Tentang Pajak Google Adsense, Bagaimana Cara Mengisinya ?

Google Adsense menetapkan pemotongan pajak ? Hmmm, saya sebagai salah satu publisher Adsense, (mungkin sampeyan juga) jadi bertanya-tanya....pajak apa nih...dipotong berapa banyak ?

Kabarnya sih pemotongan pajak ini baru akan diberlakukan untuk Adsense Youtube saja, entah kalo Adsense versi website atau blog. Dan berhubung di notifikasi Adsense yang katanya akan ada pengangguhan pencairan jika kita tidak mengisi Form pajak Adsense, maka ya gak ada salahnya saya coba isi saja Form Pajak Adsense tersebut.

Apalagi kalo niatnya sampeyan mau fokus berprofesi sebagai Konten Kreator yang akan merambah dunia visual, gak cuma sebatas tulisan saja. Yang artinya ke depan sampeyan ada rencana buat ekspansi dan nyangkutin Adsense sampeyan ke Youtube saat channel Youtube sampeyan bisa di monetisasi.

Tapi ini baru kesimpulan saya, soal blogger atau pemilik website 'belum' wajib. Kalo saya sih mending ya di isi saja daripada nanti lewat 31 Mei 2021 malah Adsense saya jadi bermasalah....toh ngisi Form-nya juga gak lama koq.

Pajak Adsense Youtuber

Para Youtuber yang sudah berhasil monetisasi channel-nya mungkin sudah di kirimin Surat Cinta dari Google Adsense seperti ini kata-katanya:
“Kami menghubungi Anda karena Google akan diwajibkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memungut pajak Amerika Serikat atas pembayaran kepada kreator di luar Amerika Serikat mulai tahun ini (paling cepat Juni 2021). Selama beberapa minggu ke depan, kami akan meminta Anda untuk mengirim informasi pajak Anda di AdSense untuk menentukan dengan tepat besarnya potongan pajak, jika berlaku. Jika Anda tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google dapat diwajibkan memotong hingga sebesar 24% dari total penghasilan Anda dari seluruh dunia.”

Kebijakan tersebut diatur berdasarkan Chapter 3 of the Internal Revenue Code yang menyebutkan bahwa Google bertanggung jawab untuk menarik pajak kepada Otoritas Pajak As (Internal Revenue Service/IRS).
Surat Pajak Team Youtuber
Menurut Undang-Undang baru ini, Google berkewajiban mengumpulkan informasi pajak dari kreator konten yang menghasilkan uang diluar AS, dan memotong pajak jika pendapatan diperoleh dari penonton di AS. Dengan kata lain hanya jika konten sampeyan dilihat oleh orang AS, maka pendapatan dari situlah yang akan dikenai pajak hingga sebesar 24%.

Ini kalo sampeyan mengisi Form Lapor Pajak AS ya. Seandainya sampeyan tidak mengisi Form Lapor Pajak tersebut, besarnya potongan yang dikenakan adalah sebesar pajak yang berlaku di AS yaitu 30%, khusus views AS ya. Namun jika memiliki NPWP, cuma kena pajak 10% untuk views dari Amerika.

Jadi gimana para Adsenser ? Masih belum kepikiran untuk isi Form tersebut....resikonya revenue sampeyan dipotong 30% lho... 

Cara Pengisian Form Pajak Adsense

Susah gak ngisinya? 
Jangan khawatir ribet, karena Google Adsense sudah menyediakan Form yang tinggal diisi koq. Jadi pengisiannya gak manual, tinggal ikuti checklist step by step-nya saja. 

Cukup siapkan kartu NPWP sampeyan untuk pengisian Nomor NPWP (atau TIN, kalo di Form Google). Jika isian sampeyan bener dan memenuhi syarat serta ketentuan, maka sampeyan bisa dapat potongan pajak lebih kecil hingga sebesar 0% dari penghasilan Adsense sampeyan. 

