Menggeliatkan Usaha Les Privat dan Bimbel Diantara Arus Disrupsi Aplikasi Bimbel Online | Perbincangan Santai Bersama Pemilik Usaha Smarvo Course

bimbel smarvo harapan indah

Di Era dimana orang tua sibuk bekerja atau berbisnis, dan dengan beban pelajaran untuk anak-anak yang semakin berat maka dibutuhkan 'guru pendamping' untuk mendampingi anak-anak belajar. Di SMARVO, kami percaya bahwa setiap anak adalah individu yang unik dan berbeda satu dengan lainnya. Berbeda karakter, beda daya tangkap untuk menerima pelajaran dan berbeda secara nalar untuk bisa mengerti yang sudah diajarkan disekolah. Dari situlah kemudian Smarvo mencoba mengembangkan cara pengajaran dan penanganan personal untuk setiap masing-masing anak yang dipercayakan untuk dibantu proses belajarnya, demikian Miss Cita membuka bincang-bincang kami sore itu.

Smarvo Course saat ini berlokasi di Jalan Delima, Harapan Indah, Kota Bekasi (Coming Soon, Smarvo Course akan buka cabang di Bukit Golf Riverside, Cibubur). Dengan mengusung tagline Smart with Creativity and Love mencoba dihadirkan untuk mengisi dan menjembatani kesibukan orang tua dengan kebutuhan belajar anak. Di Smarvo, anak didik diharapkan bisa terbantu untuk lebih mengerti dan memahami semua materi pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah.
smarvo course, bimbel harapan indah

Tidak semua anak mempunyai kebutuhan yang sama, karena masing-masing anak selalu ada kurang lebihnya dalam memahami pelajaran sekolahnya. Ada yang kurang di Matematika, ada yang kurang di IPA, ada yang tidak bisa mengerti pelajaran Tematik, bahkan ada juga yang sudah hampir kelas 2 Sekolah Dasar tapi masih kesulitan membaca dan menulis. Belum lagi ada anak yang hiperaktif tidak bisa diam, ada yang pendiam tidak mau bertanya, ada yang selalu bertanya melulu pada Miss-nya, ada yang suka ngobrol...dan banyak lagi type-type anak yang dipercayakan orang tuanya disini, lanjut Miss Cita bercerita.

Lalu apa saja yang diajarkan di Smarvo Miss ?
Yang diajarkan ya tergantung kebutuhan si anak, tapi rata-rata kebanyakan lebih fokus ke pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Ada beberapa yang tambah Science. Ada juga yang hampir semua pelajaran he..he..he. Yang hampir semua pelajaran ini bisa setiap hari les-nya disini, jadi pulang sekolah langsung ke sini.

Ooo jadi les-nya sepulang sekolah ya Miss ?
Tergantung jadwal anaknya juga sih....ada yang les pagi sebelum berangkat sekolah, ada yang les sore kalau dia sekolah pagi...
Kami mulai jam operasional dari jam 08.00 WIB sampai 20.00 WIB, dari Senin sampai Jum'at dengan rata-rata pertemuan 1 minggu 2x pertemuan selama 1jam -1,5 jam setiap pertemuan. Jadi sebulan ada 8 sesi pertemuan yang bisa dimanfaatkan anak didik untuk mereview pelajaran-pelajaran apa yang mereka dapat di sekolah
smarvo course harapan indah bekasi
Suasana belajar di SMARVO - dok. Miss Cita
Kenapa cuma 1 sampai 1,5 jam Miss ?
Rata-rata anak itu sudah capek belajar di sekolah, apalagi di sekolah yang menerapkan sistem full day school. Bayangkan saja, anak-anak jam 06.00 pagi sudah harus siap-siap berangkat sekolah, yang berarti mereka dari jam 05.00 pagi sudah harus bangun untuk mandi, sarapan dan lain-lain. Kemudian di sekolah sampai jam 16.00 belum kalau ada kegiatan ekstra kurikuler dan les tambahan seperti Kumon atau Les Musik, baru kemudian diantar ke sini jam 18.00. Betapa melelahkannya kegiatan mereka dibanding kegiatan kita orang tuanya. Jadi kalau mereka disuruh belajar lagi, buka buku pelajaran lagi, 1 jam saja akan terasa lamaaaaa sekali. Akibatnya, anak-anak jadi bosan, males, ngantuk dan lain-lain. Sayang dan tidak akan efektif lagi waktu belajarnya kalau lebih dari 1 atau 1,5 jam.

Les disini untuk SD, SMP, SMA Miss ?
Kami disini menerima anak didik dari TK, SD sampai SMP saja. Dari TK A, TK B, Kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9.
Untuk TK target kami, anak-anak di Smarvo bisa Baca, Tulis, Hitung. Jadi diharapkan ketika mereka akan melanjutkan di jenjang SD, orang tua bisa lebih percaya diri untuk mendaftarkan anak-anaknya di sekolah yang mewajibkan calon siswanya menguasai Calistung.

suasana belajar bimbel smarvo

Untuk Jenjang SD dan SMP, target utama kami membantu meningkatkan nilai raport-nya dan pemahaman mereka dalam menangkap pelajaran di masing-masing sekolahnya. Bahkan ada beberapa anak didik yang kemudian bisa meningkatkan kompetensinya dan berkesempatan memperoleh prestasi lebih di luar sekolahnya.
lomba matematika gramedia harapan indah bekasi
Murid Smarvo yang Juara Math Competition Gramedia

kompetisi math olympic asian school penabur international
Murid Smarvo berhasil meraih Bronze Medal Math Olympic Asian School

Hebat ya....koq anak didiknya bisa ikut lomba Internasional Miss....bagaimana itu caranya ?

Perlombaan Internasional itu kan di fasilitasi masing-masing sekolahnya. Kebetulan beberapa anak didik kami ada yang bersekolah di sekolah Internasional, seperti Penabur International School. Sekolah-sekolah Penabur juga sering mengadakan lomba tingkat internasional, mungkin karena Penabur punya jaringan skala Internasional ya. Jadi secara kebetulan anak didik kami beberapa ada yang terpilih mewakili Penabur Indonesia. Nah, disini tugas kami membantu persiapan si anak saat akan lomba...ya semacam memberi latihan-latihan soal dan membantu mempelajari materi yang mungkin akan muncul di soal perlombaan tersebut.

Oh iya miss...seiring dengan perkembangan teknologi gadget jaman now, bagaimana menurut miss soal maraknya aplikasi Bimbel...seperti Ruangguru misalnya....
Hmmm...aplikasi Bimbel adalah salah satu terobosan yang kekinian. Tetapi, kembali lagi ke soal pengajaran anak-anak. Beberapa anak mungkin memang bisa belajar secara mandiri, buka smartphone, menyimak pelajaran yang diterangkan di aplikasi tersebut dan bisa mengerti. Lalu coba mengerjakan contoh soalnya, mungkin bisa dia kerjakan dengan mudah.
Persoalannya kemudian ketika ketemu soal yang diberikan gurunya di sekolahnya. Metode pengajaran di aplikasi kan belum tentu sama dengan apa yang gurunya terangkan. Ada beberapa guru yang seringkali meminta murid-muridnya harus mengerjakan soal dengan cara yang mereka ajarkan di sekolah. Beda sedikit caranya, bisa disalahkan oleh gurunya walaupun jawaban si anak sudah benar. Masalahnya lagi, sudah caranya disalahkan, si guru ini kemudian tidak menuliskan (mengulas soal) bagaimana cara yang benarnya. Hasilnya si anak harus remedial (mengulang test harian-nya), tapi gak ngerti harus mengerjakannya bagaimana....bisa stress itu anak, kalau tidak ada tempat bertanya...sementara orang tua seringkali hanya taunya menuntut si anak nilai-nya harus bagus....anaknya harus ranking, tanpa mau bertanya dan mengerti apa kesulitan yang mereka hadapi disekolahnya.
Itu untuk anak-anak yang sekolah di sekolah swasta ya...yang kapasitas kelasnya dibatasi 20 - 25 anak per kelas. Lalu bagaimana dengan sekolah negeri yang kapasitas per kelasnya bisa sampai 40 anak bahkan ada yang lebih. Guru tidak mungkin satu per satu menanyai anak muridnya sudah pahamkah dengan apa yang disampaikannya. Ya seperti kita dulu pas sekolah....Guru cuma bertanya di depan kelas "Sudah jelas belum anak-anak ?" dan anak muridnya pasti akan menjawab secara aklamasi "Sudaaaaah bu Guru'.
Nah, apakah aplikasi gadget tersebut bisa memberikan pendekatan pemahaman ke masing-masing anak ? Saya kira koq sama saja ya dengan guru di Ruang Kelas, aplikasi hanya bisa membantu menerangkan...menjelaskan pelajaran dengan (mungkin) cara yang berbeda. Soal anaknya paham atau tidak, aplikasi kan tidak bisa dimintai pertanggungjawaban.

Suka dukanya apa Miss ?
Suka duka ngajarin anak-anak mah buaaannyak...hehehehe. Seringkali saya harus mau dipaksa masuk ke 'dunia' anak-anak atau bertingkah konyol agar saat belajar anak-anak bisa tersenyum atau mungkin tertawa, meskipun mereka itu sebetulnya sedang menertawakan saya....hehehehe. Ada kalanya saya harus mau mencoba mendengarkan hebohnya mereka bercerita, sehingga waktu belajar jadi tak terasa membosankan dan melelahkan. Bayangkan saja anak-anak yang seharian sudah penat dengan pelajaran sekolah, kemudian langsung ke sini dan belajar lagi.
Belum yang orang tua komplain...biasanya orang tua yang anaknya baru mulai les disini...mereka, orang tua penginnya anaknya langsung bisa pinter...nilainya langsung bagus...langsung dapat rangking, padahal belajar aja baru 4x pertemuan dan mulai gabung belajar disini di tengah-tengah semester...lah emang saya tukang sulap yang bisa simsalabim merubah anak yang belum ngerti pelajaran bisa langsung paham dan nilainya dari 40 bisa berubah jadi 80.
Belum lagi tentang anak-anak yang misalnya nih, belajar di sini sudah tau caranya, diberi latihan soal bisa mengerjakan....nah ketika ulangan di sekolah, jawabannya disalahkan gurunya karena caranya beda....atau pas ulangan di sekolah pertanyaannya dibalik sehingga anak-anak bingung mengerjakan soalnya....terus pas sampai disini langsung ngadu ke saya, 'miss tadi ulangan matematika dapat nilai 46'...sedih saya dengarnya. Dari situ kemudian saya jadi mesti berpikir lagi cari metode yang pas untuk si anak ini agar dia bisa benar-benar paham.
Banyak deh ceritanya....gak cukup sesorean kalau diceritain satu-satu...

Lokasi Smarvo Course, Bekasi


Coming Soon, Smarvo Course akan buka cabang di Bukit Golf Riverside, Cibubur

Kalau anaknya ingin Join belajar di Smarvo bagaimana miss ?
Bisa kontak saya via WA atau telpon, di nomor 0812 1201 7578 atau bisa langsung datang ke Smarvo Course di Jalan Delima, Harapan Indah.
Miss Cita - dok. Pribadi


Jadi kesimpulannya, belajar itu ya di Ruang Kelas....bukan di Ruang Guru, karena biasanya kan yang dipanggil ke Ruang Guru itu kan siswa yang nakal atau sedang bermasalah

Kalau kesimpulan diatas sih KataTatas.....bukan kata Miss Cita lho

Nah, kalau sampeyan butuh pengajaran tambahan untuk putra-putri sampeyan yang mengalami kesulitan belajar sendiri, khususnya daerah Harapan Indah, Harapan Baru dan sekitarnya, bisa langsung kontak miss Cita ya...soon (semoga bisa secepatnya) Smarvo nanti bisa melayani kebutuhan putra-putri sampeyan yang tinggal di seputaran Bukit Golf Riverside.

Oh iya, satu lagi informasinya, Smarvo tidak melayani kelas privat yang minta datang ke rumah....jadi cuss-lah kontak-kontak atau meluncur langsung ke Map diatas

Monggo...
Load disqus comments

0 Comments