Bayar Pajak Bumi dan Bangunan Jaman Now, Pakai Tokopedia Aja

Agustus sudah menuju tanggal-tanggal akhir. Sampeyan sudah bayar Pajak Bumi dan Bangunan rumah dan tanah sampeyan belum ? Coba check SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang) sampeyan, lihat di kolom jatuh tempo. Kalo yang punya saya disitu tertulis tgl 31 Agustus dan Tempat Pembayarannya di Bank BJB Cabang-cabang Cikarang.


Ribet kan ya....apalagi buat yang seperti saya, seharian mesti diem bae jaga lilin di dalam kantor...gak bisa keluar-keluar. Eh giliran ijin keluar sebentar begitu masuknya telat....potong gaji dah. Ribet bener idup kayaknya hidup sayah. Mau berbakti pada negara dengan membayar pajak tepat waktunya saja koq sulit (dipersulit).

Nah, sebetulnya ini tadi hasil iseng lagi browsing-browsing coba cari harga produk yang bisa dijual lagi. Trus nyasar di arahkan ke Tokopedia...eh pas login di Tokopedia saya, lha koq ada notifikasi yang katanya bisa bayar Pajak (PBB dan Pajak Kendaraan) lewat Tokopedia. Timbulah keisengan berikutnya....Cobain ah bayar pajak, Nah, begini kira-kira caranya :


  • Login di Tokopedia sampeyan. Kalo belum punya akun Tokopedia....bikin akun dulu, Kalo males bikin akun, coba tanya teman yang punya akun Tokopedia, Kalo gak ada teman yang punya akun Tokopedia....ya cari yang punya. Kalo tetep gak nemu yang punya akun Tokopedia....ya bikin akun ajalah...ribet bener lo mblo...
  • Cari Kotak Top-Up & Tagihan, klik Lihat Semua...terus Klik Lainnya. Nanti akan banyak pilihan yang keluar. Karena saya mau cerita di Pembayaran PBB, ya kita fokus aja ya...Klik Pajak PBB.
  • Pilih Kota Objek Pajak yang akan dibayarkan. Isi Nomor Obyek Pajak (NOP) yang posisinya ada di paling atas, 18 digit angka, lalu klik Bayar
  • Nanti akan muncul tampilan berikut :

  • Klik Lanjut, maka sampeyan akan diarahkan ke halaman Pembayaran. Pilih metode pembayaran, sampeyan bisa memilih mau bayar lewat Indomart, Alfamart atau Kantor Pos. Disamping itu sampeyan juga bisa menggunakan transfer bank. Kebetulan saya memilih pembayaran lewat m-Banking.
  • Ikuti saja prosesnya karena pada halaman metode pembayaran sudah jelas tertera bagaimana cara pembayarannya. Tapi ingat, perhatikan batas waktunya, karena ada counter waktu yang berjalan. Kalo sampeyan lewat batas waktunya maka Transaksi akan dibatalkan secara otomatis oleh Tokopedia.
  • Setelah melakukan pembayaran, konfirmasikan dengan meng-klik tombol konfirmasi pembayaran (kalau pembayaran lewat menu Transfer Bank, proses konfirmasi akan berjalan otomatis)

  • Gitu aja koq repot...
Nah gampang kan bayar pajak jaman now....
Ayo segera Lunasi PBB sampeyan...karena kalau terlewat dari tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda 2% per bulan lho...

Oh ya, kalau untuk Kabupaten Bekasi batas akhir pembayaran PBB diperpanjang sampai tanggal 31 Oktober 2019. Dari spanduk yang saya baca di pinggir jalan raya, selama masa tenggang dari 1 September 2019 sampai 31 Oktober 2019 katanya sih tidak akan dikenakan denda. Jadi yang dibayar ya sesuai angka yang tertera di SPPT sampeyan.

Yuk ah segera bayar pajak demi kelangsungan pembangunan daerah sampeyan...
Load disqus comments

0 Comments