Service AC Koq Mahal, Gak Percaya ? Tanya Aja Kang PeTe

Sedikit cerita tentang Jasa Service AC, cerita ini 100% hanya rekaan saja, jadi kesamaan nama, tempat kejadian dan profesi adalah bukan sebuah kesengajaan...tapi bisa jadi juga tanpa sengaja terselipkan sesuai pesanan. Mungkin sampeyan pernah mengalami atau malah menjadi pelaku dicerita ini...
Ceritanya begini...
Seorang emak-emak, sebut saja Mak Ewok memanggil tukang service AC dengan keluhan katanya AC-nya tidak dingin dan AC Indoor-nya meneteskan air. Setelah di hubungi via pesan SMS dan whatsapp tak lama kemudian si Teknisi AC datang ke rumah si Mak Ewok tersebut.

Si Teknisi memeriksa AC Mak Ewok, sambil tanya 'Udah berapa lama AC-nya gak di cuci Mak ?'
'Kayaknya sih udah 1 tahun lebih kali itu AC gak pernah dicuci...dari beli baru' jawab si Mak Ewok 'Emang AC itu kudu rutin dicuci ya....kalo gak bisa rutin gimana?' lanjut Mak Ewok
'Ya udah saya cuci dulu AC-nya ya' kata si Teknisi AC ('bawel nanya mulu' kata si Teknisi AC dalam hati)

Peralatan kerja di turunkan dari motor, tangga alumunium di buka, plastik pembungkus digelar lalu mulai si Teknisi AC ini mencuci AC Mak Ewok. Setelah selesai mencuci unit AC indoor, AC coba dinyalakan tapi 5 menit kemudian masih netes air buangan dari unit AC Indoor tersebut. Akhirnya oleh si Teknisi dari pipa buangan air AC coba untuk disedot dan keluarlah semua kotoran yang menggumpal di dalam jalur air buangan AC.

Selesai proses pekerjaannya dikeluarkanlah Bon Tagihan yang rinciannya :
  • Jasa Cuci AC      = Rp  80.000,-
  • Jasa Service AC = Rp  80.000,-
  • Isi Freon             = Rp 100.000,-
Jadi totalnya Rp 260.000,-

Kata Mak Ewok...'koq mahal amat...dulu pas AC yang lama saya nyuci sama Kang PeTe yang rumahnya di Tambun itu gak sampe segitu dah kalo Service AC'. 
'Kan beda orang mak....lagian kenapa Mak Ewok gak telpon si Kang PeTe kalo memang dia lebih OK service-nya ?' kata si Teknisi AC agak sewot karena dibanding-bandingkan.
'Kang PeTe lagi sibuk banyak order dia karena pake aplikasi apa gitu katanya....eh tapi ini ada Isi Freon 100ribu...perasaan tuh tabung Freon gak diturunin dari motor dah' sahut si Mak Ewok
'Saya isi tadi Freon-nya....kan saya ngisi freon-nya pake bluetooth tadi' si Teknisi AC ngeles berusaha agar tetap dibayar sesuai nominal yang ditulisnya dalam bon.

Karena si Mak Ewok males berdebat dan ngerasa gak ngerti....daripada ngotot malah jadi salah....ya akhirnya dibayarlah si Teknisi sesuai dengan nominal yang diminta tadi.
Dan si Mak Ewok yang merasa terperdaya akhirnya berkesimpulan bahwa service AC itu mahal.

Padahal ya gak seperti itu harga Service AC yang sebenarnya.

Yang namanya Service AC itu setau saya ya mestinya sepaket, dari cuci unit AC Indoor, cuci unit AC outdoor, check Freon. Mengenai Freon, kalo di pipa-pipa AC tidak ada kebocoran, mestinya ya tekanan Freon tidak berkurang (Freon habis), jadi tidak perlu diisi ulang...apalagi ngisinya pakai bluetooth....kenapa gak sekalian aja ngisinya pakai token gitu...hehehehe. Celah ini yang sering kali dimanfaatkan Teknisi-Teknisi AC yang berusaha mendongkrak pendapatannya.
Harusnya sih gak boleh gitu ya....

Karena sudah ada banyak yang menulis tentang bagaimana cara mencuci AC Split dengan baik dan benar agar tidak merusak AC itu sendiri, saya di sini tidak ingin bercerita tentang bagaimana cara mencuci AC. Monggo dibaca tulisan-tulisan itu, yang tentunya ditulis oleh para Teknisi yang pengetahuannya jauh diatas saya atau mungkin Teknisi AC yang menulis Tutorial itu adalah Teknisi AC bersertifikat. Nah, kalo tentang Teknisi AC bersertifikat, saya pernah menuliskan di artikel 'Teknisi AC itu Tidak Sama Dengan Tukang Service AC'.

Baca tutorial-tutorial itu Dengan Teliti dan Baca Tanpa Berpikir. Kalau perlu baca Tutorial itu sampai berulang-ulang sambil di coba praktekan cuci AC rumah sampeyan sendiri. Seandainya sampeyan belum jelas juga dengan tutorial-tutorial tersebut, sampeyan bisa browsing di Youtube video tutorialnya, tonton dan praktekan ya...jangan tanya kenapa saya gak bikin Vlog Youtube Proses Cuci AC....karena sudah banyak yang bikin Vlog Tutorial yang seperti ini, jadi sampeyan browsing aja ya...

Terus setelah nonton video dan nyoba-nyoba nyuci AC sendiri, sampeyan (nanti) akan komentar, koq susah ya...wah saya gak punya alat-alatnya....koq ribet ya. Males ah...

Angel wis....angel tenan iki...angel temen tuturanmu....

Suruh nyuci AC sendiri ngeluh susah dan ribet tapi disarankan panggil Teknisi AC, seperti Kang PeTe, gak mau karena (katanya) Mahal. Ya sudah biarin aja sampe AC sampeyan capek trus mati dan gak bisa diservice lagi....trus sampeyan mesti beli AC baru lagi. Bongkar AC harga jasanya gak sampe Rp 500.000,- (harga pas-nya tanya Kang PeTe ya), trus untuk pasang unit barunya Gratis pake tukang AC dari toko....tapi jangan lupa minta divakum pipanya pas pasang unit baru ya....gitu ajalah biar gak repot.

Ya begitulah masyarakat kita, seringkali sama Tukang (Teknisi) AC bilangnya khan cuma semprat-semprot air doang. Ngantongi TestPen colok sana-sini doang...saya mesti bayar Mahal. Padahal ya kalo buat ngopi-ngopi cantik di Starbuck atau Kedai Kopi kekinian uang Rp 80.000,- cuma dapet es kopi Xtra large yang kebanyakan es batu, sampeyan gak keberatan dan ngeluh Mahal.

Orang itu seringkali lupa bagaimana caranya menghargai keahlian, pengalaman, sertifikasi serta profesi seseorang. Seharusnya kata-kata 'ah cuma gitu doang', 'begitu doang mah gampang', merupakan hal yang tabu dan perlu dihindari penggunaannya. Kata-kata yang merupakan ungkapan menyepelekan, menganggap remeh, mengecilkan profesionalitas seseorang, padahal sampeyan (yang ngomong begitu) gak sanggup melakukan itu, itu justru merupakan tindakan yang merendahkan diri sampeyan sendiri.

Tahukah sampeyan apa saja yang telah dikorbankan si Teknisi AC, seperti Kang PeTe, untuk bisa jadi profesional dan memiliki keahlian Service AC seperti yang dimilikinya kini? Banyak....dari waktu buat keluarga, uang jajan yang dipake modal beli alat, ongkos yang dikeluarkan kalo mau ikut Sertifikasi profesi, dan banyak lagi....nanti sampeyan tanya-tanya sendiri kalo ketemu Kang PeTe ya....

Jadi kenapa Service AC terasa mahal, menurut saya ya karena sampeyan penginnya yang gratisan. Padahal kalo pengin gratis....kerjain aja sendiri.

Nah, kalo pengin Service AC, bongkar pasang dan konsultasi masalah per-AC'an dengan harga yang sesuai dan terjamin kepuasannya, sampeyan bisa hubungi Kang PeTe di alamat dibawah ini...
Selamat mencoba Service AC sendiri...
Atau panggil Kang PeTe ajalah...
Load disqus comments

0 Comments