Student Loan ala IKAMI Community | Pinjaman Kredit Untuk Biaya Pendidikan Pelajar dan Mahasiswa

Pada Maret 2018, Presiden Jokowi meminta perbankan dalam negeri mengeluarkan produk Student Loan atau Pinjaman Kredit untuk Pelajar dan Mahasiswa.
Wacana ini menurut Presiden Jokowi pada waktu itu, berangkat dari penilaian bahwa selama ini pihak perbankan dalam negeri masih berkutat pada kredit yang bersifat konsumtif seperti kredit property dan kredit kendaraan bermotor.

Student Loan sendiri adalah merupakan skema pinjaman terkait biaya pendidikan yang di butuhkan mahasiswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi, yang kadang termasuk biaya hidup. Pinjaman pendidikan tersebut bisa dibayar setelah siswa lulus dari perguruan tinggi atau setelah siswa bekerja. Bentuk pelunasannya sendiri bisa melalui skema cicilan yang jumlahnya disesuaikan dengan gaji si penerima Student Loan tersebut.

Kemarin ceritanya saya melihat sebuah spanduk di sebuah perguruan tinggi swasta yang cukup ternama dan menyebutkan, biaya pendidikan 1 semester (6 bulan) kurang lebih Rp 13 juta-an. Ini baru 1 semester, sementara untuk bisa lulus jadi Sarjana diperlukan kurang lebih 8 semester sampai 9 semester bahkan ada yang lebih. Nah, sebagai orang tua jadi mikir dong....terus nanti bagaimana anak saya bisa kuliah kalau untuk pendidikan 1 semester saja sudah sekian. 'Itu orang tuanya mesti kerja seperti apa coba' begitu komentar istri saya...

Dari situ saya jadi teringat konsep Student Loan yang pada tanggal 17 Agustus 2019 kemarin di Launching oleh IKAMI Community melalui Program Reksa Almamater-nya.
Seperti apa konsep Student Loan ala IKAMI Community itu....berikut sedikit penjelasannya

Student Loan IKAMI Community



Program Student Loan IKAMI Community berbeda dengan Student Loan yang dikeluarkan beberapa lembaga keuangan nasional seperti BRI, Bank Mandiri, BTN dan beberapa lembaga keuangan lain yang berbasis Fintech. 

Pada prinsipnya, Student Loan IKAMI Community adalah sama artinya yaitu Pinjaman Dana Pendidikan. 
Bedanya adalah Sumber Dana Student Loan tersebut. Sumber Dana Student Loan IKAMI adalah dari Donasi para Alumni yang dihimpun dari masing-masing angkatan atau Donasi Pribadi melalui Program Reksa Almamater.



Misalnya Donasi Rp 50.000,- per Alumni per bulan dengan target 40 angkatan maka ilustrasinya kurang lebih sebagai berikut :


Jika per angkatan alumni, misalnya ada 7 orang alumni yang berkomitmen untuk berdonasi maka didapat donasi Rp 350.000,- setiap bulan. Sehingga seandainya tercapai target 40 angkatan maka Dana Donasi Alumni yang bisa dikumpulkan adalah sebesar Rp. 14.000.000,- per bulan.


Dengan Dana Donasi yang bisa dikumpulkan sebesar Rp 14.000.000,- per bulan maka dalam satu tahun bisa dikumpulkan Dana Donasi Rp 168.000.000,-. Dari Dana Donasi tersebut kemudian bisa disalurkan kepada 4 Orang Siswa / Mahasiswa Penerima Student Loan IKAMI Community.


Syarat dan Ketentuan Student Loan IKAMI Community

Syarat Utama Penerima Student Loan IKAMI adalah :

  • Siswa atau Mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan di Kolose Mikael (SMK Mikael Surakarta, ATMI Solo, ATMI Cikarang dan PDD Cristo Re Maumere).
  • Berasal dari keluarga yang tidak mampu
  • Berprestasi di bidang akademik dan aktif di organisasi sekolah/kampus
  • Bersedia dan berkomitmen untuk mengikuti tahapan seleksi dan wawancara

Jadi kesimpulannya...Student Loan IKAMI Community tidak berlaku untuk pelajar atau mahasiswa Umum, karena Student Loan ini sifatnya ekslusif bagi siswa atau mahasiswa dibawah naugan Kolose Mikael.

Lalu bagaimana dengan pengembalian dana belajar yang sudah disalurkan pada para penerima Student Loan ini ?
Pengembalian Dana Belajar yang sudah diberikan tersebut, tentu saja nantinya wajib dilakukan oleh penerima Student Loan setelah mereka lulus dan bekerja. Nah, beruntungnya bagi para Alumni Kolose Mikael adalah hampir 100% lulusannya bisa dipastikan akan langsung memperoleh pekerjaan setelah mereka tamat belajar. Jadi secara faktualnya proses pengembalian dana tersebut bergantung pada komitmen para penerima Student Loan ini. Karena nantinya dana Student Loan yang sudah dikembalikan tersebut akan terus berputar dan digunakan lagi untuk membantu para adik kelasnya yang berhak menerima Dana Student Loan IKAMI Community berikutnya.
Dengan demikian sustainability program Student Loan IKAMI Community ini akan terus bergulir dan membesar.

Berikut ini Daftar Penerima Student Loan IKAMI Community 2019:
Penerima Student Loan IKAMI 2019 - dok. IKAMI

Penerima Student Loan IKAMI 2019 - dok. IKAMI


Konklusi

Konsep cara pengumpulan Sumber Dana yang sama yaitu melalui donasi para alumni, bukan hal yang tidak mungkin jika kemudian diterapkan oleh Almamater dan alumni dari institusi pendidikan yang ada di Indonesia. Apalagi untuk kampus atau sekolah yang alumninya sudah sukses secara finansial.
Bayangkan jika sekelas Alumni UI, Alumni ITB atau kampus dan sekolah manapun yang punya lulusan ratusan bahkan ribuan, mau bergerak untuk menjadi solusi bagi sekelumit masalah pendidikan di Indonesia, bukankah kemudian akan ada banyak siswa atau mahasiswa yang punya kemampuan akademis namun kurang mampu secara ekonomi akan terbantu ?

Hanya masalahnya maukah sampeyan menyisihkan uang seharga secangkir kopi di Coffee Shop ternama atau seharga 2 bungkus rokok setiap bulan untuk membantu meringankan biaya pendidikan para adik kelas sampeyan ?

Setidaknya IKAMI Community sudah mau dan mulai bergerak menjadi solusi untuk masalah biaya pendidikan yang semakin tinggi dan seolah tidak terjangkau lagi, walaupun hal tersebut masih bersifat ekslusif dan tidak bersifat komunal.

Bagaimana dengan para Alumni lulusan kampus atau sekolah sampeyan ?

'Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tapi tanyakanlah apa yang kamu berikan kepada negaramu' - John F. Kennedy

Semangat Tanpa Henti Kobarkan Api Vokasi !!
Load disqus comments

0 Comments