Bagaimana Jika PIN Google Adsense Tidak Kunjung Datang, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Kejadian ini sangat sering terjadi pada sebagian besar Blogger dan Youtuber...pokoknya Adsenser-lah, yaitu PIN Adsense-nya tidak kunjung datang. Hampir semua Publisher Adsense, terutama yang di pelosok....jangankan yang di pelosok, wong saya yang alamatnya pengirimannya di kota yang mepet Jakarta aja gak sampe-sampe koq PIN-nya. Jadi gak usah panik mas bro...mbak bro. Santai saja, karena semua ada Solusinya.

PIN Adsense

Sesuai janji saya di artikel sebelumnya, tentang proses Verifikasi Adsense, bahwa saya akan ceritakan solusi jika PIN Adsense sampeyan tidak sampai-sampai dan entah macet dimana.

Sedikit saya ceritakan ulang yang sudah saya tulis di artikel sebelum ini, apa itu PIN Adsense dan kapan PIN Adsense akan dikirim.

Verifikasi Alamat (PIN)

Verifikasi PIN ini adalah Verifikasi Surat Cinta Google yang di kirimkan Google melalui pos ke alamat yang sampeyan sudah input dan setting pada akun Adsense sampeyan.

Cara setting alamatnya adalah masuk ke menu Payment, pilih menu Setting > Manage Settings dan cari Payment profile. Pada Payment profile, cari Name and Address. Untuk Nama secara otomatis akan ganti sesuai nama yang sebelumnya sampeyan sudah pernah input waktu verifikasi Rekening (sesuai nama yang tertera di Rekening bank), dan ini tidak bisa diganti. Untuk alamat, sebaiknya gunakan alamat dimana surat (yang dikirim pak pos) sudah pasti akan sampai dan sampeyan terima langsung. Yang lengkap ya termasuk RT RW dan ancer-ancer rumah sampeyan (misalnya gapura warna biru dengan strip merah) yang pasti pak pos-nya bisa tahu, jika rumah sampeyan di kampung dan gak ada nomernya😅.

Yang perlu diperhatikan mengenai verifikasi PIN ini adalah :
  • Sampeyan punya batas waktu maksimal 4 bulan dari tanggal Google memproses dan mengirimkan PIN untuk pertama kali. Jika lebih dari 4 bulan sampeyan belum input PIN (belum verifikasi PIN) maka akun sampeyan akan di suspend dan gak bakal bisa nampilin iklan...sampai masalah PIN ini selesai dan terverifikasi.
  • PIN akan sampai di alamat yang sampeyan input dalam waktu kisaran 2 -4 minggu. Tergantung lokasi dan tergantung pak pos-nya. Jadi mohon sabar menunggu kira-kira 1 bulan sejak tanggal PIN dikirimkan Google...ada info kapan Google kirim PIN sampeyan koq...intinya ya sabar menanti aja ya.
  • Jika sampai 4 minggu dari tanggal pengiriman PIN, sampeyan belum terima juga, maka sampeyan bisa mengajukan resend PIN. Ini ada link-nya koq nanti di notifikasi akun Adsense atau sampeyan bisa check email sampeyan....Nanti sampeyan tinggal klik Verify lalu Resend (kalau sampeyan merasa alamat yang sampeyan input sudah benar), lalu tunggu lagi selama 4 minggu.
  • Kalo PIN belum sampe juga, coba periksa lagi alamat yang sampeyan input, atau lakukan perubahan alamat yang pasti ada sampeyannya di alamat itu, dan ajukan Resend lagi....sampeyan bisa sampai 4x pengajuan Resend PIN.
  • Kalo alamatnya diubah alamat domisili dan gak sama dengan yang tercantum di KTP, masalah gak nanti ? Menurut pendapat saya sih gak akan masalah karena verifikasi ini kan verifikasi alamat dengan cara input PIN yang diterima. Jadi selama sampeyan pegang Surat PIN-nya kan pasti sampeyan input tho....Beberapa Blogger dan Youtuber juga pas request PIN Adsense (katanya) alamat KTP dan alamat domisili-nya gak sama koq, dan tetap aman diinput PIN-nya.
  • Tunggu kira-kira 2 - 4 minggu, katanya sih karena Pandemi Covid-19 begini waktu tunggunya bisa 4 - 8 minggu. Atau sampeyan mau coba proaktif nanya ke Kantor Pos Besar tentang Surat Cinta dari Google ini. Siapa tau nyangkut disana atau pak pos-nya lagi males ngirim ke alamat sampeyan
  • Ketika sampeyan sudah menerima PIN, pastikan PIN yang diketik sudah benar sebelum di submit. Kalau sampeyan sampai salah memasukkan PIN sampai 3x akun Google Adsense sampeyan akan di suspend.
  • Bagaimana jika sampe 4 minggu PIN Adsense belum diterima ? Ada opsi lain untuk melakukan verifikasi yaitu dengan mengirimkan scan (foto) KTP. Nah, ini yang ingin saya ceritakan di artikel ini...

