Membuat Sendiri Lampu Otomatis Murah Meriah dengan Sensor PIR dan Relay, Tanpa Arduino

Berawal dari keinginan menghemat listrik kalo lampu lupa dimatikan maka saya coba cari-cari info untuk membuat Lampu yang bisa otomatis ON OFF kalau mendeteksi gerakan. Nah, karena harga Arduino Board sedang naik-naiknya....mungkin akibat banyak orang sedang di rumah sehingga iseng mencoba membuat project DIY elektronika...maka saya coba membuat project kali ini hanya dengan Sensor PIR dan Relay saja.

Langsung saja ya biar gak terlalu panjang artikelnya sehingga sampeyan malas baca dan mempraktekkannya.

Komponen Yang Dibutuhkan

Untuk membuat project sederhana kali ini kita hanya memerlukan komponen-komponen sbb:
  • 1 pcs Sensor PIR -> seharga mulai Rp 12.000,- sampai Rp 100.000,-
  • 1 pcs Relay 5v DC, saya pakai yang Low Trigger  -> seharga mulai Rp 10.000,-an sampai Rp 100.000,-
  • 1 pcs Transistor BC547 -> seharga Rp 200,- sampai Rp 1.000,-
  • 1 pcs Resistor 1k Ohm -> seharga 100,-
  • 1 pcs Power Supply 5v, saya pakai bekas charger Smartphone
  • 1 pcs Lampu AC 220, bisa pakai LED atau pakai bohlam biasa
  • Beberapa kabel untuk menyambungkan rangkaian
Total biaya kebutuhan komponen masih dibawah Rp 100.000,- yang kalau dibandingkan dengan harga lampu otomatis pabrikan ya kurang lebih masih dibawahnya.

Alat yang dibutuhkan

  • Solder
  • Obeng

Skema Rangkaian

Skemanya kurang lebih seperti berikut ini :

Kalau sampeyan bisa mendesain rangkaian PCB-nya mungkin bisa lebih ringkas lagi jalur perkabelannya.

Pada rangkaian diatas, komponen-komponennya terhubung dan mengkonfigurasi Relay 5v. Relay akan diaktifkan oleh Transistor BC547 yang menerima signal OUT dari Sensor PIR yang melewati sebuah Resistor 1k Ohm. Sebetulnya mungkin diperlukan Dioda sebagai penyearah arus supaya saat transistor tidak dialiri arus tidak akan terjadi kerusakan komponen. Sampeyan bisa menambahkan sendiri Diodanya. Karena saya sedang tidak punya stok Dioda maka saya tidak memasangkan Dioda di rangkaian tersebut.

Prinsip Kerja Rangkaian

Rangkaian diatas prisip kerjanya seperti ini: Setiap kali Sensor PIR mendeteksi gerakan suatu obyek (orang/binatang), maka Pin OUTPUT mengirimkan signal. Nah, ketika kaki basis transistor menerima signal dan aktif maka arus akan di alirkan ke dalam rangkaian koil relay. Pada saat koil relay teraliri arus, akan timbul medan elektromagnetik yang akan menarik kontak pada COM dan NO (Normally Open).

Pada kondisi tersebut, arus AC akan masuk melalui relay dan terhubung (seperti saklar). Arus AC tersebut kemudian akan diteruskan ke lampu sehingga lampu akan menyala.

Sensor PIR juga dilengkapi pengaturan jarak sesitivitas dan durasi. Ini dapat diatur dengan memutar Trimpot yang ada pada Sensor PIR. Nah, agar Sensor PIR bisa melakukan Repeat durasi (tidak mati selama ada pergerakan), ada Jumper yang bisa dipindah dari posisi Timer ke Posisi Repeat.

Video cara pembuatannya saya Upload di Youtube Channel Tatas JP seperti berikut ini:


Selamat mencoba...

Pokoknya Talkless & Just Practice


Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu