Aplikasi Pembukuan Keuangan dan Pencatat Inventory Gratis, Pengusaha UMKM Harusnya Pakai Ini | Review Paper Id.apk

Jika di artikel 'Delivery Terjadwal dan Tepat Waktu Ala Lalamove' saya bercerita tentang aplikasi yang mendukung armada untuk Delivery dan Pengiriman bagi UMKM, nah di artikel ini saya akan bercerita tentang aplikasi yang mendukung UMKM untuk membuat sistem administrasinya lebih rapi dan mampu telusur. 

Data administrasi itu seringkali diabaikan oleh para Pengusaha UMKM seperti toko kelontong, mini market indipenden (bukan fanchise), penjual consumer goods atau produsen kecil yang melakukan pembuatan dan pengiriman barang sesuai pesanan customer-nya.
Waktu pertama kali saya coba menjalankan usaha jualan Kopi Setempat tahun 2019, saya sempat bingung bagaimana bikin Invoice Penjualan dan Melakukan Kontrol Stock Inventory, lalu ketemulah saya dengan aplikasi Paper.id ini. Sebetulnya ada banyak aplikasi yang bisa membantu sampeyan memonitor Bisnis UMKM sampeyan. Karena saya baru coba Paper.id ini dan langsung sreg ya saya langsung pakai ini.

Paper.id ini bisa diakses melalui Aplikasi Android Smartphone sampeyan, nama aplikasinya Paper, atau kalo mau coba search di Playstore ketik aja Paper Id. Selain dari aplikasi Android, sampeyan bisa juga akses di Laptop atau PC sampeyan. Saya sih akses pakai dua-duanya, karena ada beberapa fitur yang cuma bisa dilakukan di Laptop, seperti aplikasi edit input nama barang dan beberapa fitur lainnya.

Tapi kalo sampeyan cuma punya Smartphone Android, bisa koq pakai aplikasi ini. Intinya sih kalo mau Sukses ya jangan banyak alasan gak punya ini itu. Lakukan saja semampunya dengan perangkat yang ada....wong Indonesia bisa merdeka aja cuma pakai bambu runcing kan...katanya
Bisa di Akses dengan Laptop atau Aplikasi Android - dok. Pribadi
Banyak pekerjaan administrasi yang bisa dirapikan diselesaikan dan dijadikan mampu telusur dengan aplikasi ini. Dari Administrasi Surat Menyurat yang terkait dengan pencatatan Order Pemesanan yang masuk, membuat Order pemesanan ke Supplier, Inventory Stock, mencatat Sales Person, pencacatan biaya pengeluaran, data akutansi keuangan (uang keluar-masuk) sampai mencatat jatuh tempo pembayaran dan pajak.
Fitur Dalam Paper Id - dok Pribadi
Langkah pertama untuk bisa menggunakan Paper.id ini, sampeyan bisa download Aplikasi Android-nya di Playstore atau bisa langsung lewat Komputer buka Paper.id, pilih Daftar, lalu buat akun dengan memasukkan email dan password sampeyan.
Halaman Daftar - dok. Pribadi
Setelah itu sampeyan akan diminta untuk mengisi pengaturan awal Info Perusahaan. Ada 3 halaman yang nantinya bisa sampeyan isi, termasuk memasukkan Logo (Brand) Perusahaan sampeyan. Untuk Kategori Usaha, sampeyan bisa memilih antara Jual/Beli, Manufaktur/Produksi dan Jasa.
Kemudian lakukan pengaturan dokumen untuk Invoice dan Form Order, baik Order Pemesanan ataupun Order Supplier.

Input Mitra Bisnis, baik itu pelanggan ataupun supplier. Jika ada Mitra yang jadi Pelanggan sekaligus Supplier (Pemasok) maka sampeyan bisa tambahkan pada kolom filter sebagai keduanya.
Setelah itu masukkan Produk, dari Nama Produk, Kategori, Harga Jual, Harga Beli dan Jumlah Stock. Khusus untuk pengguna aplikasi berbayar, sampeyen bisa mengatur Lokasi Gudang Stock.

Untuk Pengaturan lebih lanjut bisa sampeyan pelajari dari User Guide disini.

Keuntungan Menggunakan Paper.id

Paper.id menawarkan kelengkapan sistem enterprise dan kemudahan aplikasi modern. Ribuan pemilik usaha menggunakan Paper.id untuk:
  • Mengirim dan mengelola invoice (faktur penjualan) dan piutang.
  • Menerima pembayaran dan direkonsiliasi secara otomatis dengan invoice.
  • Membuat penawaran dan purchase order (PO).
  • Melakukan pembukuan tanpa pengaturan rumit.
  • Mengelola rekening bank dan kas mereka untuk mengetahui arus kas.
  • Melacak persediaan di beberapa lokasi.
  • Menghasilkan laporan keuangan secara instan.
Oh iya sampeyan juga bisa memonitor dan menggunakan software ini dimana saja bahkan di komputer Warnet sekalipun (emang masih ada ya yang usaha warnet ?), karena semua data yang sampeyan input itu akan tersimpan di server Paper.id, tapi selama saya pakai aplikasi ini, aman koq.

Hebatnya lagi, untuk yang seperti saya yang sama sekali tidak paham dengan pembuatan Journal Akunting bisa dengan mudah membuat Journal Entry sehingga di penghujung tahun nanti saya bisa tahu bisnis saya itu Profit atau Loss. Semua transaksi keuangan tercatat, semua data inventory tercatat, jadi saya, sampeyan atau team sampeyan bisa memeriksa seluruh nilai aset dari inventory stock dan menelusuri semua catatan pembelian dan penjualan barang.
Grafik Arus Pemasukan dan Pengeluaran th 2019 - dok. Pribadi

Contoh-contoh ini saya screenshot dari aplikasi Andorid ya, kalau sampeyan buka Paper.id menggunakan Laptop atau PC akan lebih banyak lagi Laporan Keuangan yang bisa di periksa
Dashboard Keuangan - dok. Pribadi
Laporan Invoice di Paper.id akan merangkum seluruh aktivitas tagihan yang sampeyan telah lakukan
sebelumnya. Hal ini tentunya akan memudahkan sampeyan dalam melakukan rekap data selama periode tertentu. Selain itu, Laporan Invoice di Paper.id juga memiliki riwayat lengkap sehingga
sampeyan bisa melakukan pengecekan Invoice yang dikirim dalam waktu tertentu.
Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dalam Laporan Invoice adalah:
  • Rekap Umum: Membandingkan antara invoice yang sudah terbayar dan yang belum terbayar.
  • Rekap Pembayaran: Melihat aktivitas pembayaran yang dilakukan Mitra Anda setiap tanggal tertentu.
  • Laporan Pelanggan: Melihat aktivitas jumlah pemasukan dana dari Mitra Anda.
  • Laporan Invoice: Melihat seluruh aktivitas Invoice setiap Mitra
  • Laporan Biaya: Melihat aktivitas dari setiap Laporan Biaya pada perusahaan Anda
  • Laporan Per Produk: Melihat aktivitas dari setiap produk jual yang Anda miliki
  • Laporan Per Sales person: Melihat aktivitas penjualan dari setiap Sales yang sampeyan pekerjakan
Laporan Akunting di Paper.id merangkum seluruh aktivitas bisnis sampeyan dari sisi keuangan. Melihat secara lebih rinci mengenai keseluruhan keuntungan yang dimiliki, beban atau hutang yang dibuat, dsb.
Proses di dalam Laporan Akunting Paper.id akan mencakup beberapa hal, seperti:
  • Neraca Keuangan: Bagian dari Laporan Keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut.
  • Neraca Saldo: Daftar yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun yang disusun secara sistematis sesuai dengan kode akun yang bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.
  • Laporan Laba Rugi: Laporan Keuangan yang melaporkan kinerja keuangan perusahaan dalam periode waktu tertentu.
  • Laporan buku besar : Laporan yang mencatat perubahan karena terjadinya suatu transaksi keuangan.
Pokoknya sampeyan para pemilik bisnis UMKM wajib coba deh. Karena Aplikasi ini benar-benar Gratis koq suwer
Coba saja kalau gak percaya cerita saya....
Load disqus comments

0 Comments