Jadi begini ceritanya....

Saya request PIN (setelah melakukan verifikasi rekening serta verifikasi identitas, baca artikel sebelumnya) dan Google sudah mengirimkan PIN dari bulan Januari 2021 namun sampai akhir April 2021 saya belum terima Surat Cinta PIN Adsense. Saya lalu mencoba mengganti alamat sesuai alamat domisili, alamat yang persis saya gunakan setiap kali belanja online. Mestinya sih bisa sampe ya surat dari Google itu...wong kalo belanja online barang yang saya beli bisa sukses sampai di alamat itu koq...eh ini gak sampe-sampe juga.

Saya sudah 4x melakukan pengajuan Resend PIN, belum sampe juga tuh surat. Tadinya kepikir mau ke Kantor Pos Besar untuk menanyakan keberadaan Surat PIN tersebut disana...siapa tau pak posnya sibuk sekali sehingga tidak sempat mengantarkan Surat itu. Tapi berhubung situasi, kondisi, waktu dan keadaan yang susah diatur, saya sampai gak punya waktu luang untuk ke kantor pos.

Sampai akhirnya ada notifikasi jika sampai bulan Mei 2021 saya belum verifikasi PIN maka Blog saya akan di stop iklannya. Hingga pada tanggal yang ditentukan di notifikasi tersebut saya belum ketemu caranya...dan jreng jreng....Blog saya jadi tampil bersih tanpa iklan. Revenue di Adsense saya selama beberapa hari juga jadi Rp 0.00, karena tanpa iklan Adsense yang tayang.

Setelah browsing sana-sini akhirnya saya mencoba ke pusat bantuan google adsense. Masuklah saya ke tampilan seperti ini :

Mulai, dan pilih bagian Memecahkan masalah dan mengatasi masalah umum

Pilih Pembayaran, dan akan terbuka tab baru, lalu pilih Nomor Pengenal Pribadi (PIN)

Selanjutnya centang sesuai isian seperti ini

Setelah semua pertanyaan terjawab (tercentang) seperti pada contoh diatas, selanjutnya tekan Hubungi kami pada bagian paling bawah dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kemudian akan terbuka lagi Tab baru seperti ini

Isi Nama sesuai dengan identitas (KTP) yang akan dilampirkan atau sesuai dengan yang sudah sampeyan input dan di verifikasi di tahap verifikasi tanda pengenal. Kemudian isi alamat email yang sampeyan pakai untuk daftar akun Adsense....harus valid ya. Yang terakhir isi Id penayangan adsense, Id ini bisa sampeyan lihat di data Adsense....biasanya diawali pub-***********.

Langkah berikutnya siapkan file foto KTP (atau identitas lain yang sampeyan gunakan pada proses verifikasi Identitas) dan foto nomer rekening bank yang sudah terverifikasi (baca  artikel sebelumnya), lalu tambahkan (upload).

Lalu Kirim....

Setelah itu sampeyan akan mendapat pemberitahuan seperti ini :
Kemudian sampeyan akan terima pemberitahuan via email seperti berikut ini:

Setelah semua proses diatas, tidak sampai 24 jam Notifikasi permintaan verifikasi PIN hilang di akun Adsense saya dan iklan di Blog saya kembali tayang.

Gampang kan....

Selamat mencoba verifikasi....semoga berhasil sehingga bisa cepat gajian dari Google ya


Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu