeyan bisa memilih, memodifikasi dan membuat nama SSID apapun yang sampeyan inginkan. Buat password, misalnya 123456789, terserah sampeyan mau buat password apa saja....boleh.
Bagian ini yang harus sampeyan edit :
const char* ssid = "Yagasa ESP32 Cam Access Point"; const char* password = "123456789";
  • Setting ESP32 Cam sebagai Access Point
Pada bagian setup (), hapus baris berikut ini :
WiFi.begin(ssid, password);
while (WiFi.status() != WL_CONNECTED) {
delay(500);
Serial.print(".");
}
Serial.println("");
Serial.println("WiFi connected");
Tambahkan (ganti baris yang tadi dihapus) baris perintah berikut ini untuk setting ESP32 Cam jadi Access Point menggunakan metode softAP():
WiFi.softAP(ssid, password);
  IPAddress IP = WiFi.softAPIP();
  Serial.print ("AP IP address: ");
  Serial.println (IP);

Cukup bagian itu yang perlu sampeyan ganti, kemudian Compile Sketch lalu Upload

  • Connect Device (Smartphone dan Laptop/PC) ke ESP32 Cam
Setelah sampeyan uploading sketch, sampeyan bisa melakukan koneksi ke ESP32 Cam sebagai web server. Sampeyan tidak perlu melakukan koneksi ke router atau modem lagi.
Pada Smartphone sampeyan bisa membuka WiFi setting lalu tap pada nama network ESP32 Cam yang sampeyan buat tadi.
Masukkan Password yang sampeyan buat tadi

Buka web browser sampeyan lalu ketikan alamat IP 192.168.4.1

Dan sampeyan siap untuk mengakses video stream

Scroll ke bawah dan sampeyan bisa memilih untuk Start Stream.

Sampeyan juga bisa menggunakan Laptop atau PC untuk mengakses ESP32 Cam dengan cara yang sama. Pilih WiFi lalu masukkan password kemudian buka alamat IP 192.168.4.1 dengan web browser.

Selamat Mencoba mempraktekkan....
Kalau ada pertanyaan bisa komentar di bawah atau komentar di kolom komen Youtube Channel Tatas JP, sebisa mungkin nanti saya jawab....sebatas yang saya tau dan sudah saya praktekkan.


Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu