New Kids On Nge-Blog 2 | Cara Memperoleh Pendapatan Dari Blog Bagi Pemula, Setelah Bikin Blog Lalu Bagaimana ?

Pada artikel New Kids On Nge-Blog yang sebelumnya, saya sudah cerita tentang apa itu Blog dan bagaimana cara membuatnya secara gratis pakai platform Blogger. Nah, pada artikel lanjutan ini saya akan ceritakan apa saja yang mesti di set up pada Blog sampeyan.
smarvo.blogspot.com - dok. Pribadi
Kenapa Blogger banyak dipakai untuk para pemula yang ingin belajar membuat website sendiri ?
Seperti sudah saya ceritakan di artikel New Kids On Nge-Blog1, bahwa Blogger merupakan bagian layanan Google yang sudah terintegrasi, sehingga sampeyan tidak perlu ribet lagi saat ingin membuat blog di Blogger. Yang perlu sampeyan lakukan cuma tinggal Sign In secara otomatis di web Blogger.com dengan akun Gmail yang sudah sampeyan miliki.

Sampeyan juga tidak perlu repot memikirkan bayar biaya hosting atau tempat penyimpanan file. Karena Google sudah menyediakan memori penyimpanan dan servernya yang bisa kita gunakan, jadi tidak lagi perlu menyisihkan biaya untuk bayar hosting. Kekurangan hanya karena blog sampeyan berada sebagai subdomain, maka nantinya alamat website sampeyan belakangnya akan muncul tambahan .blogspot.com. Tapi hal itu nanti bisa diganti dengan kita membeli sebuah domain sendiri sehingga alamat website sampeyan bisa di forward tanpa blogspot.

Secara default, pilihan tampilan yang disediakan oleh Blogger memang cukup minimalis. Tapi menurut saya, bagi pemula Opsi minimalis ini akan lebih mempermudah dan tidak membingungkan saat ingin memilih template Themes website. Sampeyan bisa lebih fokus untuk hal-hal yang lebih penting, misalnya memikirkan Konten. Karena sebagus apapun tampilan websitenya kalo Kontennya cuma ala kadarnya dan tidak informatif pada akhirnya website sampeyan tidak akan bisa terindex dengan cepat dan baik di Google Search.

Soal tampilan mah gampang dibuat unik dan menarik nantinya. sampeyan tinggal pilih Themes yang menurut sampeyan menarik di internet. Search aja, download dan install. Cara installnya gampang koq tinggal copy paste saja HTML-nya. Nanti akan saya ceritakan caranya....

Tentang Keamanan bagaimana ? Dengan sistem platform yang terintegrasi dan dikelola Google, aspek keamanan Blogger sudah cukup terjamin. Sampeyan hanya tinggal berhati-hati saat akan mengunakan Themes dari pihak ketiga yang sampeyan pasang di Blog sampeyan.

Oke, kita lanjut apa yang sudah saya tuliskan sebelumnya di artikel Cara Memperoleh Pendapatan dari Blog Bagi Pemula. Pada artikel tersebut saya sudah tuliskan cara membuat Blog sampai pada tahap sampeyan bisa membuat konten tulisan Blog. Kalau sampeyan belum tau cara awalnya bikin Blog, monggo silahkan dibaca di artikel tersebut.

Agar blog sampeyan bisa berfungsi optimal, apalagi kalau tujuan sampeyan untuk mencari tambahan pendapatan dari Nge-Blog, maka sampeyan harus mengisi Blog sampeyan dengan Posting konten-konten yang bermutu. Bukan cuma mengandalkan tampilan web yang menarik...kalo di klik terus pointernya bisa muter-muter atau gerak-gerak sendiri.
 
Prinsipnya, ingatlah dua hal berikut ini, 
Membuat Blog itu mudah, tapi membuat Blog sampeyan sukses itu bukanlah hal yang mudah.
Terus saya mesti bagaimana ? Pelan-pelan ya...nanti juga akan sampai. Gak usah terlalu bernafsu pengin ngebut dan Blog-nya bisa menghasilkan sampingan dari iklan Adsense.

Lanjut pak Ekoooo....

  • Membuat Post dan Pages (Halaman)

Saya ceritakan lagi cara membuat konten (post), sampeyan cukup klik menu Posts dan klik tombol New Post. 
Halaman Post - dok. Pribadi
Satu hal ya, sebelum sampeyan mulai ngoprek-ngoprek Blog sampeyan, lalu bikin Postingan dengan topik yang campur aduk, kontennya tidak jelas atau cuma modal Copy Paste maka saran saya berhenti dulu ngoprek Blog sampeyan. Seperti di artikel sebelumnya saya sudah cerita mengenai Niche (Topik Blog), rencanakan dari awal konten Blog sampeyan agar sampeyan bikin Postingannya terarah, gak asal-asalan terus pas coba di daftarkan Google Adsense di tolak karena artikelnya gak ada yang original...akhirnya bosan karena blognya sepi.

Sekali lagi, ini penting....kalau nantinya sampeyan ingin Blog sampeyan bisa cepat di approve sama Google Adsense, maka jangan membuat Posting atau Konten yang cuma Copy Paste. Menurut pengalaman yang sudah saya alami bertahun-tahun lampau, walaupun sampeyan punya ratusan tulisan yang di post, tapi Post artikel Original buatan sampeyan sedikit, maka pengajuan sampeyan akan bisa otomatis ditolak Adsense. 
Ingat ya...artikel sampeyan harus original tulisan sampeyan. Untuk lebih lengkapnya tentang Bagaimana Membuat Artikel Blog, nanti kita cerita-cerita di sesi berikutnya.

Untuk membuat Pages (Halaman), sampeyan klik saja Pages, lalu Create New Pages.
Create New Pages - dok. Pribadi
Sebetulnya apa gunanya membuat Pages ? Pages adalah halaman blog yang menampilkan kategori atau informasi yang sifatnya statis tentang web sampeyan. Sampeyan bisa membuat Sitemap, Tentang Sampeyan dan mungkin halaman Kontak (dimana pembaca blog sampeyan bisa melakukan kontak dengan sampeyan via email atau Whatsapp).

Walaupun sepintas antara tampilan Post dan Pages terlihat sama, namun ada hal yang membedakan yaitu Scrollbar disebelah kanannya berbeda. Pada Post, Opsi Pengaturannya ada 6 opsi; Labels (untuk memberikan label pada artikel), Publish On (Schedule, jadwal penerbitan artikel), Permalink (pilih otomatis, merupakan Link untuk Judul Artikel), Location (drop pin lokasi pembuatan artikel), Search desciption (jika ingin menambahkan keyword untuk artikel) dan Option (Opsi untuk komentar pembaca).
Pada Pages, sampeyan hanya akan menemukan 1 opsi yaitu Opsi Pengaturan komentar saja

  • Tool Status, Comments dan Earning

Tab Status, berfungsi untuk melihat berapa banyak orang yang berkunjung ke Blog sampeyan dalam 1 bulan. Tab Comment, fungsinya melihat siapa yang komentar di artikel sampeyan dan berapa banyak. Di tab Comment ini sampeyan bisa menghapus komentar-komentar yang bahasa atau kata-katanya tidak pantas ditampilkan atau komentar-komentar yang tidak sesuai dengan Blog sampeyan. 

Tab Earning adalah Tab untuk menghubungkan sampeyan dengan akun Adsense sampeyan. Untuk sementara gak usah memikirkan tab Earning dulu.
Fokus dengan pembuatan konten sampeyan saja dulu...Earning bisa di setting belakangan nanti setelah Blog sampeyan berumur 6 bulan atau lebih.

  • Mengatur Tampilan Blog

Untuk mengatur tampilan Blog, sampeyan klik saja Theme pada pilihan menu sebelah kiri, nanti akan muncul banyak pilihan Theme standar yang bisa sampeyan pilih dan install sesuai kebutuhan Blog sampeyan. Pilih salah satu lalu klik Apply, maka tampilan Blog sampeyan berubah. Jika sampeyan ingin mengkustomisasi tampilan Theme dengan warna, huruf dan sedikit berbeda dari tampilan Themes standar, maka klik Customize.
Customize Themes Standar
Dalam halaman Customized ada 4 Opsi yang bisa sampeyan othak-athik yaitu: Background, Adjust width, Layout dan Advance.

Pertama, Opsi Background. Pada opsi ini memungkinkan sampeyan untuk mengubah background tema dengan pilihan gambar yang tersedia, atau mengupload gambar sampeyan sendiri. Sampeyan juga bisa mengubah warna tema Blog sampeyan dengan paketan warna yang disediakan.
Mengatur Background
Kedua, Opsi Adjust width, disini sampeyan bisa mengatur lebar keseluruhan tampilan Blog dan lebar Sidebarnya
Opsi Adjust Widths
Ketiga, Opsi LayOut yang berfungsi untuk memilih tata letak Blog sampeyan. Tinggal pilih dari type-type tampilan yang sudah . Mau pakai tampilan 2 sidebar atau malah ingin tampilan tanpa sidebar. Bebas....
Memilih Lay Out Blog
Keempat adalah Opsi Advanced yang berguna untuk Set up parameternya. Sampeyan bisa mengubah jenis font (huruf) dan warna pada banyak elemen Theme. Sampeyan bisa set up default font untuk Page Text, Blog Title, Tabs, Posts, Blockquotes, Picture, Sidebar, Search Bar dan banyak lagi sampai menambahkan CSS (Cascading Style Sheet).
Opsi Advance
Saran saya sih kembali lagi, jangan terlalu terpaku dan fokus untuk mempercantik Tampilan sehingga waktu sampeyan banyak terbuang untuk memberi kosmetik pada Blog sampeyan. Karena yang akan muncul saat Pembaca atau Calon pembaca sampeyan mencari sebuah artikel, bukan tampilannya yang diketikkan di Google Search.
Misalnya pas sampeyan beruntung dan Blog sampeyan bisa keluar di pencarian Google Search yang mampir akan cuma mampir selintas aja.

Cantik kalau kontennya gak ada isinya ya cuma akan numpang lewat aja dan si Pembaca gak akan balik lagi dan lagi ke Blog sampeyan.

  • Mengatur Layout Blog

Pengaturan Layout ini dimaksudkan untuk mengatur susunan elemen di dalam Blog sampeyan. Sampeyan bisa mengatur disebelah mana akan meletakkan Slot untuk iklan, mengatur apa saja yang ingin sampeyan letakkan di Side Bar. Mengatur Header dan Footer. Layout ini akan berbeda sesuai dengan Themes yang sampeyan pakai.
Layout Blog
Jika sampeyan ingin menambahkan elemen Gadget, tinggal sampeyan klik di Add Gadget, nanti sampeyan akan diberi pilihan untuk Gadget yang ingin sampeyan pasang. Pada Add Gadget ini sampeyan bisa memilih untuk memasang Gadget HTML yang nantinya bisa sampeyan isi format HTML Banner Ads.
Untuk penempatannya sampeyan bisa Drag & Drop di posisi tempat yang sampeyan inginkan. Sebelum di Save, sampeyan bisa klik Preview untuk memastikan apakah posisi penempatan sudah tepat seperti yang sampeyan inginkan. Jika sudah mantap....jangan lupa simpan konfigurasi Layout yang sampeyan buat dengan klik tombol Save Arrangement.

  • Explore Setting

Terakhir, ada 1 tab menu yang sangat penting pengaturannya yaitu tab Setting. Tab ini memegang peranan penting karena didalamnya ada konfigurasi SEO, sistem keamanan Blog sampeyan dan banyak lagi.
Pada menu Setting (Pengaturan) terdapat lebih dari tujuh sub-menu, antara lain :

Basic
Disini sempeyan bisa melakukan pengaturan Basic Blog (Dasar) seperti Title (Judul), Description (Deskripsi tentang Blog sampeyan), Blog Language (Blog sampeyan isi artikelnya berbahasa apa...English, Indonesia atau bahasa Jawa ? secara default settingnya akan berbahasa English).
Kemudian ada setting Adult Content (Untuk memberikan warning atau peringatan saat akan masuk di Blog sampeyan, apakah Blog sampeyan berisi informasi untuk semua umur atau yang mengkhususkan untuk yang sudah berumur 18+). Tambahkan Google Analytic Property ID (untuk menghubungkan Blog sampeyan dengan layanan Google Analytic, sehingga sampeyan bisa memantau berapa banyak visitor, pengguna dan lain-lain yang nantinya berguna sebagai salah satu alat untuk mengoptimalkan Blog sampeyan).
Yang terakhir di pengaturan Basic ini adalah Favicon (secara default ikon yang muncul saat pengunjung membuka blog sampeyan adal ikon Blogger, disini sampeyan bisa mengganti ikon tersebut dengan ikon buatan sampeyan sendiri, biar Blog sampeyan bisa tampil beda dengan blog-blog lain.

Privacy
Secara default Blog sampeyan akan ada di setting 'Allow search engines to find your blog'. Tapi sampeyan bisa mematikan setting ini jika Blog sampeyan tidak ingin ditemukan search engine. Artinya jika blog sampeyan tidak bisa ditemukan search engine ya buat apa sampeyan Nge-Blog...iya gak ?

Publishing
Pada bagian ini sampeyan bisa mengubah/mengganti alamat Blog. Selain itu juga akan ada setting Custom Domain, disini nanti bisa sampeyan isikan nama domain dot com atau dot net, yang sudah sampeyan beli. Dengan menggunakan Custom Domain ini Blog alamat Blog sampeyan akan lebih profesional karena sudah tidak lagi tambahan .blogspot.com.

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)
Opsi HTTPS ini memastikan blog sampeyan memiliki sertifikat keamanan. Secara default, format pengaturan terbaru dari Blooger, blog akan secara otomatis aktif HTTPS-nya. Sampeyan bisa merubahnya (menon aktifkan) jika ingin blog sampeyan akan menggunakan jalur koneksi HTTP yang tidak terenkripsi dan rentan terhadap penyadapan, iklan yang menyelipkan malware dll.

Permissions
Dibagian ini berisi setting untuk Admin dan Authors. Adminnya tentunya sampeyan sendiri, sedangkan Authors adalah penulis Blog yang sampeyan buat ini. Sampeyan bisa mengundang authors (penulis artikel) selain sampeyan untuk bisa mengakses dan memposting tulisannya di Blog sampeyan ini. Kalau sampeyan tahu Kompasiana, konsepnya seperti itu kira-kira.
Disini juga ada setting untuk Reader access, yang secara default akan di set 'Public'. Sampeyan bisa merubah setting ini jika ingin membuat sebuah Blog khusus dan exclusif dan untuk kalangan sendiri. Atau mungkin sampeyan membuat blog hanya untuk menulis Diary private yang cuma bisa sampeyan akses dan baca-baca sendiri....mungkin...

Posts
Opsi ini untuk mengatur berapa banyak Post yang akan sampeyan tampilkan di Beranda (Halaman depan) blog sampeyan. Secara default, oleh Blogger akan disetting maximal 7 Post, ini bisa sampeyan tambah atau kurangi....silahkan disesuaikan dengan kebutuhan tampilan blog sampeyan.
Kemudian ada pilihan untuk membuat 'Template Posts', ini berguna jika sampeyan ingin menyisipkan code HTML, iklan atau apapun yang sampeyan harapkan muncul di setiap posting sampeyan. Terakhir adalah setting Image Lightbox, yang secara default diaktifkan dan untuk menampilkan gambar atau foto yang sampeyan pasang dipostingan.

Comments
Pada opsi ini lebih banyak hal yang bisa disetting. Disini bisa sampeyan atur bagaiman komentar akan ditempatkan, menempel di psoting, full page, pop up window atau mau sampeyan hide. Siapa saja yang sampeyan perbolehkan menuliskan komentar, apakah komentar-komentar itu perlu dimoderasi atau bisa langsung nempel di postingan, sampai setting memunculkan Captcha, yang berguna menyeleksi apakah yang komentar bot atau human.
Pokoknya ini settingan untuk mengatasi para netizen julid yang suka asal komentar walopun komentarnya seringkali gak nyambung. Berguna sekali untuk menyeleksi orang-orang yang kurang Literasi dan minat baca, yang seringkali baru baca judulnya saja udah langsung nyap-nyap bikin rusuh di kolom komentar.

Email
Blogger membolehkan sampeyan untuk mempublikasikan konten yang sampeyan buat via email. Selain itu sampeyan juga bisa mengaktifkan setting notifikasi komentar dan lain-lain.

Formatting
Berfungsi untuk mengatur setting Format Waktu (Time Zone), Format Tanggal yang tampil di Header Postingan, Timestamp Format pada Post dan Komentar.

Meta tags
Gunanya untuk memunculkan deskripsi di halaman hasil pencarian. Secara sederhana Meta Tags ini merupakan deskripsi singkat dari Blog sampeyan, topiknya apa, isinya tentang apa dan siapa yang membuat. Jadi sebaiknya ya sampeyan isi deskripsinya, jangan sampai kosong sebagai SEO untuk membantu pencarian di Google.

Error and redirects
Setting kalimat yang akan tampil saat Blog sampeyan mengalami Error. Secara default, seperti website pada umumnya jika terjadi error akan muncul kata-kata Error 404. 

Crawlers and indexing
Di bagian ini sampeyan bisa menautkan blog sampeyan dengan Google Search Console yang merupakan fitur dari Google yang nantinya bisa sampeyan gunakan untuk lebih mengoptimalkan Blog sampeyan.

Monetization, Manage Blog, Site Feed
Setting ini bisa sampeyan set belakangan saja....untuk awal pembuatan blog bisa di skip saja dulu setting bagian ini.

General
Di bagian ini sampeyan bisa memilih Use Blooger Draft atau User Profile. User Profile ini adalah profil awal yang sampeyan isikan saat membuat Blog, yang berisi alamat email, lokasi sampeyan, minat dan lain-lain


Banyak ya yang mesti di setting...
Ya kalau menurut saya sih, gak usah terlalu pusing memikirkan setting ini itu dulu...
Fokus pada membuat Konten saja dulu. Buat Konten yang berkualitas, baru sedikit-sedikit nanti sampeyan sempatkan untuk setting sana-sini.

Sementara ini dulu ya....artikel selanjutnya nanti kita cerita-cerita tentang domain, hosting, artikel adsense dan banyak lagi....

Sampai jumpa di kelanjutan artikel ini...

Seri Artikel sebelumnya :
Seri Artikel berikutnya :
Load disqus comments

0 Comments