New Kids On Nge-Blog 4 | Memperoleh Pendapatan Dari Berbagai Sumber Pendapatan Dengan Mengembangkan Blog

Ini adalah artikel ke-4 dari Seri New Kids On Nge-Blog, setelah di artikel sebelumnya saya cerita bagaimana caranya memulai agar bisa memperoleh pendapatan dari Blog:
Sebelum sampeyan terlalu banyak berharap terus kemudian tantrum, marah-marah dan menuduh tulisan saya atau tulisan dari para Blogger yang sudah bisa menghasilkan adalah sebuah pembodohan publik, tolong camkan hal berikut ini....

Kegiatan Blogging bukanlah sebuah cara mudah untuk mendapatkan uang (Adsense).
Menjadi Blogger itu harus konsisten, dan butuh kesabaran tinggi untuk bisa menghasilkan.

Jadi kalo orientasi sampeyan untuk menjadi Blogger adalah menghasilkan (banyak) uang....segera lupakan....berhenti ngoprek Blog sampeyan, simpan laptop dan PC sampeyan...cuci kaki, tidur dan teruslah bermimpi.
Mereka (para Blogger) yang sukses di dunia Blogging dan kemudian menghasilkan jutaan, ratusan juta atau bahkan milyaran dari Blog dan Website-nya, adalah orang-orang yang awalnya hanya suka menulis...berbagi pengetahuan...berbagi cerita dan pengalaman saja. Makanya Nge-Blog itu sebaiknya Just for Fun saja.

Lah...terus gimana dong ?

Kalo sampeyan masih berminat melanjutkan Cari Pendapatan dari kegiatan Nge-Blog sampeyan, monggo silahkan lanjutkan membaca. Setidaknya saya coba menceritakan realitanya, bukan seperti apa yang banyak dikatakan dalam blog-blog internet marketing dan forum-forum marketing online. Orang banyak yang terpaku dengan tulisan-tulisan dalam blog internet marketing, bahwa yang paling penting SEO...SEO dan SEO (Search Engine Optimization) atau nguplek mempercantik tampilan blog (website) sehingga Responsif...bla..bla..bla dan lain-lain.

SEO itu diperlukan untuk mendatangkan trafic...kunjungan visitor ke blog sampeyan...betul itu. Tapi tanpa konten yang berisi, bermanfaat dan berguna sehingga visitor sampeyan akan membaca...membaca dan terus membaca Blog sampeyan, SEO itu pada akhirnya cuma akan jadi pancing yang tanpa kail.

Makanya saya pernah menuliskan yang paling penting adalah konten, itulah kenapa seringkali niche (topik blog) yang tepat dan isi konten yang baik justru lebih banyak mendatangkan visitor ketimbang artikel yang isinya cuma keyword (kata-kunci) yang berbaris-baris tapi tidak menginformasikan apapun. Karena si penulis yang bikin artikel dengan deretan kata kunci dengan pencarian yang populer, seringkali cuma membuat artikel tersebut sebagai click bait...isi artikel-nya zonk, hoax atau cuma bikin berita sensasi saja.

Blog dan website model seperti ini, yakinlah cuma selewatan saja dilirik, sekali dikunjungi terus besoknya visitor sampeyan akan males untuk balik lagi
Sekali lagi, kalo sampeyan butuh penghasilan berjuta-juta (puluhan juta) dalam waktu singkat, bikin Blog bukanlah sebuah jawaban yang tepat.

 

Kunci 1: Traffic

Ini adalah kunci yang paling penting, mendatangkan Traffic. Sampeyan gak usah terlalu cepat berpikir dan berambisi untuk bisa pasang Adsense atau penyedia layanan iklan lain (seperti Ezoic) jika website sampeyan belum mampu mendatangkan pengunjung minimal 100 visitor per hari. Tanpa visitor yang banyak (minimal 100 visitor) lupakan Adsense, lupakan affiliate marketing....lupakan jualan jasa/produk yang sampeyan tawarkan di website sampeyan.

Terus caranya bagaimana untuk mendatangkan traffic ?
Buat artikel secara konsisten dan berkualitas. Kalo sampeyan sendirian jadi admin mengelola website (Blog) sampeyan, setidaknya buat konten dan posting 2 x artikel 1000 kata, dalam seminggu. Gak usah terlalu banyak bikin tulisan kalo sampeyan tidak sanggup membuat tulisan yang bermutu dan berisi banyak informasi. Yah kalo sesekali bolehlah bikin artikel iseng yang ringan-ringan saja...tapi tetap usahakan yang informatif.
Secara teori banyak yang bilang bahwa blog yang banyak menerbitkan artikel akan lebih ramai traffic-nya, karena semakin banyak artikel dan semakin banyak yang di share di sosial media akan lebih cepat muncul di search engine. Padahal ya tidak selamanya begitu.
Konten yang berkualitas-lah yang akan menentukan apakah website sampeyan akan banyak didatangi pengunjung.