Oke....lanjut kita ke cara pengisiannya ya
  1. Login ke akun Adsense sampeyan
  2. Klik Payment > Setting > Manage Settings
  3. Scroll ke bawah pada menu US Tax Info dan klik Add Tax Info

  4. Lanjut isi Form-nya pilih Individual, lalu klik Next

  5. Selanjutnya akan muncul pilihan lagi, konfirmasi Citizen of US, klik No, lalu pilih W-8 tax Form Type yang W-8BEN (kalau yang W-8ECI untuk yang pembebasan potongan pajak US hingga 30%) dan klik Start W-8BEN Form


  6. Kenapa W-8BEN ? Karena kita (saya dan sampeyan) tadi kan memilih pilihan bukan Citizen US dan tidak bertempat tinggal di US sehingga bisa mengklaim perjanjian Tax Treaty antara US dan Indonesia karena W-8BEN adalah Certficate of Foreign Status of Beneficial Owner for US Tax Withholding. Biar gak ada double pungutan pajak....di US kita dipajekin di Indonesia kita juga dipajekin.... Abis revenue-nya. Oh iya klaim ini juga mestinya kita buat saat buat akun Microstock (Shutterstock, Freepik atau layanan lain yg berasal dari luar negeri) 
  7. Isi Form W-8BEN, Nama (Sesuai NPWP) , Negara (Indonesia), Foreign TIN (NPWP) 

  8. Setelah terisi, klik Next 

  9. Next, akan muncul Nama dan NPWP kita, klik Address dan pilih Indonesia 

  10. Lanjut pengisian Alamat (sesuai NPWP) dan alamat surat, kalau sama, cukup klik di kotak bawah Mailing Address 

  11. Sampailah kita di bagian Tax Treaty, Pilih Yes untuk mengklaim pengurangan tarif pemotongan pajak dan Pilih Negara: Indonesia

  12. Pada bagian Special rates and condition adalah jenis penghasilan yang ingin sampeyan ajukan pengurangannya, yaitu Service (Adsense), Penyediaan Video (untuk Youtube dan Google Play) serta kepemilikan hak cipta (Youtube dab Google Play).
  13. Pertama untuk Service (Adsense), klik pada kotaknya lalu klik pada Article and Paragraph (aturan pajak US, Artikel 8 Paragraf 1), lalu pilih di Withholding rate 0% (reduce rate), lalu klik kotak disamping Reason.  

  14. Kedua pilih kotak Motion Picture and TV (Youtube dan Google Play), klik Article and Paragraph (aturan pajak US, Artikel 13 Paragraf 2), lalu pilih di Withholding rate 10% (reduce rate), lalu klik kotak disamping Reason
     
  15. Lakukan yang sama pada kotak Other copyright (Youtube dan Google Play), klik Article and Paragraph (aturan pajak US, Artikel 13 Paragraf 2), lalu pilih di Withholding rate 10% (reduce rate), lalu klik kotak disamping Reason.    

  16. Preview untuk melihat pengisian Dokumen sudah betul atau belum, kalo sudah OK,  dan bisa sampeyan download. Lalu klik Next
     
  17. Berikutnya sampeyan akan di bawa ke poin Certification. Baca dan tandatangan (atau tuliskan Nama Lengkap)

  18. Pilih alasan tandatangan, klik Yes, I am the person.....jika sampeyan bertindak atas nama pribadi. Atau pilih No, I am signing on behalf....jika sampeyan bertindak sebagai agen atau sampeyan atau sebagai Wali, lalu pilih Next

  19. Terakhir, Activities and service performance di US dan Affidavit (surat keimigrasian yang dilekatkan pada paspor asing), klik Yes dan pada pada tax info ini dibuat dengan keterangan sudah pernah menerima pembayaran Google atau belum. Jadi mungkin bisa menjadi hitungan progressif atau bagaimana....saya kurang tahu. Kalo saya sih saya pilih yang belum pernah menerima bayaran dari Google.
  20. Lalu klik Submit....dan selesai

Udah gitu doang...Gampang kan...

Sekarang pilihannya tinggal sampeyan (para blogger) mau dipotong 30% atau 10% atau bahkan 0%. Jadi mau ngisi boleh...gak ngisipun juga resiko sampeyan yang nanggung sendiri kan....

Post Navi

Post a Comment

0 Comments

Close Menu