Lalu bagaimana konten yang berkualitas ?
  • Pilih topik yang tepat yang merupakan kombinasi dari sesuatu yang merupakan minat/keahlian sampeyan dan sesuatu yang diminati serta bernilai bagi banyak orang.
  • Untuk bisa membuat konten yang berkualitas, secara sederhananya begini, jika sampeyan sendiri tidak ahli atau berminat dengan topik yang ingin sampeyan ceritakan, apa kemudian sampeyan bisa menceritakan dengan baik sebuah topik atau konten yang kemudian akan menarik minat orang untuk membacanya? Coba pikirkan....
  • Setidaknya begini, coba sampeyan pikirkan apakah sampeyan tahu apa yang diharapkan dan permasalahan terbesar orang yang akan membaca artikel sampeyan...apakah sampeyan bisa memberikan (sedikit) solusi yang tepat atau cuma nulis artikel yang ngalor-ngidul tanpa isi pembahasan yang jelas.
  • Untuk para Pemula, bisa mengikuti cara ini...banyak membaca artikel tulisan dari website-website populer yang memiliki topik sama lalu buat tulisan dengan memadukan beberapa artikel (se-tema) menjadi sebuah artikel dengan kata-kata sampeyan sendiri.
Kalo sampeyan menilai artikel-artikel di KataTatas.com ini berkualitas, saya belajar menulis artikel dan konten disini dengan metode seperti itu.

Kunci 2 : Promosi

Bagaimanapun juga kegiatan menulis dan Blogging ini kan tujuannya agar banyak orang bisa tahu informasi yang ingin sampeyan sampaikan lewat konten-konten sampeyan, maka Lakukan Promosi.

Banyak cara yang bisa ditempuh misalnya :
  • Cari dan bergabunglah dengan Komunitas, Group Whatsapp dan Pages di Media Sosial yang memiliki antusias dan rasa keingintahuan yang sama dengan topik yang sampeyan tulis di Blog (website) sampeyan. Bangun reputasi yang baik dalam komunitas tersebut dan perkenalkan blog atau konten artikel tulisan sampeyan.
  • Buat Fanspage di Facebook, buat akun Media Sosial seperti Twitter dan rutin mempublikasikan serta mengenalkan konten-konten yang sudah sampeyan buat di Media Sosial sampeyan. Ajak teman, keluarga dan pembaca setia sampeyan untuk share konten tersebut.
  • Jangan malu untuk memperkenalkan ke keluarga bahwa sampeyan punya blog atau sedang membuat website yang berisi informasi mengenai 'anu' atau apalah....yang penting sampeyan cerita aja...syukur-syukur kalo kemudian keluarga sampeyan kemudian membaca dan memberi feed back dan kritik yang bisa membangun kepercayaan diri sampeyan untuk membuat konten yang lebih bagus lagi.
  • Kalo sampeyan punya bugjed berlebih, tidak ada salahnya sampeyan pasang iklan dan promosi di Facebook atau dengan menggunakan Google Ads. Lah...belum juga menghasilkan dari iklan, koq ini malah disuruh bayar untuk mengiklankan diri....😁. Ini sih opsional jika sampeyan ingin website sampeyan bisa cepat di kenal secara lebih luas.

Traffic sudah...Promosi sudah....Nah, saatnya sampeyan menentukan blog sampeyan ini akan menggali pendapatan dari Sumber Pendapatan apa....

Sumber pendapatan dari kegiatan Blogging ini bisa bermacam-macam. Saat ini, orang banyak tahunya bahwa penghasilan dari Nge-Blog melalui Pendapatan menjadi Publisher Iklan, sementara Publisher Iklan sendiri bisa bermacam-macam, tidak hanya Adsense saja. Beberapa waktu lalu saya mencoba Ezoic, agar saya tidak hanya menggantungkan dari Adsense saja...tapi berhubung saya sendiri belum sukses bergabung dg Ezoic, nanti saya ceritakan setelah saya di approve Ezoic saja ya. Sebagai info pembuka tentang Ezoic, Ezoic ini bisa meningkatkan revenue pendapatan sebagai publisher iklan sampai 200% lebih dari pendapatan iklan Adsense. Penasaran ? tunggu cerita saya berikutnya...

Pendapatan lainnya adalah dengan Program Affiliasi, seperti misalnya seperti saya ikut Program Affiliasi Accestrade. Tentang apa itu Accestrade ini nanti saya ceritakan di artikel yang lain juga ya...

Dan satu lagi Sumber Pendapatan yang bisa sampeyan dapatkan dari website (Blog) sampeyan adalah dengan berjualan barang atau jasa. Sampeyan punya bisnis property, atau bisnis jasa pengelasan atau jasa laundry atau jasa service AC ? Coba maksimalkan Blog yang sampeyan tersebut untuk memasarkan Produk yang sampeyan punya...atau setidaknya ya sebagai website promosi bisnis sampeyan yang lain-lah.

Intinya sih, Blog atau Website sampeyan bisa menjadi sumber pendapatan jika sampeyan mau konsisten untuk membangun Blog (website) sampeyan menjuju arah yang benar. Maka dari itu buatlah Blog dengan cara-cara yang benar. Buat konten yang kredibel dan berkualitas agar bisa memberikan informasi dan manfaat yang berguna untuk visitor ataupun calon visitor sampeyan.

Lakukan semuanya dengan tidak semata-mata berorientasi uang belaka. Setidaknya lakukan semuanya dengan benar dan biarkan profit serta pendapatan mengikuti dibelakangnya sebagai bagian dari pencapaian usaha sampeyan.

Semangat Nge-Blog....
Sampai jumpa di lanjutan artikel Seri Nge-Blog berikutnya
Load disqus comments

0 Comments